Saat ini website untuk sekolah juga sangat penting, keberadaan website akan memudahkan proses belajar mengajar dan juga proses penerimaan peserta didik baru. Website juga membantu mempromosikan sekolah. Lantas, bagaimana cara membuat website sekolah gratis atau tidak repot?

Ada beberapa cara untuk membuat website sekolah, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan WordPress. Mengapa harus WordPress? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Jenis- Jenis Website Sekolah

Ada banyak sekali jenis website sekolah, berikut di antaranya:

1. Website Sekolah atau Perguruan Tinggi

Website ini memberikan informasi lengkap mengenai profile sekolah atau perguruan tinggu, siswa, guru, fasilitas, dan keunggulan-keunggulan yang mereka miliki.

2. Portal Sekolah Online

Sebuah protal yang diperuntukan sekolah untuk membagikan materi pembelajaran, kelas omline, dan tutorial untuk para siswa.

3. Situs Website Keanggotaan untuk Sekolah

Situs ini digunakan untuk proses daftar ulang, melihat informasi nilai, menyerahkan tugas, atau juga memantau siswa.

Bagian Penting dalam Pembuatan Website Sekolah

Saat Anda ingin membuat website sekolah, ada beberapa bagaian yang harus Anda pastikan ada di halaman website, seperti berikut ini.

1. Home Page

Halaman home page menjadi halaman depan sebuah website, di mana halaman ini berfungsi sebagai halaman rangkuman dari keseluruhan halaman website. Di halaman ini Anda juga bisa meletakkan informasi atau pengumuman penting.

2. About Us

Anda perlu menyediakan satu halaman yang berisikan informasi lengkap mengenai institusi pendidikan Anda, mulai dari latar belakang sejarah, visi misi, profile guru, hingga struktur organisasi.

3. Informasi Jurusan atau Kelas

Halaman ini dikhususkan untuk memberikan informasi apa saja jurusan yang tersedia atau kelas apa yang tersedia. Dalam halaman ini, Anda bisa menerangkan secara lengkap mengenai fasilitas, materi pembelajaran, dan hal lainnya yang berkaitan dengan jurusan yang ada.

4. Halaman Registrasi

Tentu Anda ingin memiliki website yang memudahkan proses penerimaan peserta didik, bukan? Anda bisa membuat halaman khusus untuk registrasi. Buat form sedetail mungkin, apa saja yang harus diisi dan diunggah oleh para calon pendaftar.

5. Contact Form

Masukkan juga halaman yang memungkinkan pengunjung situs untuk mengontak Anda, mulai dari alamat sekolah, email, nomor telepon.

Mengapa Menggunakan WordPress untuk Website Sekolah?

Dari sekian banyak, mengapa harus WordPress? Jawabannya adalah karena WordPress adalah salah satu CMS yang mudah dan menjadi primadona di kalangan webmaster. Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya, antara lain:

  • Biaya pembuatan website dengan WordPress relatif tidak terlalu mahal.
  • Anda tidak perlu menjadi seorang profesional untuk bisa mengelola website.
  • Proses pembuatan tidak memakan waktu lama.

Cara Membuat Website Sekolah

Setelah Anda mengetahui apa saja halaman yang harus ada dalam website sekolah, mari saatnya kita membuat website tersebut.

1. Siapkan Domain

Langkah pertama, Anda harus menyiapkan domain sebagai alamat website Anda. Di sini, ada berbagai ekstensi domain yang bisa Anda gunakan seperti .org, .net, .com, .co.id, atau .sch.id. Ekstensi sendiri menjadi isyarat bahwa domain dimiliki oleh instansi tertentu, maka untuk pendidikan akan lebih baik menggunakan ekstensi .sch.id yang menandakan institusi pendidikan.

Perlu Anda ketahui, untuk mendaftarkan domain berekstensi .sch.id, Anda memerlukan beberapa syarat antara lain:

  1. Scan KTP penanggung jawab
  2. Scan surat permohonan dari kepala sekolah
  3. Scan surat kuasa kepala sekolah kepada penanggung jawab untuk mendaftar domain.

2. Web Hosting

Setelah Anda memiliki domain, selanjutnya Anda juga perlu memiliki hosting. Tanpa hosting, semua data-data website tidak bisa tersimpan. Melalui hosting juga, situs Anda akan ditampilkan kepada para pengguna internet.

3. SSL Certificate

Mengapa butuh SSL Certificate? Ini sangat penting demi keamanan website sekolah Anda. Apa lagi website tersebut digunakan untuk merepresentasikan institusi pendidikan. Google sendiri akan menandakan website yang menggunakan SSL Certificate dengan tanda gembok yang artinya aman, jika tidak ada SSL maka Google akan memberikan tanda Not Secure atau tidak aman. Tentunya bila website sekolah tidak ada SSL maka kredibilitasnya akan dipertanyakan.

4. WordPress

Cara membuat website selanjutnya adalah dengan menginstal dan mengelola platform WordPress. Biasanya, pada hosting Anda akan menawarkan apakah Anda ingin sekaligus diinstall WordPress apa tidak. Atau Anda juga bisa menginstall sendiri secara otomatis.

Cara Membuat Website Sekolah dengan Jasa Pembuatan Website

Jika Anda bertanya, apakah ada cara yang lebih praktis untuk membuat website sekolah? Tentu ada, jawabannya adalah dengan jasa pembuatan website. Dengan jasa pembuatan website, Anda tidak perlu sibuk menyiapkan ini itu, cukup bicarakan saja seperti apa kebutuhan website sekolah dan seperti apa desain yang Anda inginkan.

Kemudian jasa pembuatan website akan memberikan masukan dan mengeksekusi website. Bagaimana dengan harganya, apakah mahal? Untuk harga, jika Anda memercayakannya kepada DOTNEXT, Anda tidak perlu khawatir masalah harga, karena mulai dari 3 juta rupiah, Anda sudah bisa membuat website sekolah yang keren. Tidak percaya? Ayo secara gratis!