fbpx

Hari ini Instagram jadi tempat yang potensial untuk memulai bisnis, platform yang memungkinkan Anda menjangkau banyak orang, memasang iklan, dan memasang katalog produk yang Anda jual. Tentu ini tidak boleh dilewatkan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis. Yang Anda butuhkan sekarang adalah cara membuat akun instagram untuk jualan. 

Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di media sosial dengan Instagram, ada cara yang perlu Anda lakukan.  

Membuat Akun Bisnis

Cara membuat akun Instagram untuk jualan adalah dengan membuat akun Instagram bisnis. Akun Instagram bisnis bisa dibuat secara gratis. Caranya juga tidak sulit, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Akun Instagram 

Pertama-tama Anda perlu membuka akun pribadi yang telah Anda miliki di perangkat ponsel Anda. Masukan username dan password dengan benar. 

2. Beralih ke Akun Bisnis

Setelah berhasil masuk, Anda masuk ke menu pengaturan atau setting dengan cara klik  berbentuk garis 3 di sebelah atas bagian kanan. Jika sudah, akan keluar menu dropdown, klik menu akun atau account, lalu pilih hingga bawah hingga Anda bisa menemukan opsi  Beralih ke Akun Profesional atau “Switch to Professional Account”.

3. Pilih Kategori Bisnis

Bila sudah, Anda akan diberikan dua opsi akun profesional, yaitu Kreator dan Bisnis. Nah di sini Anda pilih jenis akun Bisnis. Selanjutnya Anda bisa pilih kategori bisnis sesuai dengan profil bisnis Anda. Misalnya personal blog, jasa, seni,  ritel, dan masih banyak lagi.

4. Mengisi Kontak dan Lokasi Bisnis

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman review untuk pengisian nomor kontak dan lokasi bisnismu. Bila Anda sudah selesai mengisi nomor telepon dan lokasi bisnis, Anda tinggal klik Next.

Lalu,  akan muncul tampilan yang memberikan informasi apakah Anda ingin menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook Page. Bila Anda tidak ingin menghubungkan kedua halaman tersebut, Anda bisa langsung klik Next.

5. Lengkapi Seluruh Bagian Profile

Langkah terakhir dari cara membuat akun Instagram untuk jualan adalah melengkapi profile, mulai dari nama, username, alamat website, bio, dan melampirkan foto profil. Bila Anda rasa sudah mengisi kolom profile sesuai kebutuhan bisnis, Anda bisa klik Done yang terletak pada posisi ujung kanan atas halaman.

Akun Instagram bisnis Anda pun siap digunakan untuk berjualan.

Cara Jualan Produk di Instagram

Setelah Anda berhasil membuat akun bisnis untuk berjualan, selanjutnya adalah mengoptimalkan cara jualan produk di Instagram.

Tentukan Target  Pasar

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk berjualan di Instagram adalah dengan menentukan target pasar. Caranya dengan mengetahui seperti apa produk Anda, siapa yang menyukai dan membutuhkannya. 

Hal ini penting dilakukan untuk menentukan metode promosi yang menarik perhatian audiens. 

Buat Konten yang Menarik

Selanjutnya, setelah Anda mengenali target pasar Anda, tuangkan itu semua dalam konten di Instagram bisnis Anda. Baik itu dalam bentuk foto ataupun juga video. Usahakan konten juga dekat dengan mereka, sehingga mereka tertarik. 

Lakukan variasi dari konten, agar tidak terlihat monoton. Berikut ini beberapa variasi konten yang bisa Anda pilih.

Repost Konten Followers

Dengan cara sederhana ini, Anda menunjukan kepada audiens bahwa Anda peduli, dan Anda mendapatkan promosi yang baik secara gratis dari mereka. Cara ini juga ampuh untuk menumbuhkan followers dan engagement.

Membuat IGTV

IGTV dengan durasi yang panjang membuat Anda lebih leluasa untuk membuat konten. Ada beberapa konten yang bisa Anda jadikan IGTV, seperti tutorial, launching produk baru, atau juga acara webinar.

Membuat Giveaway

Menggunakan Instagram bisnis tidak hanya fokus pada produk saja. Buat sesuatu yang membuat audiens merasa senang dan terkesan. Salah satu cara yang manjur adalah dengan mengadakan giveaway.

Giveaway juga cara yang efektif untuk menaikan jumlah followers dan membangun interaksi dengan audiens.

Jika Anda kebingungan dengan konten seperti apa, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa pembuatan konten media sosial.

Memperbanyak Followers

Untuk menambah daya tarik dan kepercayaan, Anda juga harus memperbanyak jumlah followers di akun Anda. Penambahan followers bisa dilakukan dengan membuat konten-konten yang menarik atau mengadakan kegiatan kuis.

Hindari membeli followers karena akan merusak data pada akun Anda.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag membuat orang lebih mudah untuk menemukan konten ketika mencari dengan keyword tertentu. Usahakan menggunakan  hashtag yang tepat di setiap postingan dan tentunya sesuai dengan konten dan bisnis Anda.

Maksimalkan Profile Bisnis

Instagram bio hanya bisa diisi maksimal 150 karakter. Ini artinya Anda harus benar-benar pintar memaksimalkannya dengan informasi-informasi yang menarik target pasar Anda. 

Anda bisa menuliskan apa keunggulan produk/ jasa Anda. Atau bisa juga mengutip tentang promo yang sedang Anda jalankan.

Membuat Jadwal Konten

Membuat jadwal posting membuat kesempatan konten dilihat oleh followers lebih banyak. Ini sangat menentukan bagaimana engagement konten. Ada yang bilang waktu terbaik untuk mengunggah post Instagram adalah dikisaran waktu 9-11 pagi. 

Tapi tentu ini kembali lagi kepada target pasar kita, karena tidak semua audiens serupa. Untuk menentukan jam posting terbaik perlu dilakukan uji coba beberapa kali, lihat pada pukul berapa engagement konten yang terbaik.

Dari sinilah Anda bisa menentukan jadwal post konten.

Menggunakan Jasa Pembuatan Konten Instagram

Agar berjualan di Instagram semakin lancar, Anda juga dapat mempercayakan akun Instagram bisnis dikelola oleh jasa social media marketing. Anda tidak lagi pusing memikirkan variasi konten apa yang perlu dibuat atau memikirkan jam berapa sebaiknya konten diunggah.

Anda tinggal fokus pada pengembangan produk saja. Tertarik atau ingin tanya lebih lanjut? Silakan hubungi kami di sini.