Digital marketing bukanlah barang mahal yang tidak bisa diterapkan disemua lini bisnis, termasuk bisnis kuliner. Anda bisa menerapkannya untuk membuat orang ingin mencoba makanan di restoran Anda. Jika Anda ingin menerapkannya simak tips digital marketing bisnis kuliner berikut ini dulu yuk.

Digital Marketing Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner hari ini tidak bisa dilepaskan pula dengan kehadiran dunia digital. Apalagi belakangan ini 81 persen konsumen terbiasa mencari rekomendasi restoran dan kuliner melalui telepon genggam. Dan 94 persen melakukan hal yang sama melalui desktop mereka.

Dari sini Anda bisa membayangkan, betapa pentingnya impresi secara digital pada era ini.

Mengapa bisnis kuliner butuh digital marketing

Pasti pertanyaan ini masih sering Anda pertanyakan. Memang perlu bisnis kuliner menggunakan digital marketing?

Baik, kami akan berikan beberapa alasan mengapa bisnis Anda perlu menggunakan digital marketing.

1. Hampir semua orang online

Ini adalah alasan sederhana yang patut jadi pertimbangan. Jika semua orang sudah merambah online mengapa bisnis kuliner Anda hanya memanfaatkan marketing offline?

Ditambah lagi tiap tahunnya pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Data mencatat ada 171 juta orang Indonesia yang mengakses internet.

Jumlah yang sangat besar seperti itu tentunya membuat internet sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari kita. 

2. Dapat retargeting pelanggan

Dengan digital marketing, Anda bisa melakukan retargeting. Lewat retargeting, Anda bisa menampilkan iklan produk yang spesifik pada calon pelanggan. Biasanya, ini dilakukan setelah calon pelanggan berinteraksi dengan website atau mengklik iklan yang sebelumnya Anda pasang.

Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan awareness bisnis dengan pesat. Bahkan, retargeting mampu meningkatkan pencarian nama brand hingga 1.046 persen. Tak cuma itu saja. Retargeting juga terbukti meningkatkan jumlah pembelian (konversi) hingga 70 persen.

3. Memudahkan Calon Pelanggan Temukan Resto atau Cafe

Di manapun lokasi usaha Anda takkan jadi soal. Itu kalau Anda menerapkan digital marketing. Bukan cuma itu saja. Menaruh lokasi bisnis di peta online juga semakin penting sejak Google memperkenalkan pencarian lokal atau local search. Melalui local search, Google menyajikan informasi paling relevan dan dekat dengan pengguna. Konsekuensinya, bisnis Anda bisa diketahui oleh orang-orang dengan hanya berbekal koneksi internet saja.

4. Hemat Biaya Promosi

Lewat pemasaran digital, Anda tak wajib merogoh kocek dalam. Berbagai platform iklan semacam Google Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads punya skema pembiayaan yang fleksibel.

5. Target Lebih Spesifik

Kelebihan lain digital marketing ialah kemampuannya untuk menjangkau target pasar yang spesifik. Anda bisa dengan mudah menentukan kepada siapa iklan ditampilkan. Tinggal atur saja jenis kelamin, umur, cakupan lokasi, dan topik.

Tips Digital Marketing Bisnis Kuliner

Jika Anda tertarik untuk memulai menerapkan digital marketing pada bisnis restoran atau cafe Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti berikut:

1. Gunakan Foto yang Menarik

Sebagai pemilik resto/cafe, poin inilah yang bisa Anda pakai sebagai bahan marketing. Foto apik dan estetis akan membuat calon konsumen melirik tempat Anda. Apalagi kalau bisa ditambah deskripsi makanan yang detail dan hidup. Sudah pasti, mereka bergegas menuju resto/cafe untuk mencicipi sajian andalan Anda.

Di bisnis kuliner, foto produk dibilang baik ketika berhasil menunjukkan kelebihan sajiannya. Entah itu dari tampilan, warna, tekstur, sampai cerita di balik makanan itu sendiri.

Untuk mempermudah Anda menciptakan foto macam itu, berikut ada tips yang bisa Anda praktikkan.

  • Buat tampilan sajian semenarik mungkin
  • Perhatikan cahaya saat mengambil foto
  • Pakai background dengan warna netral atau polos
  • Atur komposisi warna
  • Pilih sudut foto yang paling menjual
  • Sediakan negative space atau ruang kosong
  • Dekorasi background untuk berikan sisipan cerita
  • Tambahkan sentuhan personal pada foto
  • Selipkan foto tempat atau ambience resto/cafe

2. Copywriting yang Menarik

Meski sudah punya foto estetis, copywriting tetaplah Anda perlukan untuk promosi. Lewat deskripsi yang memanjakan imajinasi inilah, Anda betul-betul bisa menggaet pelanggan. Copy untuk bisnis kuliner haruslah memanjakan panca indera yang membacanya. Supaya lebih jelas, kami akan bahas formula tersebut dalam poin-poin di bawah.

  • Bahas aroma
  • Bicarakan sensasi rasa
  • Ceritakan tekstur dari sajian
  • Ceritakan bahan
  • Beri cerita di balik sajian

3. Membuat Website

Website adalah cara efektif untuk menghadirkan online presence dalam jangka panjang. Tak terkecuali bagi restoran dan cafe. Lewat website, Anda bisa tampilkan menu, ambience, dan cerita soal usaha Anda dengan lebih elegan.

Selain demi online presence, website yang sama bisa Anda gunakan sebagai toko online. Lewat website yang sama Anda bisa menjual produk oleh-oleh atau merchandise. Cara ini tentunya akan memperkuat branding usaha Anda.

Jika Anda tak ingin repot dengan hal teknis seputar pembuatan web, Anda juga bisa menyerahkan perkara ini ke jasa pembuatan website murah. Anda cukup konsultasikan kebutuhan Anda, membayar sesuai dengan budget.