Cara Menggunakan Google Search Console – Bagi Anda yang sering mengelola website, tentunya tidak asing lagi dengan tools Google yang satu ini yaitu Google Search Console.Search Console merupakan tools gratis yang disediakan Google yang berfungsi untuk memonitor performa organik dari website.

Tentunya tools tersebut akan memudahkan para pengelola atau pemilik suatu website untuk melihat bagaimana performa dari website. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai Google Search Console, maka artikel berikut ini sangat tepat untuk Anda.

Berikut ini adalah ulasan untuk Anda mengenai Google Search Console, mulai dari pengertian sampai cara menggunakannya

 

Apa Itu Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah tools gratis untuk para pemilik website yang berfungsi untuk mengidentifikasi bagaimana kinerja website di ranah organik. Google Search Console yang dulunya dikenal sebagai Google Webmaster, memungkinkan Anda untuk mengetahui referring domain atau domain yang memberi link ke website Anda.

Selain itu Google Search Console juga dapat mengetahui bagaimana kinerja website di perangkat mobile, hingga melakukan analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

 

Manfaat Google Search Console

Dengan menggunakan Google Search Console, Anda tidak hanya bisa melihat performa dari website di ranah organic saja, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat jika menggunakan tools tersebut. Di antaranya adalah:

 

1. Dapat Mengetahui Datangnya Audiens

Manfaat yang pertama dari tools yang ini adalah, memungkinkan Anda untuk mengetahui dari mana datangnya audiens dari website Anda. Tentunya, fitur tersebut sangat membantu Anda untuk memahami prospek demografi dari audiens, sehingga Anda bisa menjangkau target market yang tepat.

 

2. Membantu Anda Menemukan Keyword

Audiens menemukan website Anda tentunya dengan beragam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan keyword yang banyak digunakan audien untuk menemukan website Anda.

 

3. Mengidentifikasi Perangkat yang Digunakan Audiens

Tools ini dapat membantu Anda untuk mengetahui bagaimana audiens berinteraksi dengan suatu website, apakah kebanyakan dari mereka menggunakan perangkat mobile atau perangkat desktop.

 

4. Mengidentifikasi Halaman Populer

Setiap website, tentunya memiliki halaman popular dibandingkan halaman lainnya. Google Search Console dapat membantu Anda untuk mengetahui halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung.

 

5. Dapat Mengecek Kompabilitas Pada Perangkat Mobile

Walaupun Anda bisa mengecek dengan sendirinya, apakah website Anda sudah bisa diakses di perangkat mobile, tapi cara tersebut sebenarnya kurang akurat. Anda bisa memanfaatkan Google Search Console untuk mengetahui hal tersebut.

Dengan menggunakan fitur Mobile Usability, tentunya akan membantu Anda untuk mengecek kompabilitas website pada perangkat mobile.

 

6. Dapat Memeriksa Broken Link

Dengan mengecek broken link, Anda bisa memperbaiki kualitas pengalaian audiens pada website Anda. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki link yang sudah rusak, sehingga audiens tidak akan diarahkan ke halaman yang salah.

 

7. Mencari Tahu Backlink ke Website Anda

Salah satu faktor penting untuk menentukan ranking pada website adalah backlink. Fitur dari Google Search Console ini dapat membantu mengidentifikasi situs website yang memberikan backlink ke website Anda.

Tools ini juga memberikan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink.

 

8. Mengidentifikasi Keamanan Website

Isu Keamanan pada website tentunya harus diperhatikan, agar website tersebut aman dari serangan hack, pencurian data-data, atau masalah lainnya. Dengan adanya Google Search Console ini, dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi, kemudian memberi peringatan.

Dengan begitu, Anda bisa langsung memperbaiki masalah tersebut segera mungkin, untuk menghindari permasalahan lainnya.

 

9. Submit Sitemap

Sitemap memiliki fungsi untuk membantu Google melakukan crawl pada website, Sehingga Google bisa mengidentifikasi situs website Anda lebih cepat.

 

Baca Juga: Google Analytics 360. Kenali Pengertian dan Lainnya Di Sini!

 

Cara Menggunakan Google Search Console

Setelah Anda mengetahui pengertian dan manfaat dari Google Search Console, pastinya Anda ingin menggunakan tools yang satu ini. Jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya, Anda bisa mengikuti tahapan di bawah ini:

1. Kenali Istilah yang Ada

Untuk menggunakan tools ini, tahapan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui istilahnya terlebih dahulu. Ada beberapa istilah-istilah penting dalam Google Search Console seperti Impression, Click, Click Through Rate (CTR) dan lainnya.

