Backlink yang terindikasi spam dapat mengakibatkan ranking website SEO menurun. Untuk menghindari hal ini, Anda membutuhkan Google Disavow Link Tools. Apa itu Google Disavow Link Tools? Mari kita bahas bersama!

Apa itu Google Disavow Link Tools

Sebagai pemilik website, kita harus menyadari bahwa untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine kita juga membutuhkan tautan atau backlink masuk ke halaman website kita. Tapi tentunya kualitas tautan yang masuk juga berkualitas tinggi. 

Backlink dengan kualitas tinggi tersebut mampu memberikan pengaruh yang besar dalam strategi SEO yang sedang Anda lakukan, sekaligus membantu meningkatkan SERP dengan lebih cepat.

Namun, tidak semua backlink berkualitas, ada juga backlink buruk yang mungkin saja tertanam di website kita. Untuk itulah kita membutuhkan apa itu Google Disavow Link Tools untuk membantu disavow link tanpa ribet.

Google Disavow Link membantu Anda untuk menghapus atau lebih tepatnya menghilangkan link spam dari kumpulan backlink yang mengarah ke website. Dengan begitu, dampak buruk dari kehadiran backlink spam bisa ditekan.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Menggunakan Google Disavow Link Tools

Anda dapat menggunakannya jika mendapat pesan tindakan manual pada Google search console yang isinya menyarankan melakukan disavow links.

Saat Anda mendapatkan peringatan di Google, bisa jadi di dalam website Anda terdapat backlink yang berkualitas buruk, spam link yang banyak, atau sekadar tautan yang tidak wajar.

Persiapan Disavow Link

Bila mungkin Anda belum pernah melakukannya, berikut ini cara melakukan disavow link. 

1. Buatlah daftar link spam di dokumen txt dengan format sebagai berikut:

# Contacted owner on 7/1/2012

# ask for link removal but got no response

domain:shadyseo.com

http://www.urlwebspam.com/web-spam.html

http://www.urlwebspam.com/web-spam.html

daftar situs spam seterus

Catatan:

– Teks yang diawali dengan tanda tagar akan diacuhkan, jadi pastikan bukan link spam yang ingin Anda buang.

– Jika Anda ingin menghapus semua backlink dari domain tertentu, gunakan kode perintah domain:shadyseo.com (tanpa www).

– Sedangkan untuk single backlink, cantumkan url lengkapnya tanpa kode apapun. Satu baris untuk satu tautan.

2. Bila sudah, silakan disimpa.

Langkah Melakukan Disavow Link

  1. Klik tautan berikut, silakan login ke Google Console Anda bila diminta.
  2. Pilih property yang ingin digunakan, lalu klik Disavow Links atau Menolak Tautan.
  3. Ke halaman berikutnya, klik tombol yang sama; Disavow Links Atau Menyangkal Tautan.
  4. Klik tombol Pilih file, temukan file txt yang berisikan backlink-backlink spam yang sudah dibuat di langkah persiapan tadi. Lalu terakhir klik tombol Kirim.
  5. Selesai, permintaan Anda sudah diproses tinggal menunggu dampaknya beberapa hari atau minggu kemudian. 

Mengapa lama? Memang seperti itu cara kerjanya. Setiap perubahan membutuhkan proses, dan hasilnya bisa baik tapi juga bisa sama saja. Atau malah lebih buruk karena salah menganalisa backlink. Alih-alih membuang backlink yang buruk, malah membuang yang berkualitas baik.

Melakukan Pemeriksaan Berkala di Google Search Console

Untuk menghindari banyaknya backlink yang kurang berkualitas, ada baiknya Anda sering memeriksa Google Search Console apakah ada backlink yang mencurigakan dan berpotensi menjadi masalah SEO sehingga menyebabkan page rank website Anda menjadi turun.

Website bisnis memang membutuhkan penanganan yang ekstra. Hal ini karena website bisnis membutuhkan peningkatkan trafik yang pada akhirnya akan mengarah pada keputusan pembelian. Selain itu, website bisnis juga perlu konten-konten yang berkualitas agar mendapatkan peringkat di Google. Tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa web maintanance dari DOTNEXT, kami akan mengurus segala keperluan website Anda, mulai dari SEO, konten, dan juga update plugin.

Segera hubungi kami di sini.