Crawl Budget Adalah – Bagi Anda yang bekerja di bidang SEO pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini yaitu crawl budget. Karena, crawl budget ini merupakan hal penting yang seringkali disepelekan oleh optimizer.

Padahal, jika hal ini Anda lupakan dan tidak dioptimasi, maka usaha strategi SEO yang dilakukan bisa saja menjadi sia-sia.

Karena, jika tidak dioptimasi nantinya akan ada halaman website yang tidak terindeks. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada ranking website Anda di SERP (Search Engine Result Pages).

Tapi, apa sebenarnya crawl budget itu? Untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa membaca artikel berikut ini sampai habis. Karena, dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai crawl budget.

Apa Itu Crawl Budget

Crawl budget adalah banyaknya halaman atau halaman mana pada website Anda untuk di crawl oleh search engine. Jadi, intinya adalah seberapa banyak perhatian yang diberikan mesin pencari untuk website Anda.

Karena, search engine tidak mempunyai sumber daya yang cukup untuk melakukan crawl pada seluruh website yang ada, jadi search engine juga harus membagikan perhatian mereka kepada jutaan website yang ada di mesin pencari.

Dengan banyaknya website, mesin pencari akan memprioritaskan crawling mereka, jadi untuk menetapkan crawling tentunya membutuhkan budget masing-masing merupakan salah satu cara yang diterapkan.

Bagaimana Crawl Budget diatur?

Terdapat dua faktor untuk menentukan pengaturan crawl budget, diantaranya yaitu crawl limit dan crawl demand. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut:

Crawl Limit

Maksud dari crawl limit disini adalah berapa banyak crawling yang bisa ditangani oleh sebuah website, dan apa preferensi yang diinginkan oleh pemilik website.

Crawl Demand

Crawl demand yaitu URL atau link mana yang sangat layak untuk dicrawl oleh search engine, berdasarkan popularitasnya dan juga berdasarkan seberapa sering halaman tersebut diperbarui atau diupdate.

 

Baca Juga: Crawling Artinya, Kenali Pengertian dan Lainnya Di Sini!

 

Cara Memaksimalkan Crawl Budget

Agar optimasi website Anda semakin maksimal, Anda tentunga juga harus memanfaatkan crawl budget dengan cara memaksimalkan penggunaanya. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya:

Izinkan Crawling Melalui Halaman Penting di Robots.txt

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah salah satu langkah penting, yaitu mengizinkan crawling melalui robots.txt. Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan tools yang tersedia. Anda harus memastikan bahwa halaman Anda bisa dicrawl oleh robot Google, terutama halaman-halaman yang penting di website Anda. Jadi, jangan sampai halaman Anda tidak dicrawl, karena nantinya akan merugikan Anda.

Perhatikan Redirect Chains

Jika Anda memiliki website yang besar, akan sulit untuk menghindari hal ini karena redirect 301 atau 302 akan sering muncul. Jika terdapat banyak redirect yang saling tersambung, hal ini bisa mempengaruhi crawl Anda secara negatif. Bahkan bisa mempengaruhi crawler berhenti untuk melakukan crawl di website Anda.

Tangani HTTP Error

Secara teknis, HTTP Error atau halaman 404 dan 401 bisa memakan crawl budget Anda. Selain itu juga bisa membuat UC dari website Anda terganggu. Jadi, Anda harus memastikan Anda bisa menangani permasalahan ini dengan cepat dan lakikanlah site audit secara berkala.

Perhatikan Parameter URL

Perlu Anda ingat, bahwa URL yang terpisah akan dihitung oleh crawler sebahai halaman yang terpisah, hal tersebut bisa saja membuang crawl budget Anda. Jadi, Anda harus memberikan informasi kepada Google mengenai parameter URL sebagai solusinya. Jadi, Anda akan menghemat budget Anda sekaligus menghindari kekhawatiran tentang duplikasi konten. Maka dari itu, Anda harus pastikan untik menambahkannya ke akun Googe Search Console yang Anda miliki.

Update Sitemap

Cara yang selanjutnya adalah Anda harus perhatikan sitemap Anda. Bot Google akan memiliki pemahaman yang lebih baik dan juga lebih mudah mengenai tujuan dari internal link, jika XML sitemap selalu diperbarui atau diupdate. Anda bisa gunakan canonical URL untuk sitemap Anda.  Anda juga harus memastikan URL sudah sesuai dengan versi terbaru.

Sekian ulasan mengenai crawl budget, semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama Anda yang sedang mempelajari SEO.

Anda memiliki website tapi tidak tahu cara mengoptimasinya? Anda tidak usah khawatir, karena ada  jasa SEO di Jakarta yaitu DOTNEXT. Selain jasa SEO, DOTNEXT juga memiliki layanan lainnya seperti digital marketing, pembuatan website, pembuatan konten, desain grafis, dan lainnya. Mari konsultasikan bisnis Anda bersama kami  di sini.