 

2. Tentukan Negara Target

Jika website yang Anda miliki menargetkan negara tertentu, maka Anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Cara pengaturannya adalah klik “Search Traffic” kemudian “International Targeting” lalu pilih opsi “Country”

 

3. Mendaftarkan XML Sitemap

Dengan menambahkan XML Sitemap, maka akan website Anda akan dengan mudah dicrawl oleh Google. Cara menambahkannya adalah, Anda pergi ke menu dashboard, kemudian pilih opsi sitemap yang ada di bagian kiri, selanjutnya paste XML sitemap yang sudah Anda buat, dan klik tombol submit.

 

4. Hubungkan Google Search Console dengan Google Analytics

Anda bisa kunjungi Google Analytics, kemudian klik menu “Admin” yang berada di bagian kiri bawah pada dashboard. Kemudian pilih “Property Setting” lalu klik “Adjust Search Console”, dan pilih website yang ingin Anda hubungkan, kemudian klik “Save”

5. Memperbaiki Permasalahan Search Indexing

Masalah dari search indexing tentunya bisa mempengaruhi peringkat website Anda. Maka dari itu Anda bisa memperbaiki permasalahan tersebut di menu “coverage” lalu klik opsi “Index” dan Anda sudah bisa mengetahui permasalahan dari search indexing.

 

6. Mengumpulkan Kata Kunci Potensial

Untuk mengetahui kata kunci potensial pada website yang Anda miliki adalah dengan cara mengeklik “Performance” kemudian Anda akan melihat beberapa keyword yang sering digunakan audiens.

7. Mengoptimasi Keyword

Anda bisa mengetahui kata kunci apa saja yang memiliki potensial dan tentunya keyword tersebut harus dioptimasi. Caranya adalah Anda bisa mengklik “Performance” kemudian klik ikon pilih filter, dan kemudian tekan “Position” Selanjutnya pilihlah keyword dengan averagenya lebih dari 7, dan kemudian tekan “Done”

 

8. Mengevaluasi Konten

Anda bisa melihat performa website Anda untuk mengevaluasi apakah konten yang Anda jalankan efektif atau tidak. Untuk caranya Anda bisa melakukan tahapan berikut ini

 

  • Klik Tab performance
  • Lalu klik pages, kemudian pilih halaman website yang ingin Anda lihat
  • Lalu tekan “Queries”
  • Selanjutnya akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression di halaman tersebut

 

9. Mencari Sumber Backlink

Anda bisa mengeklik menu “Link” kemudian Anda akan melihat website mana saja yang memberikan backlink kepada website Anda.

 

10. Meningkatkan Internal Link

Untuk mengetahui halaman mana saja yang ditautkan ke halaman yang lainnya Anda bis amengeklik “Link” kemudian tekan “Internal Link” kemudian Anda akan mendapatkan laporan mengenai mana saja yang memiliki banyak internal link, sampai dengan halaman yang belum memiliki internal link.

 

11. Meningkatkan Kinerja di Perangkat Mobile

Anda bisa menggunakan Fitur Mobile Usability, setelah itu Anda akan melihat apa saja permasalahan pada website Anda. Klik “Error” untuk melihat laporan lebih lanjut, sehingga Anda bisa memperbaiki permasalahan tersebut.

 

12. Memanfaatkan Fetch as Google

Fetch as Google memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana Google melakukan crawling pada website Anda. Untuk memanfaatkan fitur ini Anda bisa mengeklik “Index” kemudian tekan “Coverage” dan Anda bisa mengecek URL yang ingin Anda periksa.

 

13. Menghapus URL

Anda bisa membuka Google Search Console kemudian klik “Google Index” lalu “Remove URL” lalu klik “Temporarily Hide” fitur tersebut hanya menyembunyikan Anda sementara saja, yaitu selama 90 hari.

 

14. Menambahkan User

Anda bisa menambahkan user dari fitur Google Search Console dengan cara klik menu “Setting” lalu “User and Permission” klik “Add User” kemudian Anda bisa menambahkan alamat email yang ingin Anda masukkan.

Sekian ulasan mengenai cara menggunakan Google Search Console. Semoga ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Google Search Console.

 

jasa pembuatan website murah

 

Jika Anda memiliki permasalahan dalam bisnis, jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT siap menangani permasalahan tersebut. Ada beragam layanan yang disediakan DOTNEXT untuk membantu bisnis Anda seperti jasa SEO, pembuatan website, pembuatan konten media sosial, desain grafis, dan lainnya.

Mari konsultasikan bisnis Anda , gratis.