Bisnis Anda sudah menggunakan Instagram sebagai salah satu cara promosi? Nah, kalau begitu jangan lupa juga untuk menggunakan iklan Instagram agar jangkauan lebih luas dan bisa disesuaikan dengan tujuan kita. Biaya iklan Instagram juga tidak semahal beriklan di media offline, bahkan hanya bermodalkan Rp25.000 Anda sudah bisa beriklan. 

Penasaran berapa biaya iklan di Instagram? Mari simak dalam artikel di bawah ini!

Harga Iklan Di Instagram

Untuk bisa sukses menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi, kamu memerlukan sebuah strategi. Strategi tersebut adalah membuat konten Anda dilihat atau menjangkau target pelanggan Anda.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjalankan iklan di Instagram. 

Jika Anda ingin beriklan di Instagram, biaya yang Anda keluarkan ada dalam kendali Anda. Maksudnya adalah Anda sendiri yang menentukan biaya berapa biaya untuk menjalankan iklan. Namun sebagai patokan untuk Anda, setidaknya Rp25.000 per hari. 

Biaya ini juga bervariasi tergantung seberapa banyak target audiens yang ingin jangkau. Perlu Anda ketahui, semakin banyak dana yang Anda keluarkan, maka akan berpengaruh pada jangkauan yang akan Anda dapatkan setiap harinya.

Semua iklan Instagram yang dipasang akan melalui Facebook Ads Manager. Di sana Anda mengatur segala keperluan iklan, termasuk di dalamnya biaya. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak selamanya biaya iklan Instagram yang besar akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda bekerja sama dengan jasa iklan Instagram agar pemasangan iklan dapat berjalan optimal.

Iklan Instagram tidak hanya bisa dilihat di Instagram saja, tapi juga Facebook, dan juga jaringan Audiens Facebook (Situs Web Afiliasi yang telah setuju untuk menampilkan iklan Facebook di situs mereka). 

Apa yang Menentukan Biaya Per Klik pada Iklan Instagram

Setelah Anda menentukan budget iklan yang akan dikeluarkan, Instagram akan mengoptimalkan biaya tersebut per harinya. Ada tiga faktor yang akan menentukan optimasi budget yang Anda keluarkan dari biaya iklan di Instagram. 

1. Relevansi

Relevansi berkaitan dengan seberapa relevan iklan Anda terlihat bagi target audiens. Nah, untuk hal ini Anda memiliki kendali besar atas siapa yang melihat iklan Anda di Instagram. Perlu Anda ketahui, setiap tahunnya Facebook mengumpulkan data ekstensif para penggunanya. Saat Anda membayar iklan Facebook, Anda bisa mengakses data ini.

Caranya adalah dengan menargetkan pengguna tertentu, berdasarkan hal berikut ini:

  • Demografi
  • Minat
  • Lokasi

Ketika iklan Anda lebih relevan, ini akan meningkatkan kemungkinan audiens melihat iklan Anda. Yang pada akhirnya tentu akan mendorong tercapainya tujuan iklan. Instagram sendiri sangat mementingkan iklan serelevan mungkin. 

2. Estimated Action Rate

Ini adalah perhatian yang menurut perkiraan Instagram akan diperoleh oleh iklan yang Anda pasang. Instagram akan membandingkan iklan Instagram Anda dengan iklan yang serupa bisnis Anda, audiens, dan faktor lainnya. 

Apakah Iklan di Instagram Layak Dicoba?

Pertanyaan satu ini pasti pernah Anda tanyakan, bukan?  Jika Anda mungkin masih ragu menggunakan iklan Instagram. Mari kami bocorkan faktanya untuk Anda. 

Facebook Inc mengungkapkan, 62 persen pengguna semakin tertarik dengan suatu merek atau produk setelah melihatnya di Instagram. Maka dari tu, penting bagi Anda untuk mencoba cara promosi di Instagram dengan beriklan.

Iklan di Instagram dapat meningkatkan brand awareness yang pada akhirnya dapat membangun kepercayaan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, serta mempermudah mendapatkan prospek serta database pelanggan.

Setelah iklan selesai dijalankan, Anda juga dapat melihat informasi siapa saja yang melihat iklan Anda secara lengkap. Mulai dari jenis kelamin, daerah, dan usia.

Masalah biaya iklan di Instagram juga sepertinya bukan hal yang perlu Anda khawatirkan. Instagram memiliki rasio klik tayang yang lebih tinggi daripada Facebook, masing-masing 0,08 persen berbanding 0,06 persen. Jadi iklan akan berjalan tepat sasaran.

Iklan pun akan terasa lebih murah karena biaya baru keluar ketika ada tindakan dari audiens yang melihat iklan. Anda juga bisa memonitor pengeluaran biaya iklan Anda.

Menurut data juga, iklan Instagram memiliki 58 kali tingkat interaksi di banding Facebook. Ketika Anda memasang iklan di Instagram, orang cenderung melihat dan ingin berinteraksi dengan brand Anda. Audiens yang relevan tadi bisa melakukan tindakan menyukai, mengomentari, mengklik tautan atau apapun sesuai yang Anda harapkan. 

Karena tingkat interaksi yang lebih kuat ini, Anda akan lebih merasakan dampaknya. 

Jadi biaya yang Anda keluarkan bisa sepadan selama Anda membuat strategi yang tepat sehingga bisa tetap menjaga biaya tetap rendah tapi tingkat konversi tinggi. 

Bagaimana memaksimalkan Biaya Iklan di Instagram

Untuk mendukung iklan Anda semakin optimal, Selama pemasangan iklan ada baiknya Anda menerapkan hal berikut ini:

– Posting Konten yang Menarik

Pastikan konten di akun Instagram Anda menarik, karena tidak menutup kemungkinan saat audiens melihat iklan Anda, mereka juga akan mengunjungi profil Anda. Agar membuat mereka semakin yakin untuk melakukan transaksi.

– Manfaatkan Hashtag

Mengoptimalkan konten juga bisa dilakukan dengan menggunakan hashtag. Cantumkan beberapa hashtag yang relevan terkait produk Anda.

– Bagikan Testimoni Pelanggan

Membagikan testimoni akan membuat calon pelanggan Anda semakin yakin dengan kualitas produk. Karena mereka melihat pengalaman lainnya dari orang yang telah membeli produk.

Anda juga dapat mempercayakan pemasangan iklan Instagram dengan jasa iklan Instagram bersama DOTNEXT. Kami akan mengoptimalkan iklan Instagram Anda sebelum dipasang agar sesuai dengan tujuan pemasangan iklan.

Anda bisa langsung menghubungi kami di sini untuk pemesanan iklan.