Cara membuat caption menarik untuk akun bisnis

Saat ini penggunaan Instagram sebagai strategi pemasaran bukanlah hal yang asing. Hampir setiap sektor usaha memanfaatkan Instagram untuk keperluan bisnis. Salah satu hal yang kerap jadi masalah dalam pemasaran media sosial seperti Instagram adalah membuat caption. Bagaimana cara membuat caption menarik untuk akun bisnis, masih banyak yang belum tahu tentang hal ini.

Cara membuat caption menarik

Selain desain konten yang menarik, caption juga nilai penting agar membuat konten menarik Caption yang baik akan membuat konten mendapatkan perhatian dari audiens dan menjadi alat yang ampuh untuk promosi. Lalu bagaimana cara membuat caption menarik?

1. Sertakan CTA (Call To Action)

Caption juga menjadi sarana kamu untuk promosi, jadi ada baiknya sertakan juga Call To Action atau CTA, yang mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang Anda harapkan. Misalnya untuk berkomentar, share, like, dan lain sebagainya.

Membuat CTA paling mudah adalah dengan menggunakan kalimat tanya. Seperti, “Bagaimana menurut kamu?”  “Apakah kamu juga merasa sama seperti itu?” Dengan kalimat seperti itu audiens jadi merasa terhubung dan dilibatkan.

2. Jangan buat caption terlalu panjang

Caption Instagram mempunyai limit 2200 karakter, walau begitu hindarilah membuat caption yang terlalu panjang. Hal tersebut justru akan diabaikan oleh audiens. Kecuali ada cerita menarik di balik foto tersebut.

Cobalah untuk memaksimalkan penggunaannya dengan pemilihan hastag, yang akan memperluas jangkauan postingan Anda. Tapi jangan juga berlebihan menggunakan hastag sehingga tidak relevan dengan konten yang Anda unggah.

3. Kenali karakteristik followers

Ini juga suatu hal yang penting, mengenali siapa followers akan membuat Anda tahu siapa pesan akan disampaikan. Setiap karakteristik tentu perlu mendapatkan pendekatan yang berbeda. Jika ternyata karakteristik followers Anda adalah orang dewasa, tentu pendekatan berbeda dengan remaja.

Jika karakteristik followers Anda remaja, Anda bisa menggunakan caption yang ringan dengan sapaan sehari-hari mereka, agar terasa dekat. Sisipkan juga emoji bila dirasa perlu.

4. Buat brand personality

Hal yang kerap dilupakan oleh admin media sosial adalah bahwa media sosial merupakan tempat untuk membangun dan menampilkan citra kita. Jadi hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk membuat caption menarik adalah mengenai citra apa yang ingin kamu tampilkan kepada audiens baik itu melalui foto atau video.

Buatlah personality yang dapat dijual. Karena dengan personality, Anda bisa tahu apa dan bagaimana cara penyampaiannya. Jika Anda ingin dilihat sebagai brand yang santai, lucu, gunakanlah caption yang menggunakan bahasa sehari-hari dengan referensi yang ringan.

Tapi, jika akun Anda adalah sebuah akun korporasi yang mengharuskan menampilkan citra serius, dan berwibawa. Gunakanlah kalimat yang formal yang tetap mudah dimengerti.

5. Curi perhatian dengan kalimat pertama

Instagram saat ini hanya menampilkan beberapa karakter oleh sebab itu, letakkanlah informasi yang ingin Anda sampaikan pada kalimat pertama.

Kalimat pertama adalah kunci apakah audiens akan membaca caption lebih lanjut.

Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa mencari referensi dari akun-akun lain yang sejenis dengan Anda, dengan begitu Anda juga dapat menentukan ritme tersendiri. Atau Anda juga bisa memercayakan pada digital marketing agency profesional untuk hasil lebih maksimal.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Memasang Facebook Ads, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Belakangan ini, banyak sekali pelaku bisnis yang tertarik untuk memasang iklan di Facebook. Ya, Facebook…

2 months ago

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 months ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

2 months ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

2 months ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

3 months ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

3 months ago