Cara Membuat Konten Menarik – Bagaimana cara membuat konten yang menarik sehingga dapat menarik perhatian banyak pengunjung? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak para content writer atau bahkan content creator. Konten yang menarik adalah kunci bagi penulis konten untuk mendapatkan lalu lintas yang baik dari situs web mereka.

Ketika pengunjung tertarik dengan konten Anda, kemungkinan besar mereka akan kembali ke situs Anda. Karena mereka telah menemukan informasi yang lengkap dan menarik dari konten yang Anda buat. Dengan begitu, Anda telah menciptakan hubungan emosional dengan pengunjung. Nah, bagaimana cara membuat konten yang menarik? Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan tentang Cara Membuat Konten Menarik.

Cara Membuat Konten Menarik

Adakan Riset Konten

Ide konten yang Anda buat menentukan apakah konten Anda akan diingat oleh audiens atau hanya dilupakan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu agar Anda dapat menemukan konten yang tepat untuk dibuat. Pahami apa yang sedang tren hari ini. Selain itu, lakukan riset pada audiens agar konten Anda dapat tersalurkan dengan baik.

Jangan lupa untuk memantau konten dari pesaing untuk perbandingan. Selain kualitas, Anda cenderung mampu mengungguli pesaing Anda dalam pembuatan konten. Jadi, utamakan riset konten dengan cermat agar menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

Buat Judul (Headline) Menarik

Setelah menemukan ide konten dan kata kunci yang tepat, Anda harus fokus membuat judul yang kuat. Pasalnya, headline atau judul yang baik akan menarik perhatian besar pembaca. Tidak hanya itu, statistik dari Copyblogger juga menunjukkan bahwa 80% orang akan membaca headline Anda, tetapi hanya 20% dari mereka yang akan membaca sisa konten Anda.

Namun, bukan berarti Anda hanya membuat headline yang kuat, tetapi kontennya lemah. Ingat, orang akan kembali ke website Anda jika konten Anda berkualitas. Jika konten Anda lemah, kemungkinan mereka tidak akan kembali lagi.

Temukan Tone/Nada Yang Sesuai

Ada hal lain yang perlu Anda ingat. Konten pada website atau media sosial bisnis Anda merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tone atau nada yang sesuai dengan target pasar Anda. Apakah itu kasual atau formal? Atau mungkin, semi formal? Selain membuat target pasar Anda merasa nyaman, nada ini dapat membantu membentuk persona merek.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Viral di Media Sosial, Ikuti 9 Langklahnya

Ciptakan Engaging Content

Konten yang menarik menawarkan sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi, atau menghibur. Konten yang menarik memberi pembaca sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Baca artikel kami tentang rahasia kata kunci untuk menentukan peringkat di Google. Berikut merupakan beberapa tips untuk membantu Anda menulis konten yang menarik:

  1. Membuat pembaca bertanya-tanya. Ini tidak berarti membuat posting yang belum selesai, tetapi mencakup pertanyaan yang membuat pembaca merenungkan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan yang Anda berikan.
  2. Bagian pengantar yang mengesankan. Ingin tahu seberapa cepat orang membuat penilaian tentang posting blog? Kebanyakan orang mungkin hanya perlu membaca beberapa kalimat pertama untuk menentukan sebuah postingan layak dibaca. Beri tahu pembaca mengapa mereka harus tetap berada di konten Anda dan beri tahu mereka apa yang akan Anda bahas dalam posting blog ini. Buat mereka ingin membacanya.
  3. Orang-orang menyukai cerita. Anda dapat menggunakan anekdot di bagian pengantar atau cerita dari posting blog. Cerita dapat membantu memperjelas suatu hal. Bila memungkinkan, tambahkan cerita ke posting blog Anda. Ini akan membuat posting lebih menarik dan juga membantu pembaca belajar.
  4. Saat Anda memberikan konten yang mengundang banyak komentar, mesin pencari akan menganggap postingan Anda penting dan memperbaruinya secara berkala. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat mesin pencari kembali ke situs Anda lebih sering.

Tulis Konten Pendek Dan Meruncing

Salah satu pelajaran menulis yang penting adalah membatasi kesalahan. Ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, tetapi itu membuat komposisi Anda jauh lebih baik. Tidak ada yang lebih baik dari posting blog atau artikel yang singkat dan to the point yang berisi informasi.

Jadi jangan fokus pada jumlah kata. Posting blog yang lebih panjang tidak berarti posting yang lebih baik. Dan sering kali, membuat posting blog pendek lebih sulit dan lebih memakan waktu daripada menulis sebanyak yang Anda bisa.

Menulis konten yang berkualitas dan menarik memang tidak mudah, tetapi akan lebih mudah jika Anda menulis sesuatu yang Anda sukai. Hal yang hebat tentang konten adalah bahwa itu tidak lekang oleh waktu. Anda dapat menulis sesuatu hari ini dan 3 tahun dari sekarang apa yang Anda tulis akan tetap dilihat dan dibagikan oleh orang-orang, yang membawa lalu lintas kembali ke situs Anda.

Demikian ulasan tentang Ketahui Cara Membuat Konten Menarik semoga bermanfaat. Bagi anda yang ingin tahu cara membuat konten menarik dengan mudah, anda bisa menggunakan jasa pembuatan konten di DOTNEXT. Selain itu, anda bisa menggunakan beberapa jasa yang disediakan DOTNEXT lainnya seperti SEO, pengelolaan social media, jasa pembuatan website, dan masih banyak jasa lainnya. Anda bisa mempercayakan bisnis anda bersama dengan DOTNEXT, karena bisnis anda akan ditangani professional. Mari konsultasikan bisnis anda secara gratis, sekarang!