Website sudah menjadi hal wajib bagi setiap perusahaan. Mengapa demikian? Kehadiran website menjadi pertanda bahwa perusahaan kredibel. Selain itu, keberadaan website perusahaan atau company profile bisa membantu perusahaan dalam membangun citra perusahaan. Lantas, bagaimana cara membuat website perusahaan?

Sekarang ini, membuat website perusahaan tidaklah sulit, tidak perlu pakai coding. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat website perusahaan, simak dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Website Perusahaan

Website perusahaan atau sering juga disebut website company profile adalah sebuah situs yang menampilkan profile perusahaan atau bisnis secara keseluruhan. Kehadiran situs company profile akan memudahkan stakeholder atau orang-orang untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan.

Tidak hanya memberikan informasi tentang perusahaan, website company profile juga menunjukkan kredibilitas, membuka peluang bisnis lebih lebar, sampai meningkatkan profit.

Kehadiran website perusahaan juga bisa meningkatkan brand equity. Menurut sebuah riset, 81% konsumen harus merasa percaya terlebih dulu kepada sebuah brand sebelum melakukan pembelian. Untuk itulah penting dibangun kepercayaan pelanggan, salah satunya dengan memiliki website perusahaan.

 

BACA JUGA: Membuat Website Sekolah dengan Mudah dan Cepat Menggunakan WordPress

 

Cara Membuat Website Perusahaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini cara membuat website perusahaan tidak lagi membutuhkan coding, semua orang bisa membuatnya dengan bantuan WordPress.

Namun, sebelum kita masuk ke cara membuat website company profile, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan lebih dulu, di antaranya:

Web Hosting

Layanan online untuk dipergunakan sebagai tempat untuk mempublikasikan website di internet. Nantinya, hosting akan menyimpan semua file website di sebuah server yang bisa diakses secara online.

Nama Domain

Alamat yang nantinya digunakan untuk diakses oleh pengunjung website. Nama domain ini diakhiri dengan ekstensi .com, .co.id, dan sebagainya.

Setelah Anda memiliki semua itu, mari saatnya kita masuk ke cara membuat web perusahaan.

1. Install WordPress

Karena di sini kita akan membuat website tanpa coding, kita akan menggunakan CMS WordPress. Sebenarnya bisa menggunakan CMS lainnya, tapi WordPress merupakan platform yang paling mudah.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatan website dengan CMS WordPress adalah melakukan instalasi WordPress lebih dulu. Jika kamu sudah memiliki hosting dan domain, kamu bisa sekaligus memasang WordPress secara otomatis yang tersedia di cPanel. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke cPanel website Anda dengan cara: namadomainwebsite.com/cpanel
  2. Buka Softaculous App Installer
  3. Klik tombol Install Now
  4. Pilih domain yang ingin diinstall dengan WordPress
  5. Atur detail nama sampai deskripsi website
  6. Atur username dan password
  7. Tunggu sampai proses instalasi selesai

 

2. Login Dashboard WordPress

Setelah proses instalasi selesai dan berhasil, sekarang Anda bisa login ke dashboard WordPress dengan cara mengetik namadomain.com/wp-admin. Gunakan username dan password yang Anda masukkan saat proses instalasi tadi, lalu Anda akan diarahkan ke dashboard WordPress.

 

3. Pilih Tema

Cara membuat website company profile dengan WordPress selanjutnya adalah memilih tema untuk website perusahaan. Untuk memilih tema, Anda tidak perlu bingung karena WordPress menyediakan banyak pilihan tema bahkan temanya bisa Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan website. Namun, sebelum Anda memilih tema, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa kriteria tema yang baik untuk website, seperti berikut ini:

– Responsif: Tema dapat menyesuaikan tampilan website sesuai dengan ukuran layar pengunjung baik itu di PC, mobile, atau tablet.

– SEO Friendly: Tema mendung aspe SEO website supaya mudah diindeks oleh Google.

