Cara Memulai Digital Marketing

Digital marketing sangat mudah diakses oleh semua kalangan dan pelaku bisnis, berapapun anggaran yang Anda punya untuk digital marketing. Anda masih bisa menjalankannya sekalipun bisnis Anda adalah bisnis kecil dan rintisan, digital marketing bisa bekerja dengan baik. Jika Anda masih belum mengetahui cara memulai digital marketing untuk bisnis Anda, mari simak di bawah ini!

Cara Memulai Digital Marketing

Banyak pelaku bisnis yang baru menyadari bahwa mereka perlu mengadopsi digital marketing untuk mampu menjangkau target pasar. Bukan tanpa alasan, hari ini cara masyarakat untuk mendapatkan produk dan mencari produk sudah mengalami perubahan, keputusan pembelian juga demikian.

Jika dahulu, konsumen dianggap pasif dan harus selalu dibombardir oleh iklan-iklan yang bersifat hard sell namun hari ini tidak demikian, konsumen sudah lebih aktif dan sudah bisa membedakan mana yang jelas-jelas iklan atau bukan.

Hadirnya digital marketing menjawab perubahan perlakukan konsumen tersebut. 

Lalu, apakah sudah terlambat bagi para pelaku bisnis yang belum menggunakan digital marketing untuk memulai digital marketing? Jawabannya tidak, tidak ada kata terlambat untuk memulai digital marketing. Berikut ini cara memulai digital marketing untuk bisnis Anda:

1. Definisikan dan tentukan profil target

Cara memulai digital marketing yang pertama dan bisa dikatakan langkah penting untuk menentukan keberlangsungan seluruh kegiatan Anda adalah mengetahui secara pasti siapa sebenarnya yang menjadi target pasar untuk produk atau jasa dari bisnis Anda.

Mulailah kenali siapa target Anda dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Kelompok usia
  • Pekerjaan
  • Pendapatan
  • Lokasi
  • Kebiasaan
  • Solusi yang mereka butuhkan dari bisnis Anda
  • Saluran media sosial favorit mereka

Dengan mengetahui dengan jelas target pasar Anda, Anda dapat fokus pada saluran pemasaran yang cenderung memberikan hasil untuk bisnis Anda. Hasil yang akan didapt juga jadi lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan apa output dan yang ingin Anda capai

Dari rangkaian kegiatan digital marketing yang ingin dijalankan nantinya, sangat penting untuk menentukan output dan apa yang ingin dicapai. Outputnya pun beragam, apakah itu meningkatkan penjualan, mengenalkan merek, menambah pengunjung website, mendapatkan prospek pelanggan baru, memperluas target pasar dan lain sebagainya.

Sebelum memulai digital marketing, output ini lah yang terlebih dahulu harus sudah didefinisikan dengan jelas dan terperinci. Jangan sampai Anda memulai digital marketing tapi tidak tahu apa yang sebenarnya ingin Anda capai untuk kesuksesan bisnis Anda.

3. Pilih channel yang paling sesuai untuk bisnis Anda

Jika Anda telah melakukan cara memulai digital marketing pertama dan kedua, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih channel digital marketing yang paling sesuai untuk dijalankan bisnis Anda. Tentu tiap bisnis memerlukan perlakukan yang berbeda, jadi pastikan lagi Anda sudah benar-benar mengetahui siapa yang jadi target pasar dan apa output yang ingin dicapai.

Ada beberapa channel yang bisa Anda gunakan untuk digital marketing, mulai dari SEO (Search Engine Optimization), Paid ads (iklan berbayar seperti Google Ads, FB ads), social media marketing, email marketing, video marketing, content marketing, dan tentu ada banyak lainnya.

Jadi misalnya Anda sudah mengetahui bahwa target pasar Anda adalah orang dengan rentang usia 17-24 tahun maka social media marketing bisa menjadi channel digital yang tepat untuk digunakan. Pilihan channel yang tepat akan menentukan keberhasilan dan efektivitas pesan yang disampaikan. Jadi tentukanlah dengan bijak.

