Categories: website development

Cara Membuat Website untuk Pemula dengan Mudah

Tidak bisa kita bantah lagi, website adalah salah satu unsur penting untuk membantu pemasaran digital bisnis. Dahulu, punya website terkesan sesuatu hal yang mewah, tapi hari ini semua orang bisa mengembangkan websitenya sendiri. Cara membuat website juga kian mudah, pemula juga sudah bisa mengembangkan websitenya sendiri. 

Cara Membuat Website

Bagi sebagian orang, terutama pemula pasti merasa membuat website adalah hal yang sulit. Tapi dengan semakin berkembangnya internet dan penyedia layanan pembuatan website, tugas membuat website bukan lagi perkara sulit.

Siapa pun sekarang bisa membuat website. Tanpa harus belajar atau mendalami bahasa pemrograman. Nah, jika Anda mulai ingin mengembangkan website untuk bisnis Anda. Kami akan berikan cara membuat website untuk pemula yang bisa Anda coba praktikan.

Penasaran? Coba ikuti langkah-langkahnya.

Baca juga: Contoh Website Company Profile Terbaik

1. Memilih Platform Website

Langkah pertama dari cara membuat website adalah Anda harus menentukan platformnya terlebih dahulu. Platform ini akan menentukan bagaimana Anda membangun website yang menarik dan user friendly. 

Tidak hanya itu, platform juga akan membuat proses pembuatan website lebih mudah.

Saat ini, untuk membuat sebuah website, Anda bisa memilih platform CMS (Content Management System) yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Berbeda dengan dahulu, di mana untuk membuat sebuah website Anda harus memiliki kemampuan desain dan juga mengerti bahasa pemrograman. 

Hal ini karena pada waktu itu, sebagian besar website dibangun dengan kode HTML, CSS dan flash, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuat website. 

Nah, kehadiran CMS mengubah segalanya, pemula juga bisa membuat website. Dan sampai hari ini, platform pembuatan website dengan CMS juga semakin berkembang. Namun yang paling populer adalah WordPress. Statistik mencatat 30% website di seluruh dunia dibangun dengan WordPress.

Mengapa WordPress bisa sangat populer?

  • Gratis
  • Punya komunitas yang besar
  • Memberikan website yang tampil optimal dan responsif di semua perangkat.

Jika Ada mungkin masih kebingungan untuk memilih platform, kami sarankan untuk membuat website menggunakan WordPress. 

2. Memilih Hosting

Cara membuat website yang kedua adalah memilih hosting. Hosting ini penting, tanpa hosting website Anda tidak bisa diakses oleh banyak orang.

Pastikan Anda tahu ciri-ciri hosting terbaik, setidaknya hosting terbaik memiliki 3 hal, seperti:

  1. Kecepatannya tinggi.
  2. Loadnya baik
  3. Dapat diakses 24/7.

Hosting sendiri adalah sebuah server untuk menyimpan data-data website secara online. Jadi tanpa hosting, website Anda tidak bisa diakses di internet. Saat ini, ada banyak pilihan hosting, tapi Anda jangan sampai hanya memikirkan harga murah saja. Coba pilih hosting dengan mempertimbangkan ketiga hal di atas.

3. Memilih Domain

Setelah Anda memilih hosting, selanjutnya adalah memilih nama domain. Domain ini akan menjadi nama website Anda. Sebuah nama alamat yang akan orang cari untuk bisa mengakses website Anda. 

Sedikit tips untuk memilih nama hosting, pastikan nama tersebut sesuai brand Anda, menarik dan mudah diingat. Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang Domain Generator untuk membantu Anda memilih domain yang tersedia.

4. Instalasi dan Pengaturan Website

Nah, setelah Anda memiliki domain dan hosting. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah langkah di mana Anda membuat website. Langsung saja Anda instal dan atur website Anda.

1. Instal Sertifikat SSL

Sebelum Anda menginstal aplikasi di website, pertama Anda perlu menginstal sertifikat Secure Socket Layer (SSL). SSL ini berguna untuk mengamankan website Anda. Setiap aplikasi yang diinstal di website, akan dipindai oleh SSL. 

Jadi ini akan memastikan bahwa website Anda aman dari virus atau hal lainnya yang bisa merugikan user.

2. Instal WordPress

Setelah Anda berhasil menginstal SSL, selanjutnya adalah menginstal WordPress di halaman cPanel website. Anda bisa memilih dua cara untuk menginstal WordPress, yaitu cara otomatis dan cara manual. Agar lebih mudah, Anda bisa memilih cara otomatis di cPanel hosting.

3. Pengaturan Website

Anda sudah berhasil menginstall WordPress, Anda akan masuk ke tahap selanjutnya dalam cara membuat website. Langsung login dengan cara membuka http;//namadomainanda.com/wp-admin Nah, Anda sudah masuk di bagian dashboard website Anda. 

Di sana Anda bisa mengatur tampilan website, yaitu desain dan nama situs. 

  • Appearance: Menu ini berisikan tema, widget, pengaturan peletakan menu, editor tema, dan pengaturan lainnya mengenai desain.
  • Page: Jika Anda sudah selesai dengan tampilan website, sekarang saatnya untuk membuat halaman dengan menggunakan menu Page.
  • Post: Setiap halaman di website Anda tentu harus diisi dengan sebuah konten. Jangan lupa untuk membuat beberapa konten.

Agar tingkat website Anda bagus di Google, Anda bisa menggunakan ketentuan SEO. Jika Anda mungkin sedikit kesulitan untuk melakukan penerapan SEO di website Anda, percayakan saja pada Digital Marketing Jakarta.

  • Plugin: Jika Anda mungkin baru pertama kali mendengarnya, plugin adalah skrip dan kode yang ditulis untuk melakukan fungsi spesifik di website.

Baca juga: Cara Install Plugin WordPress

Ada beberapa plugin yang bisa Anda instal agar tampilan website Anda berjalan optimal.

  1. Litespeed Cache ini untuk manajemen caching yang advice untuk website dengan CMS WordPress sehingga website Anda menjadi cepat.
  2. Yoast SEO, berisi analisis kata kunci, struktur artikel yang membantu Anda mengetahui apakah artikel yang Anda tulis sudah memenuhi standar SEO.
  3. Jetpack, plugin satu ini bisa membantu Anda untuk mengetahui performa dari website.
  4. Akismet, yang satu ini sangat membantu Anda untuk menghapus komentar-komentar spam.

5. Launching Website

Nah, setelah Anda mengikuti cara pembuatan website di atas, sekarang website Anda sudah siap untuk di launchingJangan lupa untuk selalu maintenance website Anda ya.

Saat ini juga sudah tidak sulit untuk menemukan jasa pembuatan website company profile. Jasa pembuatan website dapat Anda percayai untuk mengembangkan website company profile mulai dari pemilihan hosting, nama domain, install ssl dll.

 

DOTNEXT DIGITAL