– User Friendly: Memiliki navigasi yang jelas sehingga mudah diakses

Cara memilih tema di WordPress, sebagai berikut:

  1. Setelah masuk dashboard WordPress, pilih menu Appearance kemudian Themes yang ada di sebelah kiri dashboard.
  2. Klik tombol Add New untuk menambahkan tema
  3. Pilih tema yang Anda inginkan, bisa dengan melihat tema Populer, Latest, dan Favorite. Arau Anda juga bisa mencari tema sesuai dengan keinginan Anda dengan mencarinya di Search Themes dan mengetikan nama tema tersebut.
  4. Klik install untuk memproses instalasi tema yang Anda pilih
  5. Klik Active untuk mengaktifkan tema
  6. Selanjutnya, coba kunjungi situs Anda untuk mengecek tampilan tema

 

4. Atur Tampilan Website

Cara membuat website company profile selanjutnya adalah mengatur tampilan website. Tujuannya tentu agar website lebih nyaman dan mudah untuk diakses. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengatur tampilan situs web company profile, yaitu:

 

Skema Warna

Coba sesuaikan skema warna dengan brand perusahaan. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Warna menjadi elemen visual yang diperhatikan konsumen ketika memasuki website, dari sini mereka akan sadar dengan perusahaan Anda.

 

Menu Navigasi

Selain warna, Anda juga harus memerhatikan halaman Anda punya menu navigasi yang jelas. Menu navigasi adalah bagian link-link yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang ada di website. Biasanya, menu navigasi dalam web company profile berisi About Us, Contact, Product.

 

5. Lengkapi Informasi Perusahaan

Website company profile nantinya akan digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen, untuk itu setelah mengatur tampilan, cobalah lengkapi informasi dan identitas perusahaan. Caranya seperti berikut ini:

  1. Buka dashboard WordPress
  2. Klik menu Appearance kemudian pilih Customize
  3. Klik Site Identity, lalu lengkapi Site Title, Tagline perusahaan, dan masukkan juga Log serta Site Icon.

Selain itu, Anda juga harus melengkapi beberapa informasi berikut ini:

– Produk: Apa saja produk atau layanan yang perusahaan tawarkan, tambahkan juga penjelasan mengenai produk agar pengunjung mendapatkan tambahan informasi tentang produk.

– Visi & Misi: Cantumkan visi dan misi perusahaan untuk menonjolkan nilai perusahaan

– Unique Selling Point: Tambahkan keunggulan atau hal yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor

– Detail Perusahaan: Alamat kantor, informasi kontak mulai dari nomor telepon, alamat kantor, alamat email, media sosial, dan lainnya

 

6. Buat Halaman Website

Berikutnya adalah membuat halaman-halaman website yang diperlukan. Dalam hal ini, beberapa halaman yang wajib ada di sebuah website company profile antara lain About Us, Contact, dan Product. Cara menambahkan halaman di WordPress antara lain:

  1. Masuk ke dashboard WordPress
  2. Pilih Page, klik Add New
  3. Masukan judul dan deskripsi halaman
  4. Tambahkan gambar, dan lengkapi isi halaman

 

7. Publikasi Halaman

Jika Anda sudah melengkapi semua keperluan untuk website perusahaan Anda. Mulai dari tema, halaman, selanjutnya publish halaman website Anda.

Sudah Siap untuk Membuat Website Company Profile?

Itulah dia cara membuat web company tanpa coding dengan CMS WordPress. Website perusahaan adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis di era digital saat ini. Untuk itu ayo segera buat website perusahaan Anda dengan jasa website company profile DOTNEXT. Proses pembuatan website perusahaan dengan DOTNEXT cepat, Anda bisa mendapatkan konsultasi dengan ahli kami untuk membicarakan apa saja yang Anda butuhkan.

Segera hubungi kami!

 

jasa pembuatan website murah