Brand Evangelist, merupakan faktor penting untuk membuat suatu brand atau perusahaan mendapatkan citra positif di masyarakat. Branding merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan ketika Anda memiliki sebuah brand atau bisnis.

Karena, dengan Anda memiliki branding yang baik, kemungkinan Anda bisa mendapatkan konsumen yang loyal tentunya semakin besar. Dengan mendapatkan konsumen yang loyal tentunya merupakan keinginan semua pemilik bisnis.

Lalu apa sebenarnya itu brand evangelist? Untuk memahami lebih lanjut, Anda bisa membaca ulasan berikut ini sampai selesai.

Apa Itu Brand Evangelist?

Brand evangelist merupakan lanjutan dari word of mouth, dimana brand evangelist adalah konsumen yang setia dan memiliki hubungan emosional tersendiri dengan suatu brand, dan rela melakukan apapun untuk brand tersebut.

Untuk mencapai brand evangelist, tentunya Anda harus melalui proses branding yang baik. Sehingga konsumen akan memiliki kepercayaan pada brand Anda, pastinya konsumen cenderung untuk memilih produk Anda dibandingkan dengan kompetitor.

 

Baca Juga: Brand Ambassador, Ini dia Pengertian, Manfaat dan Tugasnya

Kelebihan Memiliki Brand Evangelist

Setelah Anda memahami pengertian dari brand evangelist, Anda juga harus mengetahui bagaimana keuntungan memiliki evangelist merek. Berikut ini adalah keuntungannya:

1. Pemasaran Gratis

Bukan rahasia lagi jika anggaran untuk melakukan promosi atau pemasaran membutuhkan hal yang tidak sedikit. Terlebih lagi dengan munculnya banyak media yang beragam untuk melakukan pemasaran, tentunya membuat Anda harus mengatur biaya dengan baik.

Seorang evangelist merek, akan membantu Anda mengurangi anggaran pemasaran. Karena tentu saja berbeda dengan influencer, karena Anda tidak perlu membayar mereka untuk merekomendasikan produk tersebut kepada orang lainnya.

2. Lebih Terpercaya

Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini banyak orang yang sudah lebih sadar terhadap iklan. Artinya, para konsumen akan lebih sulit untuk terpengaruh dengan iklan komersial yang ditayangkan di berbagai media.

Dengan adanya evangelist merek, tentunya membuat promosi produk Anda menjadi lebih natural dan juga lebih mudah dipercaya. Karena, mereka akan memasarkan produk Anda secara tulus, sehingga orang yang mendengarnya tidak merasa sedang dipengaruhi oleh iklan.

3. Mudah Melakukan Campaign

Kampanye sering dilakukan suatu brand untuk melakukan pemasaran, misalnya seperti meluncurkan produk baru. Tentunya, keterlibatan calon konsumen sangat dibutuhkan untuk kesuksesan kampanye tersebut. Campaign tentunya akan lebih mudah, jika merek atau perusahaan Anda memiliki brand evangelist.

Karena, mereka akan mengikuti setiap kampanya yang Anda lakukan. Hal tersebut pastinya akan menyebar ke masyarakat luas, sehingga membuat banyak orang yang sadar terhadap kampanye brand Anda.

Tips Membangun Brand Evangelist

Setelah anda memahami pengertian dan manfaat brand evangelist. Pastinya Anda ingin membangun brand evangelist pada bisnis Anda. Untuk membantu Anda dalam membangun evangelist merek, Anda bisa membaca rincian berikut ini:

Filosofi Brand

Brand evangelist muncul dari ikatan emosional yang kuat antara pelanggan dengan brand yang memiliki nilai tertentu. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan nilai ini dengan baik. Nilai atau filososi merek yang baik tentunya akan mempermudah Anda mendapatkan evangelist merek.

Pilihlah filosofi yang memiliki nilai yang baik dan bersifat universal, sebagai nilai dasar brand Anda, tapi dikemas dalam format yang unik.

Lakukan Komunikasi Personal

Sebuah hubungan antara brand dan konsumen, tentunya bisa terjalin dengan adanya komunikasi yang kuat. Maka dari itu, Anda perlu berkomunikasi dengan konsumen maupun calon konsumen secara personal.

Ditambah lagi dengan adanya media sosial, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Misalnya Anda bisa membalas setiap komentar ataupun pesan masuk yang ditanyakan oleh konsumen, sampai dengan melibatkan konsumen dengan kegiatan tertentu.

Membuat Komunitas Online

Dengan adanya era digital saat ini, bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan evangelist merek. Salah satu caranya adalah dengan membuat komunitas online dari pecinta brand atau bisnis Anda. Dengan adanya komunitas, akan membuat konsumen Anda lebih dekat dengan brand.

Hal tersebut tentunya bisa meningkatkan hubungan yang terjalin antara brand dengan konsumen.

Anda tidak perlu khawatir ketika memiliki permasalahan dalam bisnis. Anda bisa menggunakan  jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT. Terdapat beragam jasa yang ditawarkan DOTNEXT yaitu seperti jasa pembuatan website, SEO, desain grafis, dan lainnya.

Sekian ulasan berikut ini, semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai brand evangelist.

Konsultasikan bisnis Anda  sekarang juga.