SEO menjadi salah satu bagian dari digital marketing yang tidak bisa dilepaskan saat ini. Hal ini dilakukan agar website bisa mendapatkan peringkat terbaik dengan cara organik tanpa iklan. Ilmu SEO sebenarnya bisa dipelajari, jika Anda berniat belajar SEO pemula, simak artikel ini sampai habis, ya!

Belajar SEO Pemula

Bila Anda memang tertarik untuk mempelajari SEO,  ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan kenali dengan baik. 

Banyak orang yang beranggapan SEO itu hanya membuat artikel dengan menggunakan keyword yang paling banyak digunakan dan memasukan keyword tersebut ke dalam bagian artikel. Hal itu tidak sepenuhnya keliru, tapi itu masih bagian kecil dari SEO. 

Menerapkan SEO sendiri tidak berhenti sampai membuat artikel dengan keyword yang tinggi peringkatnya lalu menguploadnya di website. Setelah membuat artikel Anda masih harus melakukan beberapa hal agar website Anda mendapatkan peringkat di Google. Jika Anda ingin belajar SEO pemula, untuk permulaan Anda perlu mengerti hal-hal dasar SEO.

Belajar SEO Dasar

Search engine optimization tidak hanya bicara tentang bagaimana website kita bisa memiliki peringkat teratas di mesin pencari seperti Google. Bisa mendapatkan peringkat teratas hanya sebagian kecil saja dari apa yang akan Anda dapat dengan menerapkan SEO pada website.

SEO dapat meningkatkan kualitas website, mendatangkan trafik sehingga pada akhirnya tujuan dari pembuatan website bisa tercapai. 

Untuk belajar SEO dasar, pastikan Anda paham dengan beberapa hal berikut ini.

Konsep Dasar SEO

Jika Anda ingin belajar SEO, maka Anda juga harus kenal apa konsep dasar SEO terlebih dahulu. SEO atau search engine optimization adalah langkah untuk optimasi website agar bisa ditemukan di mesin pencari dan mendapatkan peringkat terbaik.

SEO ini bisa membuat website mendapatkan pengunjung organik dari hasil pencarian user. Karena pengunjung datang secara organik, biaya yang dikeluarkan SEO jelas lebih terjangkau daripada beriklan.

Website yang berada di posisi teratas berpeluang mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak pengunjung. Apalagi jika bisa mendapatkan peringkat satu di Google, kunjungan website bisa meningkat 10x lipat.

Beberapa indikator yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan SEO dan mendapatkan peringkat di Google. Pertama, perhatikan kecepatan website karena Google suka website yang cepat. Kedua, perkaya website dengan artikel yang relevan agar Google bisa mesin Google bisa menampilkan website Anda ketika ada user yang melakukan pencarian.

Google memiliki mesin bernama  web crawler yang bekerja untuk membantu Google mengumpulkan berbagai jenis konten yang ada di internet. Setelah itu Google akan mengindex website, ini adalah di mana mesin Google struktur website, kualitas dan relevansi konten bagi kebutuhan audiens, serta kredibilitas setiap halaman website yang tersimpan.

Setelah itu Google akan menyusun daftar halaman website terbaik untuk mengisi ranking tertinggi di hasil pencarian.

Optimasi Kecepatan Website

Secara umum, sebelum mengoptimasi hal lainnya, yang pertama perlu dilakukan ketika belajar SEO pemula adalah meningkatkan kecepatan website. Untuk mengetahui kecepatan website bisnis Anda, jangan lakukan dengan asumsi tapi lakukanlah dengan pengecekan.

Untuk melakukan pengecekan juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan tools gratis seperti Google Speed Insight. Setelah mengetahui keadaan kecepatan website, lakukan optimasi pada halaman agar website semakin cepat.

 Biasanya ada beberapa indikasi yang membuat website Anda menjadi lambat, seperti hosting, terlalu banyak animasi atau juga video dalam website.

Optimasi Website Agar Mobile Friendly

Saat ini hampir semua orang mengakses  internet melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, Anda juga harus memastikan jika website Anda bisa diakses melalui perangkat mobile. Website yang sudah mobile friendly juga lebih disukai dan diprioritaskan oleh Google. 

Untuk membuat tampilan website jadi mobile friendly, Anda bisa memilih tema website yang responsif. Agar lebih optimal lagi gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages). 

Riset Keyword

Dalam belajar SEO pemula, mengetahui bagaimana meriset keyword juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Membuat konten tanpa riset keyword bisa membuat konten kurang optimal dan tidak memenuhi unsur SEO. 

Riset keyword membantu Anda untuk memahami kebutuhan audiens. Sehingga konten yang kita buat relevan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meriset keyword antara lain:

  1. Search Volume

Search volume menunjukan seberapa banyak orang yang mencari keyword tersebut. 

  1. Keyword Difficult

Maksudnya adalah seberapa sulit keyword untuk mendapatkan peringkat di Google. Jika sudah begitu banyak website yang membahas keyword ini atau keyword terlalu umum, biasanya akan jadi terlalu sulit.

  1. Keywords Suggestions

Ini bisa dimanfaatkan untuk mencari tahu kata kunci yang memiliki tujuan (intent) yang sama.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan riset keyword berdasarkan keyword apa yang digunakan oleh kompetitor.  Dengan cara ini, Anda bisa mengoptimalkan konten sesuai dengan hasil pencarian.

Membuat Konten

Belajar SEO dasar juga harus mengerti bagaimana membuat konten. SEO tidak akan berjalan sukses tanpa adanya konten yang baik dan berkualitas. 

Bagaimana mengetahui konten yang kita buat itu berkualitas atau tidak? Untuk menghasilkan konten yang berkualitas, setidaknya konten harus memenuhi hal berikut ini.

  1. Pastikan konten relevan dengan kebutuhan user, jika demikian, website tidak akan dikunjungi.
  2. Buatlah konten yang unik, dengan menggunakan keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi.
  3. Berikan informasi yang benar dari sumber yang terpercaya

OnPage

Lebih dalam belajar SEO dasar, sekarang Anda belajar mengenai Onpage. Onpage adalah salah satu cara mengoptimasi konten di halaman website. Optimasi yang dilakukan berfokus pada internal halaman website. 

Beberapa langkah optimasi yang dilakukan antara lain, penggunaan permalink yang tepat untuk menjelaskan isi konten. Selain itu Anda juga harus menuliskan meta description dengan isi namun tidak terpotong pada hasil pencarian.

Jika Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk mempelajari SEO, menggunakan jasa SEO adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana meriset keyowrd apa lagi membuat konten, semua akan ditangani oleh jasa SEO.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai jasa SEO? Silakan hubungi kami di sini.