Brand equity adalah – Bagi Anda yang ingin menjalankan suatu bisnis, pastinya Anda ingin bisnis menjadi sukses dan dikenal oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan salah satu strategi pemasaran untuk mewujudkan impian tersebut, yaitu dengan menerapkan brand equity.

Brand equity tidak hanya membuat brand Anda lebih dikenal oleh banyak orang saja, tapi Anda juga bisa menyaingi kompetitor yang sudah ada. Selain itu, dengan menerapkan brand equity maka merek Anda memiliki kesan tersendiri di benak para konsumen.

Untuk Anda yang ingin mengetahui tentang brand equity lebih mendalam, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini sampai habis

 

Brand Equity Adalah

Banyak orang yang mengira bahwa brand equity dan brand awareness merupakan suatu kesamaan, akan tetapi kedua hal tersebut jelas berbeda. Walaupun sama-sama menjadikan brand lebih lebih dikenal khalayak luas, tapi brand equity memiliki nilai yang lebih tinggi.

Ekuitas merek atau brand equity merupakan keunggulan atau kekuatan suatu brand, yang membedakan brand tersebut dengan lainnya. Jadi, ekuitas merek sangat berhubungan kepada kepercayaan konsumen dan dapat meningkatkan nilai jual dari produk maupun jasa.

Karena, ketika suatu brand memiliki keunggulan maka merek tersebut akan memiliki tempat tersendiri di benak konsumen. Ketika suatu brand memiliki kesan tersendiri, maka penjualan produk bisa meningkat.

 

Manfaat Brand Equity

Dengan menerapkan ekuitas merek dalam bisnis Anda, maka proses pemasaran produk Anda akan menjadi lancar. Selain itu ekuitas merek juga bisa mendatangkan konsumen baru maupun lama. Berikut ini ada beberapa manfaat dari brand equity adalah:

 

1. Menumbuhkan Loyalitas Konsumen

Pasti Anda sering melihat salah satu dari kerabat Anda menggunakan merek pakaian itu-itu saja, di tengah gempuran berbagai merek fashion yang terbaru. Hal tersebut merupakan salah satu contoh penerapan ekuitas merek yang baik.

Karena kebanyakan konsumen akan membeli produk dari brand yang mereka percaya

 

2. Tetap Laris Meski Harga Semakin Tinggi

Jika konsumen sudah merasa nyaman dan memiliki kepercayaan terhadap suatu produk, maka konsumen tidak terlalu pusing memikirkan harga produk. Karena, konsumen percaya dengan manfaat dan kegunaan dari produk tersebut sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Anda bisa melihat contoh dari brand smartphone Apple, yang rutin mengeluarkan produk terbaru setiap tahunnya. Walaupun memiliki harga yang relatif mahal, akan tetapi produk terbaru dari Apple cepat habis hanya dalam hitungan menit.

 

3. Meningkatnya Customer Retention

Jika konsumen memiliki kenyamanan dan kepuasan ketika menggunakan produk Anda, maka customer retention bisa meningkat. Customer retention merupakan suatu cara untuk membuat konsumen kembali membeli produk dari brand yang sama.

 

Baca Juga : Brand Positioning Adalah : Pengertian, Manfaat, Jenis dan strateginya

 

Cara Membangun Brand Equity

Untuk membangun brand equity pastinya memerlukan usaha. Karena tanpa usaha, pastinya tujuan dari ekuitas merek tidak akan tercapai begitu saja. Untuk Anda yang ingin membangun ekuitas merek, berikut ini beberapa tahapan yang bisa dilakukan

 

1. Buat Branding Produk yang Kuat

Sebelum Anda melakukan pemasaran produk, Anda harus membangun branding produk yang kuat. Anda harus bisa menganalisis mengenai produk Anda, apa kelebihan produk Anda dengan kompetitor? Apa yang membuat konsumen ingin membeli dan mengingat produk Anda?

Pastikan Anda bisa menjawab pertanyaan di atas sebelum memasaran produk. Selain itu brand juga harus memiliki persona dan brand story. Persona adalah representasi target market yang di incar, sementara brand story adalah kisah dari brand itu sendiri.

Dengan adanya persona dan brand story yang kuat maka konsumen akan menjadi lebih dekat dengan merek tersebut.

 

2. Uji Coba Produk Ke Pasar

Ada pertanyaan yang harus Anda tanyakan sebelum meluncurkan produk ke pasaran. Apakah produk Anda bisa menjadi solusi dan kebutuhan bagi target pasar?

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan product testing. Dengan melakukan uji coba terhadap produk, maka Anda akan mendapatkan saran dan evaluasi untuk perkembangan produk Anda. Hal tersebut juga dapat mencegah brand Anda mengalami kegagalan.

3. Gunakan Strategi Marketing yang Bervariasi

Dengan menggunakan strategi marketing, tentunya dapat meningkatkan brand awareness produk Anda. Tidak hanya itu saja, marketing juga dapat membuat konsumen menjadi tertarik dan ingin melakukan pembelian terhadap produk.

Maka dari itu, penggunaan strategi marketing harus bervariasi agar dapat menjangkau target market di seluruh saluran pemasaran. Anda juga bisa menggabungkan antara marketing konvensional dengan marketing online.

Itu dia ulasan mengenai brand equity. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda untuk memahami ekuitas merek lebih mendalam.

 

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda di semua saluran, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT. Terdapat beberapa layanan DOTNEXT yang bisa Anda gunakan seperti jasa pembuatan konten, pembuatan website, desain grafis, SEO dan yang lainnya.

 

Mari sekarang juga, tanpa dipungut biaya apapun!