Popularitas Facebook sebagai media sosial tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti bahwa pengguna Facebook terus bertambah. Facebook juga menjadi tempat yang potensial untuk pemasaran Anda. Untuk memulai pemasaran di Facebook, pertama Anda harus membuat akun Facebook bisnis. Cara membuat akun Facebook bisnis tidak sulit dan prosesnya cepat. Tidak butuh keahlian khusus, Anda yang awam dunia teknologi juga bisa membuatnya. 

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kenapa Harus Membuat Akun Facebook Bisnis

Facebook menjadi tempat yang potensial untuk melakukan pemasaran digital. Hal ini mengingat pengguna Facebook di Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya. Pengguna aktifnya juga demikian banyak dari semua kalangan usia. 

Untuk melakukan pemasaran, Facebook sendiri sudah menyediakan berbagai akun khusus yaitu akun Facebook bisnis. Akun Facebook bisnis adalah akun yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pemasaran yang komprehensif baik itu dengan mengunggah konten atau juga memasang iklan.

Facebook bisnis memungkinkan pengelolaan pemasaran jadi lebih mudah karena di satu tempat, dan dapat berbagi akses ke suatu aset untuk seluruh tim marketing. 

Akun Facebook bisnis manager juga dapat digunakan untuk mengontrol informasi yang dapat diakses oleh social media manager, baik dari perusahaan sendiri, atau bahkan agensi.

Pada intinya, akun Facebook bisnis adalah hal wajib yang harus dimiliki bila Anda memang ingin menerapkan pemasaran di Facebook. 

Beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan dari Facebook business manager, antara lain:

  • Mengelola akun iklan Facebook
  • Menjalankan iklan Facebook (Facebook Ads) dalam satu dashboard
  • Membaca laporan iklan
  • Menambahkan tim dan mengelola hak aksesnya
  • Mengelola Facebook Page
  • Membuat dan mengelola Facebook Shop
  • Memasukan katalog bisnis
  • Mengatur metode pembayaran iklan

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Facebook Business Manager

Sebelum kita membahas cara membuat akun Facebook bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Facebook personal untuk mengkonfirmasi identitas Anda.
  • Mendaftar dan membuat akun gratis, tidak ditarik biaya sama sekali.
  • Anda bisa membuat 2 akun pengelola bisnis Facebook.

Cara Membuat Akun Facebook Bisnis

Bila Anda belum memiliki akun Facebook bisnis, jangan khawatir untuk membuatnya tidaklah sulit. Anda bisa mengikuti langkah demi langkah berikut ini.

1. Akses Halaman Utama Facebook Bisnis

Cara membuat akun Facebook bisnis pertama, Anda perlu mengakses halamannya dengan URL https://business.facebook.com lalu klik Buat Akun.

Untuk membuat akun, terlebih dahulu Anda harus login menggunakan akun Facebook pribadi Anda. 

Cara Membuat Akun Facebook Busines Manager - Buat Akun

2. Mengisi Nama Akun Bisnis

Setelah Anda berhasil login, Anda akan diarahkan untuk mengisi nama akun bisnis dan membuat halaman. Selanjutnya Anda hanya harus mengisi data mengenai bisnis Anda.  Pada popup Buat Akun Pengelola Bisnis Anda, masukkan informasi terkait dengan Nama Bisnis dan Akun, Nama Anda dan Email Bisnis Anda. Lalu klik Kirim.

Cara Membuat Akun Facebook Busines Manager - Buat Akun Form

3. Aktifkan Akun

Jika Anda sudah klik kirim, Anda akan melihat popup motifkiasi sukses, klik tombol selesai. Namun akun Facebook bisnis Anda belum bisa digunakan. Untuk menggunkannya, Anda perlu masuk ke email dan membuka pesan dari Facebook, di sana ada link untuk mengaktifkan akun secara penuh.

Cara Membuat Akun Facebook Busines Manager - Email verifikasi

Setelah akun mengklik Konfirmasi Sekarang, Anda akan dialihkan ke akun Bisnis Facebook dan pembuatan pun selesai.

