Categories: Digital Marketing

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan search engine. Bahkan, search engine dapat membantu bisnis Anda. Tapi, apakah Anda benar-benar mengetahui apa itu search engine? Jika mungkin Anda masih bingung apa itu search engine, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu search engine

Ketika kita membicarakan search engine, pasti yang langsung terbesit adalah Google. Hal ini bukanlah suatu kesalahan, Google adalah salah satu dari search engine yang memang umum digunakan. Search engine sendiri adalah program yang mencari dan mengidentifikasi data dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukan.

Database ini berisi alamat dan konten situs-situs yang ada di world wide web atau yang juga lebih akrab disebut www.

Setelah mendapatkan apa yang diminta, search engine akan menampilkan hasilnya pada Search Engine Result Page (SERP). Semakin baik kerja search engine maka semakin relevan informasi yang didapatkan.

Search engine memanfaatkan jaringan internet, baik saat pengguna mengakses atau juga saat search engine mencoba untuk mendapatkan informasi. 

Fungsi search engine

Secara cara kerja, search engine mempunyai fungsi menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukan oleh pengguna. Situs-situs yang ditemukan oleh search engine adalah hasil dari indeks/ mendapat atau dikenal juga dengan istilah crawling.

Ada beberapa fungsi search engine yang mungkin tidak Anda ketahui, seperti:

1. Mengindeks alamat dan konten situs web

Fungsi search engine pertama yaitu mengindeks alamat dan konten situs. Bot atau Crawler yang ada di search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamat hyperlink. 

Setelah menjelajahi situs web, data disimpan dan menghasilkan data indeks situs web yang sangat besar. Search engine seperti Google, pada 2017 lalu mempunyai lebih dari 130 triliun halaman web.

2. Menyediakan informasi melalui kata kunci

Setelah mendapatkan informasi dari situs web, ini akan memudahkan pengguna mengakses dengan hanya melakukan pencarian melalui kata kunci dan search engine akan menyediakan situs-situs yang relevan dengan kata kunci.

Mencari dengan search engine dilakukan setiap hari oleh semua orang saat ini. Terhitung ada 4 milyar pencarian setiap harinya dilakukan di mesin pencarian Google.

3. Media pemasaran

Saat ini, fungsi lain dari search engine sudah bergerak menjadi media pemasaran. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya jumlah pengguna aktif internet. Pengguna internet tidak bisa lepas mencari informasi mengenai barang apa yang ingin mereka beli, atau mencari adakah barang yang bisa menjawab kebutuhan mereka. 

Pemilik usaha tinggal membuat konten yang menarik, yang membuatnya terindeks di search engine. Ini juga belakangan dikenal dengan content marketing

Baca lebih lengkap di Fugnsi Search Engine

Cara kerja search engine

Untuk dapat menampilkan informasi yang Anda butuhkan, search engine mempunyai cara kerja, seperti berikut ini.

1. Crawling

Di tahap ini, search engine melakukan proses pengumpulan data untuk kemudian disimpan di database. Tahap ini bahkan sudah dilakukan sebelum  penggunan melakukan pencarian.

Robot dari mesin pencari (crawler) akan menjelajahi website di seluruh dunia dan mengumpulkannya di database. Crawler juga akan mencari konten yang diupdate dan menyimpan konten terbaru.

Proses crawler hanya akan mengikuti tautan demi tautan yang ada di website. Tautan ini bisa berupa artikel, pdf, gambar, video, dan lainnya.

2. Indexing

Setelah banyak informasi di database, search engine akan melakukan proses indexing. 

Proses ini akan mengelompokan informasi sesuai dengan kategori yang sama. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam menampilkan hasil yang diinginkan pengguna. Kategori dalam proses indexing bisa meliputi bahasa, lokasi pencarian, dengan cara ini proses pencarian di database akan lebih cepat.

3. Ranking

Langkah selanjutnya adalah menampilkan hasil pencarian sesuai dengan urutan. Atau yang dikenal dengan ranking. Dengan ranking, search engine akan menampilkan situs yang paling relevan dengan apa yang Anda cari.  

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa itu search engine.

DOTNEXT DIGITAL