Cara membuat Instagram Shopping ternyata tidaklah sulit, hanya dalam beberapa langkah nda dapat memanfaatkan fitur yang mirip marketplace ini di Instagram. Fitur ini memang jadi yang paling mutakhir keluaran Instagram yang sangat membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan penjualan di Instagram.

Jika mungkin Anda ingin menggunakan fitur Instagram Shopping, Anda bisa mengikuti setiap langkahnya di sini.

Manfaat Instagram Shopping

Bagi Anda yang belum tahu, Instagram Shopping adalah fitur milik Instagram yang memudahkan penjual untuk memasukan produknya ke dalam Instagram untuk dapat diakses oleh para pengguna lainnya sehingga mereka juga bisa melakukan pembelian secara langsung di sana.

Dari sisi pemilik bisnis, tentu ada begitu banyak manfaat Instagram Shopping, beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya fitur ini antara lain.

1. Produk jadi Mudah Ditemukan

Dengan Instagram Shopping, produk yang Anda tawarkan bisa dimasukan sebagai katalog sehingga jadi lebih mudah ditemukan. Setelah memasukkannya ke dalam katalog, Anda juga bisa menambahkan klik tag sehingga audiens bisa mengetahui detail dari produk tersebut secara real time.

2. Meningkatkan Kunjungan Website ke Toko

Dengan membuat Instagram Shopping, Anda dapat mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website dan melakukan pembelian produk atau melihat berbagai produk lainnya. 

Dari sisi konsumen, mereka juga bisa lebih nyaman mengunjungi website karena tidak perlu keluar dari aplikasi Instagram. 

3. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Tahukah Anda, bahwa 70 persen orang-orang akan membeli berbagai produk melalui Instagram. Dengan memanfaatkan Instagram Shopping, produk atau brand yang Anda miliki dapat menjangkau lebih banyak audiens baik itu skala lokal bahkan internasional.

4. Promosi Menjadi Lebih Mudah dan Beragam

Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur Instagram Shopping untuk melakukan berbagai promo dalam rangka menarik minat konsumen Anda.

Fitur Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping ini sangat memanjakan para pebisnis, karena memang diorientasikan secara khusus untuk hal tersebut. Berikut ini beberapa fitur dari Instagram Shopping yaitu.

1. Instagram Shopping Tag

Fitur ini berfungsi untuk memberikan label pada produk yang ada pada postingan Anda yang tersedia dalam katalog produk. Dengan tag ini, pelanggan dapat melihat harga serta detail yang lebih lengkap tentang suatu produk yang Anda jual.

2. Katalog Produk

Instagram Shopping memungkinkan Anda untuk menampilkan produk pada katalog yang bisa dilihat oleh pelanggan. Anda juga bisa menambahkan produk yang ingin Anda jual. 

3. Halaman Detail Produk 

Ketika Anda sudah menambahkan katalog produk, pelanggan dapat klik salah satu produk dan melihat halaman yang berisi detail produk. Detail ini berisi deskripsi mengenai produk, foto, harga, nama, ukuran dan informasi lainnya. 

4. Instagram Shopping Ads

Anda juga bisa menggunakan Instagram Shopping Ads untuk mengiklankan postingan Instagram Shopping. Fitur ini dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

5. Live Shopping

Fitur ini dapat digunakan untuk menjual produk Anda melalui Instagram Live. Anda dapat mengajak orang untuk membeli produk secara langsung. Saat menyaksikan siaran Anda, mereka bisa langsung membeli produk Anda.

Cara Membuat Instagram Shopping

Instagram Shopping merupakan fitur yang disediakan Instagram secara gratis. Namun walau gratis, bukan berarti tidak ada ketentuan yang berlaku. Untuk membuat Instagram Shopping di akun Instagram bisnis Anda, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Instagram dan Facebook akan melakukan penunjauan terlebih dahulu lalu akan memberikan akses untuk dapat mengakses Instagram Shopping. 

1. Buat Facebook Katalog

Instagram dan Facebook saling terkait. Untuk membuat Instagram Shopping, salah satu syratanya adalah pertama Anda harus membuat katalog Facebook. Cara membuat katalog Facebook adalah sebagai berikut.

Pertama, buat halaman Facebook bisnis dan lengkapi data yang diminta, cara membuat halaman bisa Anda lihat selengkapnya di sini.

Setelah memiliki halaman Facebook, buka halaman Commerce Facebook, lalu klik tombol Create a Catalogue.

Kemudian pilih opsi E-commerce lalu klik Next. Setelahnya pilih opsi untuk mengupload informasi detail produk yang Anda miliki. Jika Anda memiliki website toko online, Anda bisa langsung menautkan pada katalog di website toko online Anda. Caranya cukup pilih Connect E-commerce Platform.

Lalu pilih platform yang Anda gunakan, apakah WooCommerce, Shopify, BigCommerce, Magento, OpenCart. Setelah itu klik tombol Finish Set up untuk menyimpan pengaturan. Namun bila Anda tidak memiliki website toko online, Anda bisa memasukan produk secara manual.

menghubungkan platform WooCommerce dengan facebook

2. Menambahkan Produk ke Katalog

Selanjutnya Anda dapat menambahkan produk ke Catalog Manager yang baru Anda buat.

Klik pada katalog yang ingin Anda gunakan. Lalu, tambahkan produk secara manual dengan klik tombol Add Item.

Tambahkan produk pada katalog Facebook

3. Hubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis

Setelah Anda memasukan semua produk yang Anda miliki, agar dapat digunakan terlebih dahulu Anda harus menggabungkan akun Facebook Fanpage dan akun Instagram Bisnis Anda. Caranya?

Pertama, masuk ke bagian menu Setting di akun Instagram bisnis Anda, lalu klik Business. Pada halaman Business, pilih Set Up Instagram Shopping. Klik Get Started, lalu klik Connect Facebook Account. Anda akan diminta login ke akun Facebook, jika sudah Anda tinggal menunggu proses peninjauan oleh tim Facebook dan Instagram. Biasanya bisa 3 hari sampai 7 hari.

Cara Menambahkan Instagram Shopping Tag

Setelah Anda menadapatkan persetujuan selanjutnya Anda dapat menambahkan Shopping tag di postingan Anda. Caranya tidak jauh berbeda saat Anda menambahkan tanda untuk menandai orang. Anda hanya perlu klik tombol Add Tag, dan akan melihat Tag Product.

Setelah Anda menambahkan Instagram Shopping Tag, maka saat audiens mengklik konten Anda, mereka bisa mengetahui nama produk dan harganya.

cara menggunakan tag product

Agar bisnis Anda dapat perhatian di Instagram, cobalah untuk mengembangkan konten dengan jasa Instagram management. Jasa Instagram management membuat konten Anda lebih beragam dan tentunya konsisten. Tidak percaya? Silakan hubungi kami .