Banyak yang bertanya apakah video Reels instagram dapat disembunyikan atau diarsipkan? Teryata jawabannya adalah bisa, yang Anda butuhkan adalah mengetahui bagaimana cara mengarsipkan reels Instagram.

Fitur reels sendiri salah satu fitur anyar Instagram. Dengan fitur ini, pengguna dapat memposting video layaknya di TikTok. Kunci konten reels snediri adalah konten yang menyenangkan dan menghibur.

Apa itu Reels Instagram

Reels merupakan sebuah fitur dimana Anda dapat mengunggah video secara vertikal dengan backsound suara di Instagram.

Durasi dari Reels ini bisa lebih lama dibandingkan dengan Instagram story, hal ini cocok untuk Anda yang lebih menyukai mengedit video dibandingkan dengan mengedit foto. Anda dapat membagikan berbagai hal menarik melalui fitur Reels ini. 

BACA JUGA: Membuat Reels Viral, Begini Caranya!

Cara Menghapus Reels dari Profil Instagram

Terkadang, Anda diharuskan menghapus apa yang sudah Anda unggah sebelumnya, hal ini termasuk juga Reels. Bila Anda ingin menghapus Reels namun Anda tidak mengetahui cara untuk menghapusnya, berikut adalah cara untuk menghapus Reels pada profil Instagram.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda. 
  2. Lalu klik menu profile pada bagian bawah dashboard
  3. Kemudian pilih tab Reels yang Anda akan hapus 
  4. Cari dan pilih video Reels yang ingin Anda hapus 
  5. Kemudian klik tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas
  6. Klik menu delete atau hapus untuk menghapus video Reels 

Kini Reels yang dihapus tidak muncul kembali di profil Anda. 

Apakah Ada Cara Mengarsip Reels Instagram?

Banyak dari pengguna Instagram yang mencari cara mengarsipkan reels Instagram. Namun sayangnya, meskipun Anda sudah melakukan update aplikasi Instagram ke versi terbaru, untuk saat ini Instagram belum mengembangkan fitur arsip untuk reels.

Konten yang bisa diarsipkan  sejauh ini baru feed dan stories. Walau begitu, tenang saja, karena jika Anda berniat untuk membatalkan konten reels yang sudah Anda hapus, Anda masih melihat konten reels yang tadi Anda hapus untuk menguploadnya ulang.

Cara Melihat Arsip Reels yang Sudah di Hapus

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bahwa kita tidak bisa mengarsipkan reels secara langsung, konten reels yang kita hapus masih bisa kita lihat. Hal ini karena pada Instagram terbaru sudah dilengkapi dengan fitur ini. Berikut ini cara lengkapnya untuk Anda.

  1. Buka aplikasi Instagram Anda.
  2. Klik menu profile Instagram.
  3. Klik tombol tiga garis di bagian pojok kanan atas.
  4. Pilih menu your activity.
  5. Pilih opsi Recently Deleted.
  6. Cek tab Reels dan cari mana video reels yang sudah Anda hapus.

Perlu diingat bahwa Anda hanya bisa mengakses reels yang sudah dihapus selama 30 hari saja sebelum dihapus untuk selamanya oleh Instagram.

Cara Menampilkan Kembali Reels di Instagram

Anda dapat menampilkan kembali video Anda yang sudah di hapus dengan cara cek recently deleted seperti sebelumnya yang sudah ditunjukkan. 

Jika Anda perlu menampilkan lalu menghilangkan dan menampilkan kembali reels, dapat menghapus dan merestore reels sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakannya. Jika Anda perlu untuk menampilkan lalu menghilangkan dan menampilkan kembali reels, Anda bisa menghapus dan merestore reels sesuai kebutuhan.

Sebab Instagram bisa saja mendeteksi kegiatan tidak wajar di akun Anda dan melakukan banned terhadap akun Anda.Itu dia penjelasan tentang menu arsip reels yang ada di Instagram.

Untuk mengakali absennya fitur arsip reels, Anda bisa menggunakan tutorial yang sudah dibagikan diatas. Selamat mencoba.

Cara mengarsipkan reels Instagram mungkin dibutuhkan bila Anda tidak benar-benar yakin jika konten yang Anda bagikan tidak menarik. Namun tentu Anda tidak membutuhkan hal seperti itu jika sudah yakin bahwa konten yang Anda bagikan menarik, Anda tidak butuh hal itu.

Untuk membuat konten yang menarik, Anda perlu mengenal tren yang sedang berkembang di reels. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa konten Instagram untuk menyusun strategi yang tepat dalam membuat konten reels.

Apa lagi untuk Anda yang menggunakan Instagram untuk bisnis, menggunakan jasa konten Instagram seperti DOTNEXT akan sangat membantu Anda untuk meraih kesuksesan digital marketing. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis!