Instagram Story adalah salah satu fitur yang sempurna untuk konten marketing bisnis kita. Walau hanya bertahan selama 24 jam, Instagram Story menjadi fitur unggulan untuk menjalankan promosi. Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara promosi di Instagram Story. 

Menurut Business Insider, sebanyak lebih dari 200 juta orang menggunakan Instagram Story setiap harinya, naik dari jumlah penggunanya pada bulan Januari, yang hanya mencapai 150 juta orang. Ini artinya, fitur satu ini menjadi tempat ideal untuk promosi.

Cara Promosi Di Instagram Story

Instagram Story atau IGS adalah fitur yang lebih sering digunakan oleh pengguna untuk berbagi cerita dan kegiatannya sehari-hari. Dibanding feed Instagram, seorang pengguna Instagram akan lebih aktif menggunakan IGS setiap harinya. 

Melihat hal ini tentu harus dimanfaatkan sebagai cara promosi di Instagram Story, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Sebelumnya, kita juga sudah pernah membahas mengenai cara menjadi top di Instagram, sekarang kami bocorkan strategi lainnya.

1. Membuat perencanaan konten yang kreatif dan efektif

Strategi pertama yang perlu Anda lakukan untuk memanfaatkan Instagram Story untuk promosi adalah membuat rencana konten yang kreatif dan efektif. 

Konten sebaiknya sudah direncanakan sejak awal agar dapat berjalan dengan baik. Keluarkan semua ide-ide konten yang out of the box. 

Sedikit tips untuk Anda yang ingin memanfaatkan IGS untuk promosi: 

– Buat dengan kata-kata yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti.

– Manfaatkan emoji agar lebih berkesan friendly, namun jangan sampai berlebihan.

– Sesekali gunakan video atau musik yang sedang jadi tren.

– Gunakan format ukuran dan durasi yang sesuai agar audiens juga nyaman, Instagram Story berukuran 1080 x 1920 pixel dan durasinya biasanya sekitar 15 detik.

Jika kamu mempercayai akun Instagram bisnis kepada jasa social media management, Anda tidak perlu lagi pusing bagaimana memikirkan ide konten. 

2. Manfaatkan Stiker yang Tersedia

Cara promosi di Instagram Story juga bisa menggunakan stiker. Ada berbagai pilihan stiker yang bisa mendukung promosi Anda, seperti stiker “Dukung Bisnis Kecil” atau juga “Lokasi”, “Link”.

Atau agar Instagram Story Anda lebih komunikatif, Anda juga bisa menggunakan fitur Polling atau juga Quiz. Ingin mereka menunggu informasi penting yang Anda berikan? Gunakan fitur countdown.  

Menggunakan fitur stiker bisa menguntungkan untuk Anda. Hal ini akan sangat menguntungkan dari berbagai sisi, misalnya akun bisnis akan lebih banyak menerima kunjungan saat di-mention oleh pengguna.

3. Manfaatkan Stiker Q&A

Dengan stiker yang satu ini, komunikasi antara brand Anda dengan audiens bisa berjalan dua arah.

Gunakan Q&A ini kesempatan untuk membangun brand knowledge tentang brand dan produk Anda. Izinkan juga mereka menanyakan sesuatu pada brand Anda.

4. Simpan Instagram Story pada Highlight

Cara Promosi di Instagram Story lainnya yang bisa Anda terapkan adalah menyimpan Instagram Story di Highlight, terutama Insta Story yang memang memang berisikan informasi seputar bisnis, seperti cara pemesanan, ukuran, varian rasa, promo, lokasi, dan lainnya.

5. Menggunakan Iklan Instagram Story

Agar jangkauan Instagram Story semakin luas, Anda juga bisa memasang iklan Instagram Story. Jika Anda mungkin belum pernah menggunakannya, Anda bisa meminta bantuan kepada jasa Iklan Instagram.

Iklan Instagram Story adalah jenis iklan Instagram yang memungkinkan tampilan yang full screen 9:16 pada platform. 

Jika Anda ingin menggunakan Instagram Story untuk promosi, kami bisa membantu Anda, silakan diskusikan dengan kami .