Apakah Anda ingin tahu cara membuat feed Instagram untuk bisnis? Anda membuat artikel yang tepat, karena kali ini kami akan memberikan kepada Anda bagaimana membuat feed yang menarik. Feed menarik sangat memberikan dampak besar bagi bisnis. 

Cara Membuat Feed Instagram untuk Bisnis

Untuk kamu yang menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi, membuat feed Instagram menarik adalah hal wajib. Tampilan feed yang baik membuat kamu mendapatkan simpati dan perhatian dari audiens. 

Feed Instagram harus mampu menarik perhatian audiens dalam hitungan detik. Oleh karenanya kita tidak boleh asal buat feed Instagram untuk bisnis. Simak cara membuat feed Instagram untuk bisnis berikut.

1. Tentukan Grid Layout

Apa itu grid layout? Mungkin istilah satu ini masih terdengar asing. Ini adalah istilah tata letak dari unggahan pada feed. Penggunaan grid ini sangat membantu untuk menentukan foto seperti apa yang harus diletakan di sebelah foto lainnya. Bisa dikatakan grid layout sangat memudahkan Anda untuk membuat feed Instagram untuk bisnis lebih rapi, konsisten, dan estetik.

Ada beberapa macam grid layout yang bisa Anda aplikasikan di feed Instagram bisnis Anda.

Puzzle Feed

Puzzle feed dikenal dengan feed Instagram yang nyambung menyambung. Cara membuat feed Instagram untuk bisnis ini juga cukup populer diterapkan pada halaman profil. Untuk membuat puzzle feed juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi.

Checkerboard

Selanjutnya cara membuat feed Instagram untuk bisnis adalah model checkerboard. Konten untuk model feed ini bisa dibilang cukup beragam. Karena Anda tidak hanya mengunggah foto produk, tapi juga quotes, trivia, atau informasi lainnya. Cara membuatnya, Anda harus mengunggah satu foto laolu diselingi dengan konten quotes lalu konten foto lagi.

2. Tentukan Tema

Cara membuat feed Instagram untuk bisnis pertama kamu tentukan tema feed. Tema feed bisa ditentukan dengan mengenali karakteristik bisnis Anda.  Barulah tentukan seperti apa tema dan warna yang diangkat. 

Bila Anda mungkin kebingungan, berikut ini inspirasi tema untuk feed Instagram yang bisa Anda aplikasikan untuk feed. 

Minimalis

Langkah - langkah membuat Feed Instagram Yang Keren

Pertama Anda bisa memilih tema minimalis, tema ini cocok jika bisnis Anda berkaitan dengan ketenangan, kesederhanaan. Untuk penerapan konsep ini kuncinya adalah penggunaan gambar yang didominasi latar polos, objek sederhana, dan menunjukan warna yang natural.

Anda bisa menggunakan tema minimalis ini dengan foto produk yang diletakan di meja putih dan dengan latar belakang dinding berwarna senada.

Salah satu keunggulan dalam menggunakan tema minimalis adalah Anda tidak perlu banyak properti, dan pencahayaan yang natural. 

Monotheme

Selain minimalis, tema lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Monotheme. Apa itu monotheme? Maksudnya adalah Anda hanya mengunggah satu hal saja dalam feed, yaitu produk. Foto yang diunggah juga biasanya berbentuk close up produk.  

Black & White

Tema black and white bisa juga jadi pilihan. Tema satu ini termasuk salah satu desain yang bisa menampilkan sisi elegan dari produk Anda. Ini sangat cocok bila target market Anda adalah kelas atas. 

Color Coordinate

cara membuat feed instagram - color coordinate

Color coordinate salah satu tema feed dimana Anda menggunakan beberapa warna. Misalnya hitam, abu-abu, putih.

Anda bisa mengatur warna tersebut dalam baris feed. Warna cerah, lalu warna gelap, lalu warna cerah lagi. Tema feed ini cocok untuk jenis bisnis elektronik atau juga alat seni rupa.

Warna Seirama dengan Produk

Cara membuat feed Instagram untuk jualan lainnya yang bisa Anda aplikasikan adlah menggunakan warna seirama dengan foto produk. Dengan menerapkan konsep ini, feed akun bisnis Anda akan terlihat rapi, teratur, tentunya nyaman di lihat. Feed yang terlihat rapi juga menandakan bisnis Anda sangat profesional. 

3. Menggunakan Gaya Visual yang Konsisten

Banyak brand terkenal yang menerapkan gaya visual yang konsisten untuk setiap unggahannya. Anda bisa mengikutinya, cara ini dapat menjadikan akun Instagram Anda memiliki style yang mudah dikenali dan dipahami oleh followers. Hal ini juga dapat meningkatkan engagement yang terjadi pada akun.

4. Mengatur Urutan Posting

Pernahkah Anda berpikir mengapa ada akun yang feednya terlihat estetik?

Kami bocorkan untuk Anda, salah satu sebabnya adalah karena mereka tahu foto mana yang terlihat bagus bila didampingi dengan foto lainnya. Sedikit tips untuk Anda dalam mengatur urutan posting, sebelum memposting Anda bisa melihatnya dengan aplikasi, salah satunya Preview. Aplikasi Preview dapat membantu Anda untuk menyusun urutan postingan.

5. Perhatikan Kualitas Foto

Hal yang sepele tapi sering kali diabaikan. Agar feed Instagram untuk bisnis bekerja dengan baik. Perhatikan juga kualitas foto sebelum diunggah apakah sudah terlihat tajam dan jelas? Jangan malas untuk mengeditnya dengan menambahkan kontras dan sharpness. 

6. Jadwalkan Konten yang Akan Diposting

Menjadwalkan konten atau juga dikenal dengan content planning sangat penting untuk menjaga alur dan susunan feed Instagram Anda. Tidak hanya itu, dengan penjadwalan Anda juga dapat mendapatkan reach dan engagement yang tinggi. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk menjadwalkan konten tepat waktu.

Sudah Siap Untuk Membuat Feed Instagram Untuk Bisnis?

Beberapa cara membuat feed Instagram untuk bisnis di atas bisa Anda  coba. Tampilan feed yang bagus tidak hanya dapat meningkatkan followers Anda, tetapi juga dapat meningkatan branding Anda secara digital yang dalam jangka panjang akan membentuk pasar brand Anda secara digital.

Jika mungkin Anda tidak bisa membuat feed Instagram sendiri dan membutuhkan bantuan tim. Tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan jasa konten Instagram. Jasa konten Instagram akan membantu Anda dalam menentukan tema dan membuatkan konten feed. Tidak hanya feed, mereka juga akan memikirkan strategi untuk dapat meningkatkan followers akun Anda.

Butuh diskusi lebih lanjut mengenai jasa konten Instagram? Hubungi kami di sini.