Dunia bisnis telah mengalami perubahan yang sangat signifikan setidaknya satu dekade terakhir ini. Hal yang paling terasa perubahannya adalah dalam bagaimana strategi pemasaran berlangsung baik bisnis besar maupun kecil. Tentu saja, salah satu yang jadi alasan perubahan ini adalah karena semakin masifnya penggunaan internet. Merespon itu, para pelaku bisnis pun mulai menggunakan digital marketing strategi sebagai cara mereka dalam menggaet konsumen.

Digital marketing strategi biasanya dikerjakan dengan rencana yang terstruktur di bawah orang-orang yang bekerja di digital marketing agensi.

 

Digital Marketing Strategi Adalah

Sesuai dengan namanya, pengertian dari digital marketing strategi adalah perencanaan promosi atau pemasaran yang dilakukan di media digital dan internet. Pada intinya, strategi tersebut dilakukan untuk mendapatkan konsumen atau target market melalui internet.

Di era teknologi saat ini, Anda dapat menemukan penerapan digital marketing dengan mudah, bahkan disekeliling Anda. Sebagai contohnya, Anda melihat iklan di media sosial Anda, melihat banner di situs website dan yang lainnya.

Mengapa Bisnis Anda perlu Digital Marketing Strategi

Setiap hari, rata-rata kita akan mengabiskan waktu di internet setidaknya 2 jam atau bisa lebih dari itu. Dengan lamanya waktu banyak orang dihabiskan untuk berselancar di internet, tentu hal tersebut menjadi hal potensial untuk digunakan sebagai media beriklan. Sekarang pertanyaannya, apakah Anda sudah melakukan digital marketing strategi?

Digital marketing strategi adalah serangkaian tindakan yang membantu Anda untuk mencapai tujuan dalam bisnis melalui media digital. Tentu saja, penggunaan media digital di sini tidak sembarangan, pemilihannya dilakukan dengan cermat. Media digital ini seperti media berbayar, dikembangkan, dan semacamnya yang digunakan untuk menjalankan pemasaran digital.

Tergantung dari jenis dan ukuran bisinis Anda, digital marketing strategi mungkin akan melibatkan beberapa strategi digital, yang masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan di awal. Digital marketing strategi membantu bisnis Anda untuk tetap fokus dalam memenuhi tujuan-tujuan tersebut.

Tujuan digital marketing biasanya seperti mempromosikan bisnis, merek, membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan. Ini semua dicapai dengan menggunakan media digital yang dapat diukur, ditargetkan, dan intraktif.

Pemasaran yang tetap fokus sangatlah diperlukan karena konsumen sebagai penerima pesan dan pengambil keputusan pembelian perlu mendapatkan pemahaman terkait produk/jasa yang mereka cari dan butuhkan. Bayangkan jika pemasaran dilakukan tidak fokus dengan tujuan yang berubah-ubah. Ini juga dapat mempengaruhi presepsi konsumen tentang merek.

Oleh sebab itu, banyak dari pelaku bisnis mempercayai digital marketing strategi mereka pada digital marketing agensi.

 

Digital Marketing Agensi

Digital marketing agensi kian mendapatkan tempat untuk menjalankan berbagai pemsaran digital, dan menjadi bagian vital dalam menjalankan digital marketing strategi. Saat ini juga telah banyak digital marketing agensi terutama di Jakarta. Digital Marketing Agency Jakarta membantu menyusun strategi untuk keperluan pemasaran produk anda.

Digital marketing agensi atau juga disebut dengan agensi digital marketing sendiri merupakan sebuah penyedia jasa pemasaran bisnis melalui media digital. Jenis jasa yang ditawarkan sangat beragam, seperti desain website, SEO, media sosial, konten, Paid Per Click (PPC), Google Ads, dan lain sebagainya.

digital marketing strategi/agensi

Digital marketing agensi memberikan Anda fleksibelitas dalam hal penanganan dalam semua jenis digital marketing. Jika mungkin tim dalam perusahaan Anda hanya punya satu bidang, digital marketing agensi dapat menangani seluruhnya.

 

Peran Digital Marketing Agensi

Sebelum pesan pemasaran Anda dibuat, digital marketing agensi akan melakukan riset yang mendalam terkait dengan permasalahan marketing yang dimiliki oleh perusahaan. Langkah awal ini dilakukan dengan sangat teliti dan mendalam karena langkah pertama ini lah yang akan menjadi penentu keberhasilan dari digital marketing strategi yang akan diterapkan.

Selanjutnya, agensi akan memberikan solusi dan rekomendasi strategi dari permasalahan yang ditemukan. Dalam tahap ini, digital marketing agensi akan melakukan brief beberapa kali yang tujuannya agar strategi yang diajukan sejalan dengan perusahaan.

Peran seperti inilah yang membuat digital marketing agensi menjadi lebih efektif untuk digunakan.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Digital Marketing

 

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa hal yang paling besar berubah dalam dekade ini adalah dunia pemasaran. Digital marketing memainkan peranan penting yang menentukan bisnis Anda. Manfaat digital marketing untuk bisnis Anda tidak sebatas dapat mecapai tujuan saja. Digital marketing bermanfaat sebagai investasi pemasaran jangka panjang yang biayanya lebih murah dari pemasaran tradisional yang menggunakan papan iklan yang punya keterbatasan jangkauan.

digital marketing strategi/manfaat

Menggunakan digital marketing membuat produk Anda dapat dijangkau bahkan oleh mereka yang sebenarnya bukan menjadi target utama dari pemasaran Anda. Hal ini tentu saja karena internet membuat semua tidak ada batasnya.

 

Cara Kerja Digital Marketing

Memanfaatkan digital marketing berarti semua aktivitas kegiatan pemasaran Anda menggunakan media digital. Hal ini akan bekerja pada bisnis Anda ketika Anda sudah online, misalnya dengan mempunyai sebuah website atau media sosial. Semua itu akan dioptimalkan dengan digital marketing.

digital marketing strategi/seo

Secara umum, digital marketing dapat bekerja secara organic (tidak berbayar, dan paid marketing (berbayar). Website menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh mereka yang ingin menggunakan digital marketing. Bisnis yang belum memiliki website akan mengurangi performa dari digital marketing. Dari websitelah semua dipasarkan.

Dari website juga, akan kita mulai mengumpulkan visitor yang biasanya bisa menggunakan konten artikel. Konten artikel ini juga bisa digunakan sebagai media promosi organic dengan menggunakan SEO, publikasi media sosial, dan lain sebagaimnya.

Media untuk melakukan iklan juga perlu dipilih, saat ini begitu banyak pilihan, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan yang paling umum adalah Google Ads.

Semua itu dilakukan setelah dilakukan riset pasar yang sangat menentukan performa dari iklan dan penargetan iklan untuk mendapatkan audience iklan yang tepat. Iklan yang menarik akan menarik perhatian dengan memberikan klik, membaca dan tentu saja membeli.

 

Anda memiliki hambatan dalam bisnis Anda? Tenang saja, jangan khawatir. Anda bisa manfaatkan  jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT. Ada beragam jasa lain yang ditawarkan DOTNEXT untuk membantu permasalahan bisnis Anda yaitu, jasa pembuatan website, pembuatan konten, desain grafis, dan yang lainnya.

 

Mari konsultasikan bisnis Anda secara gratis  !