Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu Google Analytics, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Google Analytics yang bermanfaat untuk optimasi website Anda. Mari disimak, ya!

Mengapa Harus Menggunakan Google Analytics

Pada dasarnya Google Analytics membantu kita untuk menganalisis traffic website yang Anda miliki. Data dan statistik yang didapatkan ini sangat penting jika Anda memanfaatkan website untuk bisnis. Karena data ini dapat menentukan strategi marketing selanjutnya untuk bekerja lebih baik. 

Google Analytics menyediakan insight yang menunjukan bagaimana performa dari website Anda, berapa banyak pengunjung, konten mana yang paling banyak dikunjungi, dan data penting lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Analytics:

  1. Bisa mengecek pengunjung situs
  2. Mengecek berapa pengunjung situs Anda dalam hari, bulan, tahun dan bahkan secara real-time.
  3. Mendapatkan informasi mengenai demografi pengunjung
  4. Selain bisa mengecek data pengunjung situs, Anda juga bisa mengecek detail Audience Anda, mulai dari Umur, Jenis Kelamin, Minat hingga Lokasi Audience
  5. Mengetahui dari mana pengunjung situs Anda berasal dan situs apa yang mengirimkan traffic ke website Anda
  6. Mengecek halaman apa yang paling sering dibuka oleh pengunjung situs

Cara Mendaftar Akun Google Analytics

Sebelum kita bahas mengenai cara menggunakan Google Analytics, pertama ada hal-hal yang harus Anda persiapkan. Seperti sebuah website yang masih aktif. Website ini bisa toko online,blog, company profile, news portal, dan website lainnya. Kedua, Anda juga harus mempersiapkan akun Google Analytics. Namun bila Anda belum memiliki akun ini, jangan khawatir, membuatnya tidaklah sulit, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka laman Google Analytics kemudian pilih “sign in to Analytics”
  2. Di halaman login, masukan alamat gmail Anda kemudian klik “next”
  3. Masukan password dan klik “sign in”
  4. Klik “sign up” untuk proses membuat akun Analytics
  5. Masukkan informasi-informasi seperti “nama akun”, “nama website”, “URL website”, “Kategori industri”, dan “zona waktu”
  6. Klik centang semua “data sharing setting” yang direkomendasikan oleh Google
  7. Klik “Get Tracking ID” dan klik “I Accept” pada laman syarat dan layanan

Setelah itu, Anda akan mendapatkan tracking code Google Analytics berbentuk JavaScript, Anda bisa paste ke dalam HTML Website Anda.

Cara Menggunakan Google Analytics

Cara menggunakan Google Analytics yaitu pertama setelah memiliki Google Analytics dan tracking code adalah memasangnya di website Anda. Kami akan mencontohkan untuk Anda yang membuat website menggunakan WordPress. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk cara menggunakan Google Analytics di WordPress.

Untuk menambahkan tracking code ada beberapa cara, Anda bisa pilih cara mana yang menurut Anda mudah.

Cara menambahkan tracking code Google Analytics ke file header.php

Pertama login ke WordPress Administrator, lalu di bagian dashboard, klik Appearance lalu Editor. Buka header.php dan mulai edit. Masukkan tracking code yang Anda miliki pada tag terakhir, kemudian klik “update file”.

Sedikit catatan untuk Anda, pastikan tetap menambahkan kode ini ketika Anda mengubah tema website.

Menambahkan tracking code ke functions.php

Cara kedua, Anda bisa menambahkan pada bagian functions.php. Caranya tidak jauh berbeda dari cara menambahkan header.php. Pertama Anda login ke WordPress Administrator, klik Appearance lalu Editor. Buka functions.php dan mulai edit. Salin kode tersebut ke bagian bawah file functions.php pada tag sebelum tag terakhir pada HTML website. Simpan dengan klik “update file”.

Menggunakan Plugin

Cara ini bisa dikatakan jadi cara yang termudah dan lebih banyak dipilih. Anda dapat menggunakan plugin gratis dari WordPress. Berikut ini caranya.

Login ke WordPress Administrator, pada dashboard klik plugin, cari dan install plugin Google Analytics Dashboard for WP (GADWP). Setelah plugin aktif, klik “Google Analytics” dan klik tombol “Authorize Plugin”

Klik dapatkan kode akses dan pilih Google yang digunakan untuk akses Google Analytics, klik izinkan dan salin kode yang diberikan. Tempel kode ke dashboard Google Analytics dan simpan kode akses.

Membuat Goals pada Google Analytics

Salah satu yang sangat penting pada Google Analytics adalah Anda bisa menentukan goal. Opsi ini bisa dikatakan sangat penting karena dapat mengirimkan informasi ke Google Analytics ketika ada pengunjung ke website Anda, berinteraksi dengan masuk ke form contact atau lainnya. Fitur ini ada pada dashboard Google Analytics.

Untuk membuatnya coba cara berikut ini.

Klik link Admin pada bagian atas Google Analytics kemudian klik “Goals” pilih New Goals, lalu pilih opsi “custom” kemudian klik “next step”. Di sini Anda dapat rename goal baru. Klik “destination” kemudian klik “next step”. Pada bagian URL thank you page, ubah “drop-down” menjadi “begin with”. Klik “creat goal” untuk menyelesaikan pengaturan ini.

Data dari laporan Google Analytics sangat penting dimiliki oleh Anda yang menjalankan bisnis secara online. Apalagi saat ini keberadaan website sangat diperlukan agar bisa memasarkan produk secara luas. Customer juga bisa mengenal bisnis Anda lebih jauh sehingga mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda.

Dengan bantuan Google Analytics Anda juga dapat memetakan seperti apa target pasar Anda, melalui report demografi yang detail, menyeluruh, dan akurat mengenai history visitor website Anda. Anda juga dapat memanfaatkan report Google Analytics untuk menjalankan iklan di Google Ads.

Salah satu yang mendukung website mendapatkan banyak pengunjung adalah tampilannya yang mobile friendly dan sudah SEO. Apakah website Anda sudah memiliki semua itu? Jika belum, jasa pembuatan website DOTNEXT bisa membantu Anda, dengan harga 3 jutaan saja, Anda sudah memiliki webiste mobile friendly dan SEO basic, mau? Hubungi kami di sini!