4.Ekseskusi strategi digital marketing

Seperti kegiatan pemasaran lainnya, digital marketing juga perlu dilakukan dengan disiplin, serta mengevaluasi kinerjanya secara berkala, maka Anda dapat menetapkan beberapa alternatif strategi untuk meningkatkan performa dari digital marketing.

Beberapa strategi yang bisa Anda mulai seperti:

1. Membangun website pribadi

Memang saat ini kehadiran berbagai situs e-commerce membuat banyak perusahaan berpikir bahwa mempunya website pribadi bukan lah sebuah keharusan. Anggapan ini bisa dikatakan keliru karena mempunyai website pribadi tetaplah penting. Website pribadi bisa Anda jadikan sebagai branding untuk bisnis Anda. Selain itu, website juga menjadi tempat yang ideal untuk portofolio perusahaan Anda. Tidak hanya menjadi tempat untuk toko online Anda, website juga memungkinkan Anda untuk berbagi konten blog yang dicari dan dibutuhkan oleh target pasar Anda.

2. Optimalkan konten Anda untuk mesin pencari

Setelah Anda mempunyai website, strategi yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengoptimalkannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tujuannya tentu agar situs web Anda muncul saat orang mencari solusi yang Anda tawarkan, dan Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

Meneliti kata kunci yang populer adalah langkah awal untuk melakukan SEO. Dan selanjutnya akan Anda sajikan dalam bentuk blog artikel di website Anda.

3. Membuat media sosial

Saat ini, media sosial seperti channel wajib untuk melakukan pemasaran. Saat ini ada beberapa media sosial yang bisa Anda pilih mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. 

Anda tidak harus membuat semua akun di media sosial tersebut, pilihlah yang paling sesuai dalam menjangkau target pasar Anda. 

4. Gunakan Ads

Menggunakan ads bisa membantu performa dari strategi digital marketing Anda. Ada beberapa ads yang bisa Anda pilih mulai dari SEM atau Search Engine Marketing di mana Anda mengiklankan website Anda, biasanya dengan GoogleAds. Atau melalui media sosial juga bisa menjadi pilihan Instagram Ads, Facebook Ads. Beriklan di digital marketing berbeda dengan pemasaran konvensional, di mana kita bisa menargetkan kepada siapa kita beriklan, dan berapa anggaran yang ingin dikeluarkan.

5. Sempurnakan layanan pelanggan Anda

Di masa lalu, atau untuk bisnis offline, Anda mungkin tidak akan mengategorikan layanan pelanggan sebagai bagian dari pemasaran Anda. Namun di dunia digital marketing, hal ini punya peranan penting. 

Ketika memasuki ranah online penyebaran berita begitu cepat dan tidak bisa Anda bendung. Jika Anda memberlakukan layanan yang buruk terhadap pelanggan hari ini, besok Anda sudah melihat hal ini menjadi pembicaraan yang ramai di jagat maya. 

Oleh sebab itu, cara memulai digital marketing yang tidak boleh Anda lupakan adalah layanan pelanggan. Layanan pelanggan juga membantu Anda menciptakan reputasi. 

Walau Anda telah mengeksekusi strategi digital marketing dengan sangat baik, tapi reputasi dari layanan pelanggan Anda buruk, target pasar Anda akan menarik diri mereka untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Karena layanan pelanggan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda.

Cara Memulai Digital Marketing dengan Efektif dan Efesien?

Cara memulai digital marketing yang bisa Anda coba adalah memercayakannya kepada digital marketing agensi seperti Dotnext Digital. Di Dotnext Digital, kami mempunyai tim yang handal dengan kreativitas tinggi yang siap membangun strategi digital marketing yang tepat untuk Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan laporan bagaimana setiap strategi berjalan setiap bulannya.

Ini akan memudahkan Anda untuk tetap fokus pada penjualan sementara kami yang akan menangani kegiatan digital marketing Anda.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Memasang Facebook Ads, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Belakangan ini, banyak sekali pelaku bisnis yang tertarik untuk memasang iklan di Facebook. Ya, Facebook…

2 months ago

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 months ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

2 months ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

2 months ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

3 months ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

3 months ago