Jika Anda menyangka kalau mesin pencari itu hanya Google, Anda salah. Karena saat ini sudah banyak mesin pencari selain Google yang bisa Anda pilih dan bisa jadi alternatif bila ingin mencari sebuah informasi.

Setidaknya, saat ini sudah ada 25 search engine yang bisa digunakan selain Google. Nah dalam artikel ini kita akan membahas beberapa diantaranya untuk Anda. Mari disimak!

Mesin Pencari Selain Google

Google pertama kali dibuat pada tahun 1998, dan saat ini merupakan mesin pencari terdepan dan telah digunakan oleh sekitar 78 persen pengguna internet. Walau menjadi mesin pencari utama Google juga tidak lepas dari isu keamanan para penggunanya. Jika mungkin Anda merasa search engine Google tidak menawarkan keamanan seperti yang Anda harapkan, berikut ini mesin pencari selain Google yang bisa Anda pilih.

1. Yahoo!

Mesin pencari selain Google pertama adalah Yahoo!. Mungkin untuk search engine yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk Anda. Ya, karena Yahoo! memang sudah ada sejak dulu bahkan diciptakan sebelum Google yaitu pada tahun 1995. Pada awal 2000-an, Yahoo! menjadi pesaing terkuat Google namun kalah bersaing.

Selain menyediakan mesin pencari, Yahoo! juga punya layanan lainnya seperti Yahoo! Mail, News, Finance, Sport, dan lainnya. Dan mungkin untuk Anda yang belum tahu, saat ini Yahoo! sudah bekerja sama dengan Bing dari Microsoft agar dapat memberikan hasil pencarian yang lebih relevan.

2. DuckDuckGo

DuckDukcGo merupakan salah satu mesin pencari selain Google yang dianggap paling aman dan sederhana. Hal ini sesuai dengan taglinenya, “Privacy, Simplified”, DuckDuckGo menjamin privasi data yang Anda berikan saat melakukan pencarian sehingga jejak pencairan Anda tidak akan terdeteksi oleh pengiklan. Di saat bersamaan juga mesin pencarian ini akan secara otomatis menonaktifkan bot pelacak iklan. Dengan begini, data pribadi Anda akan tetap aman. 

Lalu, bagaimana dengan hasil pencarian DuckDuckGo, apakah akurat? Karena tidak merekam dengan data personal dan kata kunci, DuckDuckGo mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber yang berbeda. Mulai dari crawler-nya sendiri, situs-situs crowd-source, Bing, Yandex. Jadi hasil pencariannya juga tetap bisa diandalkan.

3. Search Encrypt

Mesin pencari satu ini hampir sama dengan DuckDuckGo, sama-sama memiliki perhatian terhadap privacy dan keamanan data. Search Encrypt ini mengombinasikan SSL (Secure Socket Layer) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data Anda. Keduanya tidak hanya memastikan data tidak akan dicuri oleh peretas atau bot, tapi juga aman dari local users yang terhubung ke perangkat Anda.

Mesin pencari ini juga menawarkan pencarian video dan maps yang aman. Untuk maps, Search Encrypt menggunakan peta dari Open Street Map yang merupakan sebuah projek kolaboratif yang dapat diedit secara bebas. Sedangkan untuk video, Search Encrypt akan memblokade iklan sambil melindungi data pribadi dan kata kunci pencarian yang dipakai. Karena hal ini, hasil pencarian yang Anda dapatkan mungkin tidak akan selengkap Google. Namun dengan keamanan yang Anda dapatkan, browser satu ini patut Anda coba!

4. Bing

Search engine selain Google lainnya yang patut Anda coba adalah Bing. Bing menyediakan berbagai macam informasi yang bisa Anda temukan dalam satu halaman. Mulai dari gambar, video, sampai berita terkait kata kunci yang Anda cari. 

Bing sendiri bekerja sama dengan Microsoft, sehingga Anda bisa menemukan menu untuk mengakses program Microsoft, seperti MSN, Outlook, dan berbagai program Microsoft Office pada halaman awal.

5. Yandex

Yandex adalah produk mesin pencari asal Rusia yang diciptakan pada 1997. Search engine ini punya komitmen untuk membantu konsumennya menjalankan bisnis di dunia online dan offline dengan lebih baik. Tidak hanya dapat digunakan sebagai mesin pencari, Yandex juga punya fitur pencari gambar, video, email, peta, penerjemah, hingga AppMetrica yang sama seperti Google Analytics.

Untuk mesin pencari, Yandex akan mengumpulkan data personal, kata kunci, dan riwayat pencarian. Hal ini guna memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Semua data yang dikumpulkan Yandex terlebih dahulu melalui persetujuan user.

6. StartPage

Data privacy aman dan hasil pencarian lengkap, itu menjadi keunggulan dari StartPage. StartPage secara legal membayar Google untuk menggunakan mesin pencari yang mereka miliki. Dengan cara inilah StartPage berhasil menyajikan hasil pencarian yang lengkap dan relevan.

Tidak hanya sampai situ saja, StartPage juga membayar Google untuk menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal Anda. Hasilnya, tidak ada informasi pribadi yang dicuri dan hasil pencarian pun bersifat netral. 

7. Dogpile

Dogpile merupakan salah satu mesin pencari berbasis meta yang tertua. Browser ini akan mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai macam mesin pencari. Mulai dari Google, Yahoo!, Yandex, dan masih ada beberapa lagi. Dogpile mengklaim bahwa mesin pencarinya mampu menampilkan 50 persen lebih banyak hasil pencarian dari browser lainnya.

Selain itu, salah satu keunggulan lainnya adalah Dogpile adanya  tampilan dan fitur suggestion. Tampilan visual Dogpile cukup vintage dan lawas. Di samping itu fitur suggestion yang tersedia di sidebar juga cukup lengkap dan beragam.

8. Gibiru

Satu lagi browser yang bisa jadi pilihan bila Anda ingin keamanan terjaga yaitu Gibiru. Gibur bisa menjadi alternatif mesin pencari selain Google yang lebih aman karena browser ini memperhatikan aspek privasi sekaligus isu sensor konten. Browser ini mengaku tidak menyimpan kata kunci, riwayat pencarian, dan IP dari pengguna. Dengan begitu, data Anda akan aman dan tidak akan dijual ke pihak ketiga. 

Selain keamanan privasi, Giburu juga memperhatikan sensor konten. Browser ini memberikan dua opsi dalam hasil pencarian, yaitu All Result dan Uncensored. Namun Gibiru hanya memberikan dua opsi jenis konten untuk dicari yaitu web dan gambar saja.

Itulah beberapa browser yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi selain dari Google. Selamat mencoba, bila Anda membutuhkan saran seputar digital marketing, kami siap membantu Anda memberikan konsultasi gratis. Silakan hubungi kami .