Cara Meningkatkan Pengunjung Blog – Kehadiran audiens atau pengunjung tentu saja berharga bagi sorang blogger. Karena, jika Anda mengelola suatu blog tidak ada artinya jika tidak ada pengunjung yang datang mengunjungi blog Anda.

Dengan blog yang ramai akan pengunjung, tentunya memiliki beragam manfaat untuk Anda salah satunya adalah untuk mendapatkan uang. Untuk mendapatkan pengunjung blog, Anda juga harus melakukan beberapa usaha.

Usaha yang dilakukan bisa seperti membuat konten setiap hari dan buat konten yang menarik. Tapi tidak hanya itu saja, ada cara lainnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca artikel berikut ini sampai selesai.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog. Di antaranya adalah:

1. Riset Keyword untuk Artikel

Untuk membuat artikel, Anda tidak bisa menulisnya begitu saja. Anda harus melakukan riset pada keyword yang akan gunakan. Anda harus menggunakan kata kunco yang potensial yang memiliki volume pencarian tinggi, atau kata kunci tersebut dicari oleh banyak orang.

Dengan menggunakan keyword, kemungkinan blog Anda muncul di mesin pencarian Google semakin tinggi. Jika blog Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian Google, pastinya akan meningkatkan pengunjung blog.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas merupakan konten artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari. Misalnya Anda menulis artikel tentang “Cara membuat konten Instagram” tentunya Anda harus membahas secara lengkap bagaimana caranya membuat konten Instagram.

3. Buat Judul yang Menarik

Untuk menarik perhatian para audiens untuk membaca artikel sampai selesai, adalah dengan membuat judul yang menarik. Karena, judul merupakan hal yang pertama dibaca dan dilihat oleh audiens. Maka usahakan buat judul yang menarik.

Judul yang dibuat tentunya harus relevan dengan isi konten, gunakan kata-kata yang memiliki sifat yang kuat, tidak terlalu panjang, dan judul artikel tidak bisa menggunakan kata yang dilebih-lebihkan.

4. Lakukan Newsjacking

Newsjacking merupakan teknik yang memanfaatkan isu atau berita yang sedang viral, dengan tujuan untuk memancing minat audiens. Pada teknik ini, Anda juga harus menyisipkan gagasan Anda. Jadi, kuncinya adalah Anda harus update dengan berita yang sedang viral, dan Anda bisa berikan analisis terbaik Anda.

Baca Juga: Perbedaan Blog dan Website Berikut Ini Perlu Anda Ketahui

 

5. Gunakan Strategi Internal Link

Salah satu teknik SEO yang dapat meningkatkan pengunjung blog adalah gunakan internal link, dengan cara menautkan link artikel dari blog Anda. Internal link ini memiliki tujuan untuk membuat struktur blog yang lebih mudah dipahami Google.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mempermudah visitor blog untuk mendapatkan informasi lain yang dicari.

6. Lakukan Link Building

Link building merupakan kegiatan untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke situs website Anda. Tapi, mencari backlink tidak boleh asal, Anda harus mencari backlink yang berkualitas dan memiliki trafik tinggi.

Karena, semakin banyak backlink dari website yang bagus, Google akan menilai bahwa blog yang Anda miliki berkualitas.

7. Share Konten di Berbagai Media Sosial

Tidak hanya mengandalkan pengunjung dari Google saja, Anda juga bisa membagikan konten Anda ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan yang lainnya. Anda bisa membagikan konten artikel Anda dengan cara melakukan copas pada link artikel tersebut, kemudian share ke berbagai media sosial.

8. Aktif di Komunitas Facebook

Selain menyebarkan link di berbagai media sosial, anda juga bisa melakukan cara berikut ini yaitu dengan menyebarkan artikel di grup atau komunitas di Facebook. Tapi, Anda perlu berhati-hati jika promosi di sebuah komunitas.

Anda tidak bisa terang-terangan memaksa anggota forum untuk membaca artikel Anda, karena Anda bisa dianggap sebagai spam. Maka dari itu, Anda bisa aktif terlebih dahulu di grup tersebut dengan cara mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan anggota grup lainnya.

Jadi, misalnya Anda mengirimkan artikel, peluang para anggota lain mengunjungi blog Anda semakin besar.

9. Sebar Melalui Email Marketing

Anda bisa menyebarkan artikel melalui email marketing. Sebelum menyebarkannya, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah memiliki email list dari pengunjung blog Anda. Untuk mendapatkan email dari pengunjung, Anda bisa membuat formulir subscribe.

10. Optimasi Kecepatan Website

Sebanyak 53% orang akan meninggalkan suatu blog atau situs yang loadingnya lebih dari tiga detik. Jika blog anda loading lebih dari tiga detik, maka Anda harus melakukan optimasi dengan cara mengoptimasi gambar, hapus plugin yang tidak dipakai, batasi jumlah postingan, mengupdate WordPress, dan gunakan server web hosting yang berkualitas.

11. Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengakses internet hanya dengan menggunakan ponsel saja. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan trafik, tentunya Anda harus membuat website yang mobile friendly.

Anda bisa menggunakan WordPress, untuk membuat blog dengan template yang mobile friendly.

Itu lah ulasan mengenai bagaimana caranya meningkatkan pengunjung blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Anda ingin website bisnis atau blog Anda dikunjungi banyak visitor? Anda bisa gunakan jasa SEO di Jakarta yaitu DOTNEXT. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa gunakan jasa lainnya seperti jasa pembuatan website, pembuatan konten media sosial dan yang lainnya.

Mari konsultasi mengenai bisnis Anda , sekarang juga gratis.