fbpx

Instagram semakin memanjakan pelaku bisnis dengan menghadirkan fitur Instagram Shopping. Katanya fitur Instagram Shopping ini bisa mendongkrak penjualan. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara berjualan di Instagram.

Jika masih bingung, simak ulasan lengkap yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Cara Berjualan di Instagram Agar Bisnis Meroket

Power Instagram sebagai media sosial untuk mengembangkan bisnis tidak perlu diragukan lagi. Instagram tidak pernah berhenti membuat fitur yang semakin memudahkan proses pemasaran dan tentunya bisa mendongkrak sales. 

Meski mungkin terdengar mudah, tapi berjualan di Instagram tetaplah membutuhkan strategi agar bisa berjalan efektif.

Lalu bagaimana cara berjualan di Instagram dengan sukses? Ikuti beberapa cara di bawah ini!

Membuat akun Instagram Shopping

Apa itu Instagram Shopping? Fitur ini pertama kali diluncurkan pada 19 Mei 2020. Instagram Shopping mampu menghadirkan pengalaman berbelanja e-commerce.Toko ini bisa diakses melalui halaman “Eksplor”. Pelanggan tidak perlu keluar jika ingin melihat produk. 

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat katalog dari barang-barang yang Anda jual. Ada fitur Post dan Story khusus untuk melakukan Tag ke produkmu.

Tidak cuma itu saja, Facebook juga menambahkan Facebook Pay. Facebook Pay berfungsi layaknya dompet digital untuk online shopping.

Mengapa harus menggunakan Instagram Shopping?

Fitur ini mampu melejitkan traffic sekaligus pendapatan. Beberapa merek menerima kenaikan traffic sebesar 1,1416%. Merek lainnya melaporkan kenaikan pendapatan hingga hampir 20%.

Cara Berjualan di Instagram Shopping

Ada tujuh tahap yang harus Anda lewati untuk menikmati fitur ini. Melansir situs resmi Instagram, di antaranya berikut ini.

1. Pastikan usahamu layak

Instagram punya beberapa ketentuan pengaktifan akun. Di antaranya adalah:

  • Ada di tempat di mana fitur ini sudah rilis
  • Bisnis Anda punya produk yang memenuhi syarat
  • Sejalan dengan Perjanjian Dagang Produk Perdagangan dan Persyaratan Kelayakan Perdagangan dari Facebook
  • Bisnis punya website tempat penjualan (untuk sementara ini, e–commerce di dalam Instagram belum tersedia di Indonesia)
2. Ubah akun jadi Instagram Business

Tentu saja, kamu harus menggunakan akun Instagram Business. Apabila belum, ubah dulu akunmu, ya!

3. Hubungkan dengan Facebook Page

Instagram Shopping juga mensyaratkan koneksi dengan Facebook Page. Untuk melakukannya, ikuti langkah ini:

  • Buka halaman “Edit Profile”
  • Di “Public Business Information”, pilih “Page”
  • Pilih Facebook Page yang akan dihubungkan
4. Upload Katalog Produk

Saatnya mengisi tokomu dengan katalog. Kamu bisa melakukannya lewat Facebook Business Manager. Beberapa e–commerce juga mendukung sinkronisasi katalogmu dengan katalog mereka.

5. Minta Review Akun 

Sudah selesai meng-upload katalog? Saatnya meminta persetujuan Instagram untuk membuka toko. Langkah yang bisa kamu ambil adalah:

  • Buka “Settings”
  • Pilih “Sign up for Shopping”
  • Ikuti alur
6. Nyalakan Instagram Shopping

Jika permintaanmu sudah diterima, nyalakan saja akun toko. 

  • Buka “Settings”
  • Klik “Business”, lalu pilih “Shopping”
  • Pilih “Product Catalogue”
  • Lalu pilih “Done”
7. Buat Konten Interaktif

Selamat, akun toko Instagram-mu sudah aktif. Anda tinggal meng-upload konten dengan tag produk.  Langkah lengpanya bisa Anda lihat juga dalam artikel kami Mengaktifkan Instagram Shopping.

