Digital Marketing Tools

Saat ini, digital marketing semakin berkembang dan juga semakin banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk menerapkan digital marketing sebagai salah satu cara memasarkan produk/jasa mereka. Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan dalam dunia digital marketing adalah digital marketing tools.

Digital Marketing Tools

Salah satu yang menjadi kekuatan dari digital marketing adalah penyajian data yang lebih terukur daripada pemasaran tradisional. Dengan data kita bisa menyempurnakan strategi online kita. Untuk itu dibutuhkan digital marketing tools. Digital marketing tools yang tepat juga dapat menghemat pengeluaran dan juga membuat bisnis Anda tetap mengikuti perkembangan terkini.

Ada beberapa digital marketing tools yang bisa Anda pilih untuk mendukung kegiatan dan strategi pemasaran Anda di dunia digital, tools yang digunakan juga dibedakan berdasarkan strategi yang diterapkan seperti berikut ini:

1.Organic Social Media Tools

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa media sosial adalah salah satu strategi digital marketing yang potensial. Hal ini tentu tidak terlepas dari semakin tingginya tingkat penggunanya setiap tahun dan juga pengguna aktif setiap harinya. Itulah mengapa organic social media tools menjadi salah satu tools yang wajib. Ada beberapa tools di sini, di antaranya:

1. Sprout Social

Sprout Social adalah salah satu social media management dan platform engagement yang memudahkan Anda untuk mengatur media sosial dan terlibat secara aktif dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda.

2. Woobox

Woobox dapat Anda gunakan sebagai digital marketing tools terutama untuk meningkatkan engagement dan juga mendukung kegiatan giveaway, dan kompetisi, khususnya untuk konten Instagram. Dengan tools satu ini, Anda bisa mengatur tagar apa yang sesuai hingga memilih pemenang secara acak. 

2. Paid Social Media Tools

Selain menggunakan teknik organik, salah satu strategi digital marketing adalah dengan cara berbayar, biasanya dengan menggunakan iklan. Cara berbayar ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas dari yang tidak bisa Anda dapatkan secara organik.

Media sosial memiliki begitu banyak data tentang penggunanya sehingga penargetan bisa dilakukan lebih terperinci dan efektif. Ini menjadikan media sosial menjadi tempat ideal untuk menerapkan strategi berbayar.

Beberapa digital marketing tools yang bisa mendukung strategi ini seperti:

1. Nanigans

Tools satu ini adalah software periklanan multichannel dengan penekanan pada pemasaran Facebook. Nanigans  memiliki akses Facebook Exchange (FBX) sehingga Anda dapat melakukan penargetan ulang dan sejumlah tools lainnya yang membuat Anda melakukan penargetan dengan lebih efisien.

2. Facebook’s Power Editor

Facebook juga mengeluarkan tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung strategi digital marketing Anda. Tools satu ini memungkinkan Anda untuk membuat dan menjalankan kampanye iklan dengan spesifik. 

Ini adalah salah satu tools yang cocok untuk Anda jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk tools. Tools ini juga punya parameter yang rinci mengenai target pemasaran Anda dengan cepat. Anda juga bisa melakukan pembatasan anggaran iklan.

3. Email Marketing Tools

Meski terdengar kuno, nyatanya email adalah salah satu strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan ROI. Tiap tahun pengguna email juga terus mengalami kenaikan.

Beberapa tools untuk email marketing seperti:

1. Hubspot Email Marketing

Hubspot adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam mengembangkan tools untuk kebutuhan pemasaran digital dengan software CRM mereka. 

Belum lama ini mereka juga meluncurkan produk email marketing. Hubspot Email Marketing adalah salah satu perangkat yang bisa Anda andalkan dengan kemampuan pengiriman email yang mengesankan dan terhubung dengan beberapa produk Hubstop.

Beberapa fitur yang disediakan oleh software satu ini adalah 2000 pengiriman email gratis setiap bulan, daftar kontak, pembuatan email drop up, hingga template siap pakai.

