Canonical URL – penggunaan canonical URL tentunya sangat berkaitan erat dengan ranking pada SERP. Jika dilihat dari hal tersebut, pastinya canonical URL atau URL kanonik, memiliki peranan penting. Selain itu URL kanonik memiliki peran untuk memastikan situs web tidak diberikan peringatan oleh search engine.

Dengan menggunakan URL kanonik, tentunya dapat memastikan bahwa search engine tidak akan bingung ketika terdapat URL berbeda yang mengarah ke konten atau halaman website yang sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dari canonical URL, maka artikel berikut ini merupakan jawaban yang tepat untuk Anda. Anda bisa membaca ulasan berikut ini hingga habis untuk mengetahuinya.

Apa Itu Canonical URL

Canonical URL adalah elemen HTML yang membantu webmaster untuk mencegah permasalahan duplikat pada pembuatan konten. Seorang webmaster bisa melakukannya dengan cara menentukan URL kanonik dari preferred domain di halaman website. Dengan menggunakan teknik ini, tentunya akan meningkatkan performa SEO bagi situs website.

URL kanonik, biasanya ditemukan di header HTML pada halaman website, yang akan memberitahu mesin jika ada halaman website yang lebih penting atau diutamakan. Penggunaan tag kanonikal ini penting, karena search engine akan secara teratur melakukan crawling pada situs website.

Dengan tujuan, untuk mencari informasi yang akan membantu mereka, untuk memutuskan bagaimana memberi peringkat pada sebuah halaman dengan postingan konten tertentu.

Alasan Pentingnya Menggunakan Canonical URL untuk SEO

Untuk lebih jelasnya, konten duplikat tentunya dapat membingungkan search engine. Dengan adanya canonical, tentu dapat membantu search engine untuk memahami konten, mencegahnya mengabaikan halaman tersebut, sampai meningkatkan peluang konten untuk diberi peringkat.

Karena, konten duplikat dapat menyebabkan penalty, menjatuhkan seluruh peringkat situs website, sampai menghapusnya dari SERP sepenuhnya. Tapi, saat ini banyak pakar SEO yang memiliki kepercayaan bahwa tidak ada penalty yang diberikan terhadap pelanggaran tersebut.

Walaupun halaman duplikat tidak diberikan penalty, halaman tersebut mungkin akan difilter untuk mendukung keberadaan konten yang lainnya. Jadi, tidak ada banyak trafik yang didapatkan pada konten tersebut, tapi itu tidak akan membawa dampak negatih terhadap situs website secara keseluruhan.

Baca Juga: Backlink Adalah: Pengertian, Manfaat dan Lainnya.

 

Cara Mengatur Canonical URL

Setelah Anda mengetahui pengertian canonical URL dan mengapa harus menggunakannya. Sekarang, Anda bisa menambahkan URL kanonik pada situs website Anda sendiri. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, semua itu tergantung pada plugin yang digunakan dan tingkat kenyaman Anda dalam menambahkan kodeke situs website Anda.

Walaupun terdapat banyak metode, tapi penting bagi Anda untuk mengikuti format yang ada pada situs website Anda. Berikut ini adalah cara menerapkan canonical URL.

1. Menambahkan Canonical URL dengan Menggunakan Plugin Yoast

Yoast SEO, merupakan salah satu plugin SEO yang terpopular untuk Wordprees. Plugin ini merupakan alat yang bisa menambahkan tag kanonik. Jika Anda memiliki witus wbsite WordPress, Anda bisa menginstal plugin ini secara gratism dan menambahkan kanonik dengan mudah melalui halaman edit atau bagian posting.

2. Menambahkan Canonical URL Menggunakan Kode

Tanpa adanya plugin khusus yang menawarkan kanonik URL, Anda bisa menambahkan tag rel=canonical pada situs web Anda dengan menggunakan skode snipper kecil. Anda bisa menempatkan kode ini di header halaman website untuk membuat url kanonik egera, setelah crawler mengunjungi halaman tersebut.

3. Menambahkan Canonical URL dengan Google Tag Manager

Jika Anda memiliki beberapa tag pada situs website, Anda bisa mengelolanya dengan menggunakan Google Tag Manager. Hal tersebut tentunya memungkinkan Anda, untuk mengaktifkan satu tag saat laman Anda memuat. Tentunya akan meningkatkan kecepatan dan juga mempermudah pemecahan masalah.

Moz mempunyai panduan yang mendalam untuk mengelola tag rel = canonical Anda melalui GTM. Anda bisa menggunakan alat ini, untuk menyetel parameter yang berbeda tentang apa yang dapat dicrawl, dan yang harus diabaikan.

Jadi kesimpulannya, dengan menggunakan menggunakan canonical URL dapat membantu memberitahu mesin pencari mengenai URL mana yang memiliki konten yang sangat mirip. Sekian ulasan berikut ini, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda memahami tentang URL kanonik.

 

jasa pembuatan website murah

Jika Anda ingin membuat website untuk bisnis. Anda bisa gunakan jasa pembuatan website di Jakarta yaitu DOTNEXT. Ada beragam jasa yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda yaitu jasa digital marketing, SEO, pembuatan konten media sosial, dan lainnya.

Konsultasikan bisnis Anda , gratis.