Cara menguji kecepatan internet

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Bahkan hari akan terasa kurang jika kita tidak punya akses internet. Salah satu hal yang kerap kita keluhkan ketika menggunakan internet adalah akses yang lambat. Kondisi ini bisa membuat kita jengkel dan marah, apalagi jika kita menggunakan internet untuk bekerja. Nah, tapi apakah Anda tahu cara uji kecepatan internet?

Jika Anda belum mengetahuinya, artikel di bawah ini akan mengupasnya untuk Anda. Mari simak yuk hingga selesai!

Cara menguji kecepatan internet

Ketika sedang asik kerja, video call, ikut web binner, atau juga berjualan online tiba-tiba internet terasa lambat, pasti Anda pernahkan merasakan hal yang satu ini?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa internet menjadi terasa lambat. Hal ini bisa disebabkan oleh kekuatan sinyal, atau bisa juga karena masalah DSN. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu melakukan uji kecepatan internet.

Nah, sebenarnya hari ini, cara uji kecepatan internet tidaklah sulit, saat ini sudah banyak situs dan aplikasi yang bisa kita unduh untuk menguji seberapa cepat kualitas internet kita. Berikut ini beberapa situs yang bisa Anda coba untuk uji kecepatan internet Anda yang mendadak lemot. Situs atau aplikasi ini akan menunjukkan seberapa cepat internet Anda secara real time dengan hasil yang akurat.

1. Google Internet Speed Test

Cara uji kecepatan internet yang pertama adalah menggunakan salah satu produk keluaran dari Google, yaitu Google Internet Speed Test. Untuk menguji kecepatan internet dengan Google ini juga bisa Anda lakukan melalui smartphone.

Jika Anda ingin mencobanya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah ketik di kolom pencarian Google “Internet Speed Test”. Secara otomatis, Google akan menampilkan sistem untuk melakukan uji kecepatan internet. 

Selanjutnya klik tab “Run Speed Test” untuk memulai mengetes kecepatan internet. Anda perlu menunggu proses ini beberapa menit hingga sistem mendeteksi kecepatan internet Anda. Deteksi yang akan dilakukan mulai dari kecepatan mengunggah, mengunduh, hingga latensi jaringan.

Setelah sistem mendeteksi secara keseluruhan, maka Google Internet Speed Test akan memberitahu hasil rangkuman tentang kecepatan internet Anda. Seperti, jika ternyata jaringan internet Anda tergolong lambat, Google akan memberitahu bahwa Anda masih bisa melakukan browsing, namun untuk memuat foto atau video akan sangat terasa lambat 

2. Speedtest.net

Selain menggunakan Google Internet Speed Test, cara uji internet lain yang bisa Anda coba adalah dengan speedtest.net. Website speedtest,net sendiri punya tampilah interaktif yang menarik jadi Anda tidak perlu takut akan kesulitan ketika ingin mengaksesnya.

Cara ujinya juga mudah, Anda cukup mengklik tombol Go yang ada pada bagian tengah halaman.

Untuk mengetahui hasilnya, Anda tidak perlu waktu lama, dalam hitungan detik saja Anda sudah bisa langsung melihat hasilnya. Speedtest.net akan menunjukan informasi data tentang kecepatan mengunggah, kecepatan mengunduh. Dan selain itu, Anda juga akan ditunjukan informasi mengenai PING jaringan internet Anda.

Semua informasi tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis. Tapi, agar hasil uji kecepatannya lebih akurat, pastikan Anda sedang tidak membuka situs lainnya.

3. Fast.com

Situs satu ini memungkinkan Anda untuk menguji kecepatan internet melalui PC atau juga smartphone. Selain itu Fast.com punya tampilan yang sederhana. 

Tapi, tidak seperti Speedtest.net yang menyajikan informasi data kecepatan yang lengkap, Fast.com hanya akan menampilkan kecepatan internet saja, tanpa menunjukan berapa kecepatan unduh dan unggah.

4. OpenSpeedTest

Situs uji kecepatan internet yang satu ini berbasis HTML5 yang mampu menunjukan kecepatan internet paling akurat. OpenSpeedTest juga akan menunjukan kepada Anda informasi dari data PING/ Jitter. Hebatnya lagi, situs satu ini dirancang untuk menguji semua jenis koneksi internet, mulai dari 1 Kbps hingga 1 Gbps dan juga dibuat untuk mengetahui, seberapa stabilkah internet yang Anda pakai.

5. TestMy.net

Dalam situs ini, ada 5 parameter untuk mengetahui kecepatan internet Anda. download, upload, combined, latency dan otomatis. Jika Anda memilih opsi parameter otomatis, maka Anda bisa mengetahui bandwidth dari internet yang kita miliki. 

Anda juga bisa menguji kecepatan jaringan selama interval waktu tertentu, dari setiap lima menit menjadi sekali setiap dua puluh empat jam.  Anda juga dapat menentukan berapa kali uji kecepatan dilakukan.

Bagaimana uji kecepatan internet bekerja

Kita sudah membahas mengenai cara uji kecepatan internet, dan dalam pembahasan kita membahas beberapa informasi data yang ditampilkan. Mungkin Anda masih bingung, apa maksud dari informasi data tersebut dan mengapa hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kecepatan internet kita. 

Untuk itu, mari kita bahas di bawah ini.

1. PING atau Jitter

Angka yang akan muncul di uji kecepatan internet artinya adalah jeda waktu yang dibutuhkan untuk sekali pengiriman dan menerima jawaban. Semakin rendah angkanya maka itu menandakan koneksi yang bagus.

  • Tes ini dilakukan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan server untuk membalas permintaan.
  • Tes ini perlu dilakukan beberapa kali, dan nilai terendah adalah hasil akhir.

2. Kecepatan unduh

Informasi yang akan Anda dapat ketika menguji kecepatan internet adalah kecepatan unduh. Informasi ini menunjukan seberapa lama perangkat dalam menerima data. 

3. Kecepatan unggah

Kebalikan dengan unduh, kecepatan unggah adalah kecepatan yang kita butuhkan untuk seberapa cepat data untuk mengunduh.

Itulah cara uji kecepatan yang bisa Anda coba untuk mengetahui penyebab kenapa internet yang Anda gunakan mendadak menjadi lamban. Selamat mencoba!

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Memasang Facebook Ads, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Belakangan ini, banyak sekali pelaku bisnis yang tertarik untuk memasang iklan di Facebook. Ya, Facebook…

2 months ago

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 months ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

2 months ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

2 months ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

3 months ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

3 months ago