Broken link mungkin bukanlah istilah asing bagi Anda yang mengelola website. Ketika membangun publisher biasanya menyisipkan link sebagai referensi untuk audiens, tapi ada kalanya link tersebut berubah dan tidak bisa di akses dalam beberapa waktu.

Permasalahan ini bisa dijadikan karena beberapa hal. Misalnya, pergantian alamat url website, atau dalam situs website tersebut memang sedang di shut down. Akibatnya, link yang diarahkan ke halaman tentu saja menjadi error.

Untk Anda yang memiliki website, tentu saja link rusak seperti ini bisa menjadi masalah yang besar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa, Anda bisa membaca ulasan berikut ini sampai habis. Karena kami akan membahas mengenai apa itu broken link lebih lanjut.

Broken Link Adalah

Dead link merupakan sebutan lain dari broken link. Broken Link adalah sebuah link rusak yang tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Seperti yang dijelaskan di atas, publisher atau penulis konten artikel sering menautkan link pada anchor teks sebagai referensi terpercaya untuk para pembaca. Pada keadaan normal, link ini seharusnya bisa diakses ke halaman tujuan.

Tapi karena kerusakan oleh suatu hal, link tersebut dapat menjadi rusak dan dapat mengarahkan Anda ke halaman error 404, ketika link tersebut diklik. Efek dari broken link yaitu bisa mengganggu kenyamanan para user dalam berselancar, dikarenakan pengalaman penggunanya yang buruk.

 

Efek dari Broken Link

Sudah sempat dikatakan sebelumnya bahwa efek dari broken link ini bisa mengganggu pengalaman para audiens. Tidak hanya itu saja, ada juga efek lain dari link rusak, di antaranya adalah:

Pengalaman Pengguna Menjadi Buruk

Link rusak sudah pasti membuat para pengguna merasa tidak nyaman dan mereka bisa saja ‘terjebak’ ketika mengklik link tersebut. Mereka akan berpikir mendapatkan tautan atau referensi yang terpercaya, tapi justru mengarahkan pengguna ke halaman yang error.

Ada data yang mengungkapkan bahsa sekitar 88% pengunjung website tidak akan kembali datang ke website yang memiliki pemberitahuan eror 404, ketika sedang berselancar.

Mempengaruhi Performa Website Pada SERP

Link rusak tentu saja dapat merugikan website, karena bisa mempengaruhi peringkat di SERP. Tautan yang berkualitas merupakan menjadi salah satu cara search engine menilai reputasi suatu website. Saat Anda menautkan link yang rusak, tentunya hal tersebut ini bisa menjadi nilai negatif di mata mesin pencarian.

Di sisi lainnya, ketika link rusak tersebut berasal dari website Anda sendiri, sementara Anda sudah membangun backlink untuk link tersebut, maka link tersebut akan hilang di mata mesin pencari. Karena search engine akan menganggapnya sebagai link mati.

 

Cara Cek Broken Link 

Untuk mengecek link satu per satu untuk menemukan link rusak, memang merupakan pekerjaan yang melelahkan dan bisa membuang-buang waktu. Terlebih lagi jika website yang Anda miliki sudah lama dan memiliki konten yang banyak. Tapi tenang saja, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek link rusak. Berikut ini adalah cara cek broken link dan cara memperbaikinya:

Baca Juga: Robot Txt Adalah, Ketahui Lebih Lanjut di Sini!

 

Gunakan Plugin Broken Link Checker

Plugin Broken Link Check merupkan salah satu plugin yang ada di WorPress. Plugin ini dapat membantu Anda untuk menemukan link rusak secara otomatis pada seluruh bagian struktur website.

Berikut ini adalah cara untuk menggunakannya :

  • Download plugin Broken Link Checkerpada WordPress Anda.
  • Install dan aktifkan
  • Masuk ke bagian Setting, kemudian klik Link Checker

Plugin ini memberikan Anda banyak opsi pengaturan. Pada tab “General”, Anda akan mendapatkan informasi mengenai daftar link apa saja yang rusak dan perlu diperbaiki.

Pada tab “Look For Links In”, Anda bisa mengatur pada bagian mana saja plugin harus melakukan proses scanning. Plugin ini bisa melakukan proses scanning pada halaman, struktur postingan, halaman, dan komentar.

Ketika saat proses scanning plugin menemukan link yang rusak, maka otomatis ada tab baru pada menu Tools. Padabagian ini Anda bisa melihat tampilan daftar link rusak yang berhasil ditemukan oleh plugin.

 

Cara Memperbaiki Broken Link

Sesudah Anda menemukan link yang rusak, Selanjutnya Anda  bisa melakukan tindakan untuk memperbaikinya :

  • Edit URL,Anda bisa mengubah URL dari Sehinggalink rusak dapatdiakses kembali tanpa adanya masalah lagi.
  • Unlink, bisa Anda pakai untuk menghapus informasi dari tautan. Sehingga, pengguna tidak bisa mengklik tautan
  • Not Broken, untuk menandai bahwa ada adalah kesalahan sistem. Opsi ini yang dipilih jika terdapat linkyangrusak, tapi sebenarnya link tersebut dapat bekerja dengan normal. Kesalahan ini biasanya terjadi karena faktor bug, atau kesalahan pada sistem.
  • Dismiss, digunakan untuk menyembunyikan peringatan pada link dari kanal broken linkmaupunredirect link. Opsi dismiss ini bisa Anda pilih ketika link dapat bekerja dengan
  • Which Link to Check, biasanya dipakai untuk mengatur pilihan link yang perlu AndaSeperti misalnya tautan yang berbentuk HTML, tautan gambar, dan tautan video.

Anda memiliki website perusahaan tapi tidak memiliki waktu untuk melakukan maintanance? Tenang saja Anda bisa gunakan jasa pembuatan website di DOTNEXT. Tidak hanya itu saja DOTNEXT juga memiliki jasa lainnya seperti SEO, digital marketing, desain grafis, dan lainnya.

Sekian ulasan mengenai broken link. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda memahami lebih lanjut mengenai broken link.

Konsiltasikan bisnis Anda bersama kami , gratis.