Tiap tahun, pengguna media sosial terus bertambah, tentu hal ini harus dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran. Jika bisnis Anda sudah mempunyai akun Instagram namun masih berbentuk personal, segera ubah jadi akun bisnis. Ikuti cara membuat Instagram bisnis berikut ini bila Anda belum mengetahui caranya.

Fitur Instagram Bisnis

Sebelum kita membahas cara membuat Instagram bisnis, Anda harus kenal dulu dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram bisnis, dengan begini Anda bisa tambah yakin untuk mengubah atau membuat akun Instagram business.

Tentunya, ada berbagai fitur unggulan yang ditawarkan Instagram bisnis yang tidak Anda dapatkan di akun Instagram personal.

Instagram Insight

Apa itu Instagram Insight adalah tools analitik yang digunakan untuk melihat bagaimana performa akun dan konten yang kita unggah. 

Di dalamnya Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari followers, impresi dari foto yang Anda unggah, jumlah postingan, jumlah jangkauan dari postingan Anda secara keseluruhan, dimana saja orang yang melihat postingan, hingga rentang umur mereka yang mengikuti dan berinteraksi dengan akun Anda.

Tentu insight ini sangat berguna untuk menentukan strategi pemasaran Anda, terutama ketika ingin memasang iklan. 

Instagram Ads

Instagram bisnis didukung dengan Instagram Ads. Dengan profil bisnis, Anda bisa mengatur, menjalankan, dan melacak kampanye iklan secara real-time. Fitur Instagram business ini sangat mirip dengan Facebook Ads. 

Anda juga bisa memasang iklan dengan dibantu jasa Instagram Ads agar iklan bisa berjalan lebih efektif untuk bisnis Anda. 

Tombol Kontak

Di profil bisnis Anda bisa memasang informasi kontak dengan lebih menarik. Tidak perlu lagi repot-repot menuliskan banyak informasi di kolom bio, sebab kini Anda bisa menggunakan tombol kontak secara terpisah. 

Informasi kontak yang bisa Anda tambahkan seperti alamat kantor, telepon, email, website, informasi kontak ini bisa Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Shopping and Check Out

Instagram bisnis sekarang juga sudah dilengkapi dengan Instagram Shopping sehingga target pasar yang tertarik dengan produk Anda bisa langsung membeli produk Anda di Instagram. 

Anda bisa menambahkan katalog produk dan mengarahkan pembeli melakukan transaksi di website Anda.  Setiap Anda mengunggah konten, Anda juga bisa menambahkan tag pada postingan Anda ke produk terkait.

Quick Replies

Fitur Instagram bisnis satu ini memudahkan Anda dalam membalas dengan responsif semua direct message atau DM yang masuk. Tentu Anda tidak ingin mengecewakan calon konsumen karena terlalu lama membalas pesan, kan? Quick replies adalah solusinya!

Jawaban dapat diatur secara personal, jadi jawaban juga merasa jawaban bukan berasal dari robot.

Branded Content Approval

Sebagai akun bisnis, Anda bisa membatasi siapa saja yang menandai Anda terkait konten brand. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari kesalahan salah tag. 

Cara Membuat Instagram Bisnis

Pasti setelah melihat berbagai fiturnya, Anda semakin yakinkan untuk membuat akun Instagram business? Tenang kami sudah siapkan cara membuat Instagram bisnis.

Masuk ke Aplikasi

Cara membuat akun bisnis yang pertama adalah Anda harus mengkonversi akun pribadi. Masuklah pada aplikasi Instagram Anda, lalu  ubah profil ke profil bisnis.

Ubah Profile

Setelah masuk pada akun instagram Anda, masuk ke bagian Profil. Dari profil Anda, ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas dan pilihlah lalu ketuk untuk beralih ke profil bisnis. 

Di sini Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Menyambungkan Akun Instagram dengan Facebook Page

Karena Instagram juga terintegrasi dengan Facebook, maka akun Instagram bisnis Anda juga bisa dikoneksikan dengan akun Facebook Page. Jika Anda belum memiliki akun Facebook Page, ikuti langkah membuatnya berikut ini:

  1. Buka akun Facebook pribadi yang Anda miliki, lalu dari sana akan menemukan menu dropdown, pilihan Create Page;
  2. Pilih kategori bisnis dan ketikkan namanya.  Anda bisa mengisi dengan nama bisnismu atau kata-kata lain yang dapat; mengarahkan orang lain ketika mengetikkan keyword tertentu.
  3. Jika sudah, Anda bisa memasukan foto profil, sampul. 
  4. Facebook page Anda pun siap untuk dihubungkan dengan Instagram bisnis.

Sedikit bocoran untuk Anda, dengan menghubungkan akun Instagram bisnis dan Facebook page Anda dapat secara otomatis membagikan konten Inatagram ke Facebook page.

Masukan Informasi Penting di Akun Bisnis 

Masukan informasi penting, ini untuk mendukung akun Instagram bisnis Anda. Mulai dari nomor telepon, alamat lengkap, maupun e-mail. Anda juga bisa memilih apa saja yang akan ditampilkan. 

Sedikit tips untuk Anda, cobalah masukan informasi yang memudahkan calon konsumen mengenali bisnis Anda. Informasi kontak juga memudahkan mereka melakukan pemesanan. 

Akun Instagram Bisnis Siap

Anda bisa menggunakan hashtag untuk mempromosikan produk anda, cara ini cukup ampuh untuk menjaring para audiens. Selain itu buat konten postingan semenarik mungkin. Bisa dengan mengunggah foto yang instagramable atau unggahan dengan desain menarik. Dengan begitu para audiens akan tertarik mengunjungi akun Anda.

Cara Membuat Instagram Bisnis Banyak Followers

Ketika Anda sudah mempunyai akun bisnis, tentu harapan selanjutnya adalah bisa memiliki banyak followers atau pengikut. Ini bukan tanpa alasan, jumlah followers juga menentukan kredibelitas akun. Terkadang ada calon pembeli yang ragu saat melihat jumlah yang sedikit, apakah akun itu asli atau palsu.

Banyak akun bisnis yang langsung menggunakan cara pintas untuk menambah followers dengan membeli followers. Cara pintas ini banyak dipilih bukan hanya karena cepat tapi juga biayanya yang murah.

Tapi ini berdampak buruk bagi akun Anda dalam jangka panjang, Anda jadi tidak bisa mendapatkan insight yang realistik yang bisa digunakan memasang iklan atau strategi pemasaran lainnya.

Cara menambah followers yang aman dan betul adalah dengan menyusun strategi dan membuat kontenyang sesuai dengan kriteria audiens.

Beruntungnya, saat ini untuk mengurus sosial media seperti Instagram bukanlah perkara sulit. Anda bisa mempercayakan akun Instagram kepada jasa sosial media marketing. Jasa social media marketing akan menyusun strategi terbaik untuk perkembangan akun secara dinamis. Mulai dari menyusun konten, membuat caption, riset hashtag, dan pemasangan iklan. Anda hanya tinggal menjalankan bisnis saja.

Silakan hubungi kami untuk tahu lebih lanjut. Klik di sini!