Apa itu website – Semakin berkembangnya internet di Indonesia, maka semakin banyak orang yang mengenal website tersebut. Walaupun setiap hari Anda berinteraksi dengan website, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu website. Melalui artikel ini kita akan membahas pengertian website beserta  jenis, dan manfaatnya.

 

Pengertian Website

Apa itu Website? Website adalah kumpulan halaman-halaman yang di dalamnya terdapat tampilan berbagai macam informasi, data, gambar, data animasi, suara, video bajakan merupakan gabungan dari semuanya. Website juga bisa disebut web. Web memiliki bentuk statis atau dinamis, dimana informasi saling terkait satu sama lain.

Terhubung dengan link atau hyperlink. Website dapat diakses menggunakan internet, jika tidak terhubung dengan internet maka anda tidak akan dapat mengakses website tersebut. Web juga memiliki kepemilikan resmi dan pribadi.

Website adalah kumpulan berbagai artikel menarik pada halaman situs, yang terhubung dengan internet, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang lebih tepatnya www (world wide web).

Situs web adalah kumpulan dokumen yang ditulis dalam format hypertext markup language, biasa disebut HTML. Dapat diakses melalui HTTP atau protokol lainnya. Protokol tersebut dapat menyampaikan berbagai informasi dari website untuk ditampilkan kepada pengguna melalui web browser atau Google.

 

Jenis Website

Ada banyak jenis situs web yang dapat Anda temukan, di antaranya:

  • Profil Perusahaan
  • Toko online
  • Blog
  • Portal Web
  • Mesin pencari
  • Forum
  • Media sosial
  • Katalog

Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan penggunaan internet untuk berbagai kebutuhan, terus bermunculan jenis-jenis website baru, seperti Media Sharing (Youtube, Imagehack), Cloud (Google Drive, Dropbox), Web Applications, dll.

 

Jenis Website

Secara garis besar terdapat 3 komponen vital dalam website. Tiga komponen yang dimaksud adalah:

  • Domain – Jika website diibaratkan sebuah produk, maka domain adalah brand. Nama domain yang unik akan menarik dan dapat membuat pengunjung penasaran untuk mengunjungi website Anda. Gunakan nama yang unik dan mudah diingat agar mereka tidak kesulitan menemukan website Anda
  • Hosting – Hosting berperan untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk sebuah website. Biasanya layanan hosting memiliki free-trial atau paket gratis untuk Anda. Namun dengan fitur dan kapasitas yang terbatas. Jadi akan lebih baik jika Anda berlangganan paket berbayar mereka
  • Konten – Tanpa adanya konten pada website, maka website dapat dikatakan tidak memiliki unsur dan tujuan yang jelas. Misalnya website portal berita, website jual beli barang atau jasa, dan website yang memuat konten berdasarkan minat, bakat, dan hobi.

 

 

Baca Juga: Website SEO, Ketahui Tekniknya Disini!

 

 

 

Manfaat Website

Berikut beberapa manfaat website yang penting untuk Anda ketahui:

Sebagai Sarana Berbagi Informasi

Ini adalah fungsi utama dari situs web. Website dapat menjadi media bagi Anda untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Banyak orang membuat website sebagai sarana berbagi pengalaman, seperti website tutorial menggunakan software tertentu, website yang menyajikan resep makanan dan cara membuatnya, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mengikuti jejak mereka dengan memulai sebuah blog. Dengan membuat blog Anda dapat berbagi cerita atau informasi apapun. Mulai dari travelling, teknologi, keuangan, bahkan tutorial cara membuat website sendiri.

Sebagai Sarana Hiburan

Menjadi sarana hiburan, Misalnya saat Anda membaca majalah atau komik online, berita tentang gaya hidup sehat, atau melihat review game atau film dari website di internet.

Untuk desain, website yang ditujukan sebagai sarana hiburan biasanya mengutamakan desain yang user friendly dan efek visual yang optimal. Untuk jenis kontennya biasanya banyak video, komidi putar, galeri foto, atau podcast.

Sebagai Platform E-commerce

Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan platform e-commerce besar seperti Tokopedia, Amazon, dan Alibaba, semuanya menggunakan website sebagai sarana jual beli bagi pengunjung dan pemilik toko. Biasanya website e-commerce memiliki banyak fitur seperti metode pembayaran, tampilan menarik, gratis ongkos kirim, dan fitur penawaran menarik lainnya.

Anda juga dapat mengikuti program pemasaran afiliasi untuk menghasilkan uang dari situs web. Tugas Anda sebagai pemasar afiliasi adalah mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan lain di situs web Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan komisi jika membeli melalui website Anda.

 

Untuk Anda yang ingin membuat website terutama website bisnis, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT. Selain jasa pembuatan website, kami juga menyediakan jasa lain seperti jasa SEO, jasa konten Instagram dan yang lainnya.