Membuat website sekarang ini jadi sebuah keharusan untuk sebuah pelaku bisnis, baik itu UMKM atau brand yang sudah terkenal sekalipun. Salah satu pilihan dalam membuat website adalah dengan menggunakan WordPress. Tentu saja ini tidak terlepas dari cara membuat website di WordPress yang mudah dan cepat. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membuat website dengan WordPress? Jika belum simak di artikel berikut ini!

Perbandingan WordPress dengan CMS Lainnya

Untuk Anda yang mungkin bertanya-tanya mengapa harus menggunakan WordPress, kenapa tidak menggunakan CMS lainnya. Mari kita buat perbandingan agar Anda juga bisa memahami perbedaanya.

WordPress

Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar WordPress. Hal itu tidak mengherankan karena CMS satu ini memang menjadi CMS yang populer di dunia. CMS WordPress juga cukup berbeda dari jenis lainnya. Dimana WordPress secara spesifik ditujukan untuk membuat dan mengelola blog.

WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL tergolong mudah digunakan, gratis, plus dilengkapi dengan banyak pilihan template dan plugin.

Drupal

Selain WordPress, CMS populer lainnya adalah Drupal. CMS satu ini berbasis open source, penggunaanya tidak terbatas sebatas pengelolaan konten, tapi juga dapat digunakan untuk menambah dan merubah module position.

Penggunaan Drupal cocok diaplikasikan untuk mengelola website simple dan profesional, bahasa pemrograman mudah, serta sudah memiliki database MySQL dan PostGreSQL.

Joomla 

CMS Joomla berkembang pesat dan banyak digunakan. Pemasangannya juga mudah, CMS ini hadir dengan user interface yang sederhana, memakai MySQL, bahasa pemrograman PHP yang mudah dipelajari. Sama seperti WordPress Joomla juga didukung desain dan template yang dapat Anda ubah sesuai dengan keinginan.

Secara keseluruhan, CMS yang disebutkan di atas memiliki keunggulannya masing-masing. Hanya saja, WordPress menawarkan kemudahan dibanding yang lainnya. Kemudahan itu seperti Anda bisa memodifikasi website sesuai dengan kebutuhan Anda dengan menambahkan plugin baik itu yang disediakan gratis maupun juga berbayar. 

Mengapa WordPress Begitu Populer

Worpdress hampir digunakan untuk mengembangkan website brand-brand besar di dunia. Alasan utamanya yaitu karena proses pembuatannya sangat mudah, bahkan orang yang tidak mengerti tentang bahasa pemograman juga bisa membuat website menggunakan WordPress. Selain itu, alasan lainnya menggunakan WordPress adalah berikut ini:

  1. Dengan WordPress, Anda tidak perlu membangun website dari nol
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pemilik website, modifikasi baik itu tampilan maupun fitur.
  3. Tersedia banyak tema yang bisa kita pilih sesuai dengan bisnis kita. Tidak hanya itu, ada banyak pilihan plugin sehingga menambahkan fitur juga bukan hal yang sulit, cukup install saja.
  4. Proses pengembangan tidak sulit

Cara Membuat Website di WordPress

Untuk membuat website di WordPress, pertama-tama Anda membutuhkan domain dan hosting. Hosting atau web hosting adalah tempat website Anda ditaruh. Semua file-file yang berhubungan dengan website akan disimpan di hosting. Sedangkan domain adalah alamat website Anda nantinya.Untuk dapat diakses secara luas, tentu website Anda butuh sebuah alamat.

Sedikit tips untuk Anda menentukan nama domain yang bisa jadi jalan keluar bila Anda masih kesulitan menentukan nama domain.

1.Pastikan domai berkaitan atau bisa menggambarkan topik/isi website

  1. Tidak terlalu panjang, 3 kata atau kurang
  2. Jangan mirip dengan nama website yang populer
  3. Hindari mengandung tanda strip (-)
  4. Tidak mengandung angka, kecuali brand mengandung angka

Install WordPress

Setelah Anda memiliki hosting dan domain, selanjutnya adalah menginstal WordPress. Caranya tidak sulit, biasanya hosting akan menyediakan install otomatis. Caranya Anda bisa membuka di cpanel (namadomain.com/cpanel).

Jika sudah berhasil masuk ke Cpanel, lalu cari WordPress. Cukup klik install dan isi beberapa informasi yang dibutuhkan. 

Buat User dan Database

Setelah WordPress terinstall, agar semua fungsi dapat berjalan dengan baik, Anda perlu membuat database. Caranya Anda harus kembali masuk ke Cpanel.

Buka MySQL Databases, lalu buatlah database dan user baru dengan mengisi username dan password. Jika sudah gabungkan keduanya di bagian “Add User to Database”.

Pada bagian Manage User Privilege, centang “All Privilege”

Selesaikan Instalasi WordPress

Hampir selesai, sekarang Anda coba buka alamat website Anda melalui browser. Dari sini Anda akan melihat tampilan yang mengarahkan Anda untuk menyelesaikan instalasi WordPress. 

Masukan database dan user yang tadi sudah Anda buat. Pastikan mengisi data dengan benar. Jika sudah Anda bisa mulai membangun website sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Memilih Template

Anda sudah memiliki website dengan WordPress, sekarang percantik tampilannya dengan memilih template. Anda dapat mencari template WordPress dengan masuk bagian dashboard dan klik themes, di sana tersedia banyak pilihan template baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Template ini bisa Anda sesuaikan lagi sesuai keinginan Anda, baik dari pilihan warna maupun posisi menu, teks, maupun foto.

Install PlugIn

Template website sudah selesai, maka untuk mengoptimalkan fungsi website Anda juga perlu menginstall beberapa plugin pendukung. Misalnya agar website Anda bisa SEO Friendly, cobalah install Yoast, tidak lupa Anda perlu menginstal perlindungan untuk website Anda. PlugIn di WordPress juga tersedia gratis maupun berbayar.

Cara Membuat Website di WordPress dengan Jasa Web Developer

Bila Anda merasa tidak punya waktu untuk membuat website sendiri, karena terlalu sibuk atau juga kebingungan dengan desain, dan tampilannya. Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website murah. Anda cukup pilih template yang Anda inginkan, lalu bicarakan seperti apa Anda ingin website Anda, dari mulai menu, konten, dan lainnya. Jasa pembuatan website juga prosesnya cepat, cukup tiga hari, website sudah siap.

Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.