Apa Itu Bot? Ketahui Cara Kerja Bot Dan Jenis Jenisnya

Apa Itu Bot – Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar istilah bot? mungkin ada sebagian dari anda yang mengetahuinya dan ada juga yang belum tahu tentang bot ini, jadi agar lebih jelasnya yuk simak artikel kami yang akan bahas mengenai Apa Itu Bot, fungsi dan cara kerja nya dibawah ini. jasa pembuatan website

Apa itu bot?

Robot atau Bot merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak otomatis dalam melakukan tugas yang berulang di seluruh jaringan. Bot ini akan mengikuti instruksi khusus agar meniru perilaku manusia namun lebih lebih akurat dan cepat.

Bot juga dapat beroperasi secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Karena bot ini juga dapat berinteraksi dengan sebagian situs web dan juga bisa mengobrol dengan pengunjung situs bahkan memindai konten. Meskipun sebagian besar bot sangat membantu, beberapa orang luar merancang beberapa bot dengan niat jahat.

Ketahui Fungsi Bot

Fungsi dan tugas yang dapat dilakukan sangat beragam. Beberapa fungsi umum yang dijalankan sebagai berikut akan di jelaskan secar detail:

  • Bisa memberikan dukungan bagi layanan komunikasi pada platform pesan instan misalnya seperti WhatsApp, Facebook dan Twitter.
  • Simulasikan dan otomatiskan komunikasi menggunakan kata kunci, algoritme, dan tagar tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, seperti dalam obrolan, di situs web, dan layanan pelanggan
  • Kegunaannya misalnya seperti menampilkan dan mengumpulkan data
  • Tawarkan dan lakukan layanan otomatis seperti terjemahan, iklan yang dipersonalisasi, dan pemesanan otomatis

Cara Kerja Bot

Berikut cara kerja bot yang perlu Anda ketahui, simak penjelasannya. jasa pembuatan website

  • Mereka biasanya diaktifkan oleh pemicu tertentu, seperti kata kunci atau acara di media sosial.
  • Setelah diaktifkan, mereka berkomunikasi dengan program lain melalui interaksi berbasis internet, dan menyelesaikan tugas terprogram melalui otomatisasi, visi komputer, dan pembelajaran mesin.
  • Otomasi adalah proses melakukan tugas tanpa campur tangan manusia.
  • Apa pun yang terlalu rumit berada di luar jangkauan mereka. Organisasi atau individu yang menggunakan bot juga dapat menggunakan perangkat lunak manajemen bot untuk membantu mengelola dan melindungi mereka dari robot internet jahat.
  • Perangkat lunak manajemen dapat mengaktifkan penggunaannya dan memblokir penggunaan lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem.

 

 

Baca Juga: Robot txt Adalah, Ketahui Lebih Lanjut di Sini!

 

 

Apakah Bot Selalu Berbahaya?

Jika sudah membaca pembahasan diatas tentunya bot tidak bisa hanya dilihat dari satu sisi saja, karena seperti pisau yang bisa digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Artinya bot tidak selamanya jahat seperti yang sudah menjadi stigma bagi sebagian pengguna internet. Memang, banyak bot diciptakan untuk mempermudah tugas manusia.

Jenis -Jenis Bot

Agar anda tidak penasaran mengenai jenis bot ,disini kami akan membahasnya jadi anda tinggal simak baik baik apa yang kami sampaikan mengenai jenis bot  bot asli (resmi) dan bot berbahaya (malicious). Berikut ini mengenai jenis bot yang perlu anda ketahui:

Chatbot

Chatbot digunakan untuk mensimulasikan percakapan manusia dan biasanya digunakan di bidang layanan pelanggan. Misalnya Anda pernah menanyakan tentang ketersediaan produk di aplikasi marketplace, maka Anda akan mendapatkan jawaban yang sangat cepat dan terstruktur.

Crawler bots

Crawler bots atau biasa juga disebut dengan web spider bertugas menjelajahi setiap sisi internet dengan sangat cepat. Bahkan bot yang satu ini juga bisa mengindeks semua konten baru, lalu mengirimkannya ke penyedia mesin pencari, misalnya seperti Google.

Monitoring Bot

Pemantauan di dunia maya dapat dilakukan dengan menggunakan bot, berbeda halnya jika di dunia nyata harus menggunakan kamera CCTV. Nah, bot ini akan memantau dan memastikan kesehatan suatu website atau sistem dengan melaporkan setiap bug atau kelemahan sistem kepada pemiliknya.

Spam Bot

Spambot adalah bot yang akan bekerja mengirimkan sesuatu berupa file dengan format tertentu melalui email, website, atau juga melalui aplikasi messaging.

Voice Bot

Voice Bot adalah alat peretasan yang mahal dan digunakan oleh penjahat dunia maya untuk mencuri kode 2FA atau OTP. Biasanya kedua otentikasi di atas sering digunakan sebelum melanjutkan proses pembayaran.

Bot DDoS

Bot DDoS digunakan untuk meretas situs dengan mengirimkan begitu banyak permintaan sehingga situs web macet. Biasanya, bot DDoS juga digunakan untuk menyandera sebuah situs dan berhenti saat tuntutan tebusan dipenuhi.

Demikian penjelasan dari saya tentang Apa Itu Bot? Ketahui Cara Kerja Bot Dan Jenis Jenisnya semoga bermanfaat menurut jasa pembuatan website, terimakasih.