Advertiser Adalah – agar produk Anda dikenal luas dikalangan masyarakat, pastinya Anda harus melakukan promosi atau iklan pada produk Anda. Dengan melakukan iklan pada produk Anda, tentu saja dapat meningkatkan penjualan Anda.

Karena, sebagian besar konsumen lebih memilih untuk membeli produk yang mereka ketahui. Jadi, peranan iklan tentunya sangat penting. Setiap perusahaan pastinya membutuhkan iklan, untuk mengiklankan produk Anda bisa menggunakan advertiser.

Lalu apa itu advertiser? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai advertiser, Anda bisa  menyimak ulasan di bawah ini hingga selesai.

 

Advertiser Adalah

Pada umumnya, advertiser adalah seseorang atau perusahaan penyedia iklan. Iklan yang disesiakan bisa dalam berbagai bentuk, bisa dalam bentuk online seperti PPC (Pay Per Click) atau iklan offline seperti billboard. Dengan adanya iklan, pastinya brand tersebut akan mendapatkan konsumen baru.

Selain itu, brand awareness pada brand juga menjadi tinggi, diikuti dengan kenaikan penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan. Jadi, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika bisnis Anda melakukan iklan.

Tidak hanya bisnis kecil saja yang membutuhkan iklan, bisnis yang besar dan sudah sukses juga tetap membutuhkan iklan. Namun, anggaran yang dikeluarkan tentunya tidak sebesar bisnis kecil yang masih butuh banyak beriklan.

 

Apa Perbedaan Advertiser dan Publisher?

Tentu saja terdapat perbedaan Antara advertiser dengan publisher, untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini adalah perbedaan advertiser dengan publisher:

 

1. Advertiser

Advertiser adalah orang atau perusahaan yang mengeluarkan uang untuk menampilkan iklannya. Pengiklan biasanya memiliki atau mengendalikan produk maupun jasa yang diiklankan, karena mereka yang mengatur bagaimana iklan produk tersebut.

Biasanya seorang pengiklan menghabiskan uang perusahaan untuk beriklan, demi mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

2. Publisher

Sementara itu publisher atau penerbit, merupakan seseorang atau perusahaan yang mendapatkan uang untuk menampilkan iklan di situsnya. Biasanya, penerbit melakukan pengiklanan produk , dengan cara mengarahkan pengguna ke halaman pengiklan.

Seperti misalnya mengisi form atau melakukan pembelian dan lainnya.

 

Tugas Advertiser

Tentunya, pengiklan memiliki peran penting bagi brand, karena pemasang iklan menjalani peranan seperti di bawah ini:

1. Memberikan Informasi

Sudah dikatakan sebelumnya jika beriklan, maka suatu bisnis akan lebih dikenal masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan bisnis tersebut. Karena, iklan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan exposre merek di pasaran.

Dengan memberi informasi kepada konsumen mengenai suatu produk maupun jasa, tentunya merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan bisnis.

 

2. Meyakinkan Konsumen

Dengan membujuk atau meyakinkan konsumen, agar melakukan tindakan tertentu pastinya merupakan tugas utama dari pengiklan. Tindakan yang dilakukan juga bisa beragam misalnya seperti mengikuti akun media sosial, mencoba produk, sampai dengan melakukan pembelian.

 

Baca Juga: Jenis Advertising yang Perlu Anda Ketahui!

 

3. Mengingatkan Kembali Konsumen

Tugas dari advertiser yang selanjutnya adalah memperkuat atau mengingatkan kembali pesan yang ingin disampaikan suatu brand, sehingga bisa meyakinkan konsumen maupun calon konsumen.

Jadi, dengan adanya iklan, suatu brand dapat tetap bertahan di top of mind konsumen, dan tentunya mencegah kompetitor berada di posisi tersebut.

 

Selain tiga tugas di atas, ada juga tugas lain yang dikerjakan oleh seorang pengiklan yaitu seperti membuat konsep iklan, melakukan pantauan terhadap iklan yang sedang berjalan, sampai dengan mengevaluasi iklan tersebut.

 

Skill yang Dibutuhkan Advertiser

Untuk menjadi seorang advertiser, tentunya membutuhkan beberapa skill yang harus dikuasai. Berikut ini adalah skill dari seroang pengiklan:

 

1. Kreativitas

Salah stau skill utama yang dibutuhkan di bidang ini adalah kreativitas. Untuk membuat konsep suatu iklan, pastinya dibutuhkan ide kreatif seperti desain atau tagline, dan lainnya. Jadi seorang advertising harus memiliki skill mendesain, copywriting, dan hal kreatif lainnya.

 

2. Analisis

Tidak hanya berbicara mengenai kreativitas saja, pengiklan juga harus memiliki skill analisis yang kuat. Karena advertiser harus membuat iklan yang sesuai dengan target konsumen, dan tentunya harus dilakukan analisis terlebih dahulu.

 

3. Komunikasi

Ketika membuat iklan, pastinya advertiser harus bekerjasama dengan divisi lain seperti divisi marketing, desain, sales dan lainnya. Dengan adanya skill komunikasi, seorang pengiklan bisa menyampaikan pesan dengan tepat.

 

4. Mengetahui Tren

Periklanan cenderung mengarah kepada tren, sehingga iklan dapat dengan mudah dimengerti dan diterima oleh konsumen. Jika ada sesuatu yang sedang popular atau tren, advertiser bisa menjadikan bahan tersebut untuk membuat iklan.

 

5. Menguasai Berbagai Media

Ada beragam media yang digunakan untuk beriklan, bisa melalui online seperti media sosial atau media offline dengan menggunakan billboard, poster dan lainnya. Jadi sebagai advertiser harus mengetahui keterampilan dan menggunakan bermacam media dengan baik.

Agar bisa mengetahui media yang tepat untuk iklan tersebut.

 

Sekian ulasan mengenai advertiser. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda untuk memahami advertiser lebih dalam.

 

Anda memiliki masalah dalam bisnis? Ada  jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT, yang siap membantu Anda. Ada beragam jasa di DOTNEXT yang dapat menjadi solusi untuk bisnis Anda. Ingin tahu lebih lanjut? Anda bisa lakukan konsultasi , gratis!