Maksimalkan Tampilan Profil Akun Bisnismu

Manfaatkan detail-detail yang ada di Instagram untuk memaksimalkan profil akun bisnis, seperti mengupload foto logo brand sebagai foto profil, mencantumkan keyword yang berkaitan dengan bisnis. Tidak lupa mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, menampilkan kategori bisnis, mencantumkan link website bila Anda punya, dan juga memaksimalkan tampilan highlights (sorotan) di profil akun bisnis.

Koneksikan Akun Instagram dengan Media Sosial

Instagram memungkinkan Anda untuk mengkoneksikan beberapa media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Dengan fitur koneksi ini, konten yang Anda upload ke Instagram juga akan otomatis dimuat di media sosial tersebut.

Upload Foto Produk  yang Menarik

Berikan visualisasi terbaik untuk produk yang Anda unggah ke akun Instagram. Pastikan foto jelas tidak blur, gunakan tulisan juga untuk menduking penjelasan produk namun hindari tulisan tersebut terlalu besar sehingga menutupi produk. 

Agar lebih menarik Anda juga bisa memanfaatkan jasa social media management untuk membantu Anda menyajikan konten yang menarik.

Tulis Caption yang Menarik

Caption membantu audiens untuk mendapatkan informasi tentang produk Anda. Anda dapat mengkreasikan caption sesuai dengan persona bisnis Anda. Buat Jika target produk Anda laki-laki, agar terkesan akrab dan dekat Anda bisa menggunakan sapaan bro, atau bila wanita bisa menggunakan sis.

Tapi pastikan itu tidak berlebihan karena akan membuat audiens merasa terganggu. Anda juga bisa mengkreasikan caption dengan menggunakan emoji-emoji yang sesuai. 

Gunakan Hashtag yang Efektif

Setelah membuat caption yang menarik, jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag atau tagar. Hashtag yang efektif akan membantu membuat jangkauan konten lebih luas dan membantu konten muncul ketika audiens melakukan pencarian spesifik. Instagram sendiri memperbolehkan kita untuk menggunakna 30 hashtag.

Namun, Anda tidak perlu menggunakan sebanyak 30 hashtag, gunakan setidaknya 3 sampai 5 hashtag. Pastikan juga hashtag yang Anda gunakan ada relevansinya dengan produk. 

Cara Berjualan di Instagram dengan Iklan

Selain memanfaatkan hashtag,  Anda juga bisa memanfaatkan iklan untuk menarik perhatian target pasar Anda. Iklan Instagram memberikan Anda kebebasan memilih tujuan, apakah ingin membuat orang mengunjungi profile Anda, mendapatkan banyak pesan sampai mengunjungi profile Anda. Pemasangan iklan juga bisa kita sesuaikan dengan target pasar kita, mulai dari usia, jangkauan, jenis kelamin, sampai apa yang mereka suka.

Anda juga bisa meminta bantuan dari jasa Instagram Ads agar iklan bisa berjalan lebih efektif. Tidak sulit lagi memikirkan bagaimana membuat iklan jadi efektif dan efisien.

Jangan Hanya Fokus Jualan

Followers akan merasa konten yang Anda sajikan membosankan, bisa-bisa mereka meng-unfollow Anda. Anda bisa mengunggah beberapa konten yang relevan dengan produk atau konten lainnya yang membangun interaksi dengan mereka. 

Konten lain di luar konten produk dapat membantu Anda membangun branding di media sosial. Bila mungkin Anda kehabisan ide, jangan ragu gunakan jasa social media management.  Jasa social media management akan membantu mengelola Instagram bisnis Anda, sehingga Anda bisa lebih fokus mengembangkan produk. Klik di sini untuk menghubungi kami.