Cara Membuat Facebook Fanpage

Jika Anda belum memiliki halaman Facebook atau Fans Page Facebook, berikut ini cara membuat Fan Page Facebook dari awal.

1. Login Facebook Personal Anda

Untuk membuat fanpage pertama Anda harus login menggunakan akun personal Anda. Pasti Anda sudah punya Facebook bukan? Masukan username dan password Facebook Anda seperti biasa.

2. Buat Halaman/ Page

Setelah berhasil masuk, pergi ke sisi kanan maka Anda akan menemukan icon kotak-kotak persis di sebelah nama akun Anda dan tanda pesan. Pada bagian Buat/Creat pilihlah halaman atau Page. 

Facebook Bisnis

3. Mengisi Informasi Halaman/ Page

Facebook Bisnis

Bila Anda sudah mengklik Buat Halaman, selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Creat A Page. Di sini Anda bisa mulai mengisi nama, kategori, dan deskripsi Fanpage bisnis Anda. Saat Anda mengisi nama kategori, dan deskripsi Fanpage, perhatikan beberapa hal ini.

  1. Sebaiknya Anda menggunakan nama Facebook Fanpage dibuat singkat, unik, dan tidak terlalu rumit agar mudah diingat.
  2. Anda dapat mengisi maksimal tiga kategori. Pastikan bahwa kategori tersebut benar-benar sesuai dengan jenis bisnis Anda, 
  3. Kolom deskripsi Fanpage harus mampu menjelaskan bisnis Anda secara singkat agar mudah dipahami dan menarik perhatian pengguna Facebook untuk like Fanpage.

4. Mengubah Username pada Facebook Fanpage

Setelah Anda selesai mengisi nama, kategori, dan deskripsi Facebook Fanpage. Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengganti username. Caranya adalah dengan  membuka halaman Manage Page, klik “create @username” yang ada pada bagian bawah nama Facebook Fanpage.

Saat menulis username, pastikan lagi bahwa username sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Facebook. Syarat username Facebook antara lain  minimal terdiri dari 5 karakter, hanya boleh memuat karakter alfanumerik (A-Z,0-9) dan titik.

5. Mendapatkan Pemberitahuan Jika Fanpage Sudah Selesai

Langkah selanjutnya adalah memasukkan profile picture dan cover photo. Agar mudah dikenali Anda dapat menggunakan profile picture logo dari bisnis Anda. 

Facebook Bisnis

6. Menentukan Fitur yang Bisa Diakses dengan “Add Button”

Salah satu fitur yang tidak akan Anda temukan di akun Facebook biasa adalah Add a Button. Dengan Adda Button, Anda bisa mengarahkan pengunjung Fanpage pada tindakan yang Anda harapkan.

Facebook Bisnis

A. Cara mengedit page button

Setelah Anda klik add a button, Anda bisa bebas memilih fitur yang nanti bisa dipilih pengunjung Fanpage. Fitur yang tersedia antara lain Follow, Order Food, Book Now, Call Now, Contact Us, dan Send WhatsApp Message.

B. Mengundang Teman dan Menngintegrasikan Fanpage dengan WhatsApp

Pada halaman about, Anda bisa melengkapi info mengenai lokasi, website, email, jam operasional, hingga nomor telepon bahkan bisa juga diintegrasikan ke WhatsApp. 

Facebook Bisnis

Mengoptimalkan Fanpage Facebook untuk Bisnis

Setelah Anda memiliki halaman dan akun bisnis manager, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengoptimlkannya untuk promosi. Caranya adalah secara aktif memposting konten di Fanpage dan menjalankan iklan.

Dengan halaman yang aktif membagikan konten, pengguna Facebook pun jadi ingin mengikuti Fanpage Anda. Tentu ini akan bagus untuk meningkatkan leads.

Untuk jenis kontennya dapat beragam namun tentu harus sesuai dengan bisnis Anda. Bila Anda masih tidak mengerti cara mengoptimalkan halaman Facebook, jasa social media management bisa jadi alternatif Anda, jangan takut dengan biaya, semua bisa diskusikan. Jangan ragu hubungi kami di sini.