Apakah Anda pernah mengalami, ketikan posting link website di Facebook, namun justru diblokir. Biasanya, Facebook menganggap bahwa link tersebut spam. Nah, karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara verifikasi domain di Facebook agar tidak lagi mengalami hal demikian.

Mengapa? Tidak seperti dulu, saat ini Facebook memfilter semua postingan termasuk link. Dengan melakukan verifikasi domain di Facebook, artinya Anda mengklaim kepemilikan domain Facebook bisnis Anda untuk melindungi kredibilitas konten di dalamnya.

Cara ini dapat mencegah penyalahgunaan domain dan mengatur hak edit link dan konten dengan lebih baik.

Beruntungnya, cara verifikasi domain di Facebook tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dalam hitungan menit saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak dalam artikel di bawa ini!

Cara Verifikasi Domain di Facebook

Untuk dapat memverifikasi domain di Facebook, Anda membutuhkan akun Facebook Business. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa melakukan registrasi menggunakan akun Facebook utama Anda.

Jika sudah, Anda bisa langsung mengikuti cara verifikasi domain di Facebook berikut ini:

  1. Login ke Facebook Business

Cara verifikasi domain di Facebook yang pertama Anda perlu login ke Facebook Business. Masukkan email dan password akun Facebook, klik login.

  1. Menambahkan Domain

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman beranda Facebook Business Suite. sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa verifikasi domai Facebook hanya bisa dilakukan jika Anda sudah menambahkan domain pada akun bisnis Anda.

Jika belum, Anda bisa terlebih dulu menambahkan domain dengan cara, masuk ke menu Pengaturan yang ada di side bar halaman Facebook Business. Lalu, pilih menu Pengaturan Bisnis Lainnya.

mengakses menu pengaturan bisnis lainnya

Selanjutnya, klik dropdown menu Keamanan Merek kemudian masuk ke halaman domain.

mengakses menu sub menu domain di menu keamanan merek facebook bisnis

Saat halaman domain sudah muncul, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa akun bisnis Anda belum memiliki domai. Anda bisa menambahkannya dengan klik tombol Tambahkan.

menambahkan domain di akun facebook bisnis

Masukkan nama domain pada kolom yang tersedia. Pastikan domain yang Anda gunakan harus berupa domain root (contoh.com) bukan subdomain (jualan.contoh.com) atau subdirektori (contoh.com/jualan).

Jika sudah, klik tombol Tambahkan. 

  1. Lakukan Verifikasi Domain Facebook

memilih cara verifikasi domain facebook

Cara verifikasi domain di Facebook berikutnya adalah melakukan verifikasi. Setelah domain ditambahkan, Anda akan melihat status nama domai: Tidak Diverifikasi.

Untuk melakukan verifikasi tidaklah sulit, karena Anda dapat melihat panduan cara verifikasi. Ada tiga metode cara verifikasi domain di Facebook, yaitu:

  1. Meta-tag: Anda perlu menambahkan meta tag pada section <head> di halaman homepage domain Anda.
  2. Unggah File HTML: Anda perlu mengunggah file dengan kode verifikasi HTML ke direktori root website Anda.
  3. Verifikasi DNS: Cara ketiga adalah Anda perlu menambahkan catatan DNS TXT baru ke domain Anda.

 

Anda bisa memilih salah satu, pada tutorial ini, kami menggunakan verifikasi dengan menggunakan DNS. Untuk verifikasi denggan DNS, Anda cukup salit catatan TXT  seperti gambar di bawah ini:

salin DNS TXT

Catatan tersebut perlu Anda tambahkan pada konfigurasi DNS. Anda bisa melakukan setting DNS melalui cPanel. 

  1. Arahkan domain ke halaman Facebook

Jika proses verifikasi sudah selesai, Anda akan melihat tulisan Diverifikasi di samping nama domain. Lalu, selanjutnyta adalah Anda perlu mengarahkan domain ke halaman Facebook.

mengarahkan domain ke halaman facebook

Cara untuk melakukannya adalah dengan pilih tab Aset Terhubung, lalu klik Tambahkan aset. Kemudian pilih halaman bisnis yang akan Anda kaitkan dengan domain Anda, jika sudah klik Tambahkan.

memilih halaman bisnis

Tahap verifikasi domain di Facebook selesai, domain Anda sudah terhubung dengan Facebook Business.

Setelah berhasil memverifikasi domain website Anda ke Facebook bisnis, Anda tidak perlu takut lagi bila sewaktu-waktu Facebook menganggap domain Anda adalah spam.

Selain memverifkasi domain, Anda juga perlu mengoptimalkan website Anda dengan cara organik melalui SEO. Dengan SEO, website Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh target pasar Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan trafik yang banyak dengan cara yang organik tanpa iklan. Biaya SEO juga lebih terjangkau dengan hasil jangka panjang yang bisa Anda rasakan. Tidak seperti iklan yang hanya akan terasa saat Anda mengeluarkan budget.

Untuk mendapatkan jasa SEO terbaik, pastikan Anda mencari yang sudah berpengalaman. Seperti DOTNEXT, jasa SEO DOTNEXT sudah berpengalaman selama bertahun-tahun mengurus SEO berbagai website dengan hasil yang terbukti. Jasa SEO DOTNEXT memberikan audit website gratis untuk Anda, silakan hubungi kami, !