Pasti Anda pernah melihat sebuah bio di Instagram bisnis yang disematkan linktree. Bagi akun bisnis, kehadiran Linktree sangatlah membantu untuk mengelola beberapa kontak penting dalam satu link. Mulai dari kontak nomor WhatsApp, alamat e-commerce, situs website, dan lainnya, semua bisa dikelola dalam 1 link dari linktree saja. Lalu, apakah Anda sudah tahu cara membuat linktree di Instagram?

Jika belum artikel berikut ini bisa membantu Anda untuk mengetahui langkah demi langkah membuat linktree untuk akun Instagram bisnis. Mari simak penjelasannya, di bawah ini!

Apa Itu Linktree

Sebelum kita membahas cara membuat linktree di Instagram, mari kita ketahui terlebih dulu apa sebenarnya Linktree itu.

Linktree adalah layanan yang memudahkan Anda untuk mengelola beberapa link dalam satu link dan membagikannya dalam sebuah halaman website.

Dengan menggunakan Linktree, orang yang mendapatkan link bisa mengakses semua konten link hanya dengan satu link utama. Anda dapat menggunakan Linktree secara gratis atau juga berbayar. Kelebihan dari Linktree premium adalah Anda dapat mengetahui dengan detail jumlah audiens yang mengakses Linktree Anda.

Beberapa manfaat dari penggunaan Linktree antara lain:

  • Meningkatkan trafik channel bisnis, baik itu marketplace, website atau media sosial.
  • Memudahkan audiens dalam mengakses channel bisnis online.
  • Dapat menganalisis efektivitas kegiatan marketing yang Anda lakukan.

 

Cara Membuat Linktree di Instagram

Dalam bio Instagram, Anda diminta untuk mencantumkan url website, namun disatu sisi Anda juga ingin mencantumkan url yang lainnya. Linktree hadir sebagai solusi untuk kita memasukkan beberapa link untuk dicantumkan dalam bio Instagram.

Cara membuat Linktree di Instagram tidak sulit, Anda hanya butuh waktu 5 menit untuk membuatnya. Jika Anda belum membuatnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Buka website Linktree

Cara membuat Linktree di Instagram yang pertama adalah Anda harus membuat akun Linktree terlebih dulu, caranya adalah dengan mengakses website resmi Linktree. Anda bisa mengaksesnya di www.linktree.com

Pada halaman beranda Linktree, klik tombol Get Started For Free untuk membuat akun.

  1. Mengisi informasi login

Setelah melalui tahap pertama, Anda akan diminta untuk mengisi data mulai dari username, email, dan password. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan nama bisnis Anda sebagai username. Jika semua informasi sudah Anda isi, selanjutnya beri tanda ceklis pada bagian Terms and Conditions. Kemudian, klik tombol Sign with email.

  1. Isi informasi akun

Langkah selanjutnya dalam cara membuat Linktree di Instagram adalah melengkapi info akun Linktree. Di tahap ini Anda perlu memasukkan nama lengkap, kategori bisnis, dan beri tanda ceklis pada kolom verifikasi captcha.

Kemudian Anda bisa klik tombol Continue untuk melanjutkan proses.

  1. Pilih plan Linktree

Ada 2 plan yang tersedia yaitu Pro dan Free, Anda bisa memilih plan Free. Fitur dasar yang disediakan plan Free juga sudah cukup untuk bisnis Anda. Jika sudah, Anda bisa klik Sign up for Free $0.

Di tahap ini, Anda sudah berhasil mendaftar akun Linktree. selanjutnya Anda perlu memverifikasi email.

  1. Verifikasi email

verifikasi email linktree

Selanjutnya pihak Linktree akan mengirimkan email verifikasi ke email Anda. Cobalah buka kotak masuk email Anda. Jika sudah menemukan email dari Linktree, klik tombol verify email untuk melakukan aktivasi akun.

  1. Login ke akun Linkree

Setelah Anda mengklik verifikasi email, Anda akan diarahkan ke laman login Linktree. Masukkan username dan password yang telah Anda buat, lalu klik sign in.

  1. Membuat link baru di Linktree

menambahkan link baru pada linktree

Cara membuat Linktree di Instagram berikutnya yaitu membuat link. Untuk melakukannya, Anda bisa klik Add New Link pada menu Link. Kemudian akan mencul card baru dengan kolom title dan url.

Pada bagian kolom title, Anda bisa memasukkan nama judul yang akan muncul di Linktree. Kemudian pada kolom url, masukkan url yang akan dituju ketika audiens mengklik judul Anda. Tidak lupa untuk aktifkan toggle menjadi ON agar emulator menampilkan preview Linktree.

Untuk menambahkan link toko, Anda bisa memasukkan url dari website atau marketplace. Sedangkan bila ingin menambahkan WhatsApp Anda perlu memasukan url berikut ini wa.me/(nomor WA bisnis Anda).

Jika sudah Anda bisa mengcopy url Linktree Anda, letaknya ada di sebelah kanan atass dashboard Linktree.

  1. Memasukkan Linktree ke dalam bio Instagram

Jika sudah mendapatkan Linktree, Anda bisa menambahkan link tersebut ke dalam bio Instagram akun bisnis Anda. Caranya cukup mudah, Anda cukup masuk ke akun Instagram bisnis Anda, klik edit profile, lalu masukkan link dari Linktree pada bagian url website dari bio Instagram Anda. Jika sudah, klik tanda centang di bagian atas untuk menyimpan perubahan.

Itulah cara membuat Linktree di Instagram, dengan Linktree Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan yang bisa Anda arahkan langsung ke kontak bisnis Anda. Namun, selain menggunakan Linktree Anda juga perlu membuat akun Instagram bisnis Anda menarik. Salah satu caranya adalah dengan social media management. Dengan social media management, Anda bisa membuat konten pemasaran yang beragam dan sesuai target pasar Anda.

Anda bisa menggunakan jasa konten Instagram dari DOTNEXT untuk mengelola akun Instagram bisnis Anda. Sehingga Anda bisa fokus mengurus penjualan dan mengembangkan produk. Anda bisa konsultasikan kebutuhan akun Instagram Anda kepada kami secara gratis. Klik untuk mulai konsultasi.