2. Mailchimp

Software Mailchimp adalah salah satu yang terkenal di kelasnya untuk pemasaran email. Ini juga perangkat yang cocok untuk bisnis kecil. Mailchimp juga sudah banyak digunakan di seluruh dunia, lebih dari 250 juta email marketing tiap tahunnya dikirim melalui platform ini.

4. Website Analytics Tools

Ketika Anda menggunakan website dalam kegiatan digital marketing Anda. Tentu Anda perlu melakukan monitoring dan menganalisa perkembangan website Anda. Terutama menganalisa dan memonitoring trafik dari kunjungan website.

1. Google Analytics

Salah satu produk Google yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa website adalah Google analytics. Google Analytics memungkinkan Anda untuk memonitoring dan menganalisis perkembangan website Anda.Data yang disajikan juga lengkap, Anda dapat melihat darimana website Anda diakses, menggunakan perangkat apa, apa saja halaman yang dikunjungi.

2. Adobe Analytics

Adobe juga mengeluarkan sebuah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menganalisis kinerja website Anda. Platform satu ini memiliki atribusi lintas saluran, analisis pelanggan 360 derajat. Dan juga memungkinkan Anda untuk mengamati dan menanggapi tindakan pengunjung secara real time.

5. Customers Service Tools

Customers service adalah salah satu yang menentukan kepuasan pelanggan. Beralih ke online, memungkinkan Anda untuk secara cepat menanggapi setiap keluhan, tanggapan, dan pertanyaan yang masuk tentang produk Anda.

Beberapa tools berikut ini bisa mendukung Anda:

1. Zendesk

Zendesk adalah salah satu perangkat customers service yang lengkap yang dapat mendukung tim Anda untuk secara sigap menanggapi semua kebutuhan pelanggan. Platform Ini juga mengintegrasikan beberapa saluran komunikasi Anda menjadi satu. Sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab email, telpon, obrolan.

2. LiveChat

LiveChat memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan dengan pengunjung website Anda. Kotak obrolan pasif yang terletak pada bagian bawah memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan pelanggan potensial secara efektif.

6. Search Engine Optimization Tools

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu teknik yang Anda butuhkan untuk dapat peringkat di mesin pencari dan ditemukan oleh target pasar Anda. Pekerjaan SEO tidak mudah, namun beruntung ada beberapa tools yang bisa membantu Anda.

1. MOZ

MOZ punya dua produk yaitu MOZ Pro dan MOZ Lokal. Produk MOZ Pro membantu praktik SEO klasik, seperti melacak perangkat, memantau upaya pembuatan tautan, dan tentunya menginformasikan kampanye pemasaran konten. Sementara untuk MOZ Lokal memungkinkan Anda untuk meningkatkan daftar SEO lokal. Dengan cara memasukan informasi lokasi bisnis Anda dan MOZ akan membuat daftarnya untuk Anda.

2. SEMRush

SEMRush memiliki digital marketing tools yang built- in yang membantu untuk melacak dan meningkatkan peringkat di mesin pencari. SEMRush juga dapat dimanfaatkan untuk melacak pesaing, mencari backlink, memantau fluktuasi peringkat, dan melakukan analisis pesaing dengan lengkap.

Itulah beberapa digital marketing tools yang bisa Anda coba untuk menjalankan strategi digital marketing Anda dengan baik. Agar dapat berjalan dengan optimal, Anda juga dapat bekerja sama dengan agensi digital marketing untuk merumuskan strategi apa yang tepat dalam menjangkau pelanggan.

 

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

13 hours ago

Branding Product Adalah Hal Penting yang Sering Dilupakan

Apakah Anda sering merasa mengapa produk dari bisnis Anda tidak bisa menarik perhatian target pasar…

2 days ago

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Dengan semakin banyaknya pengakses internet hari ini, digital marketing menjadi semakin dilirik para pelaku bisnis…

1 week ago

Mengaktifkan Instagram Shopping

Apakah bisnis Anda salah satu pengguna akun instagram bisnis? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan…

2 weeks ago

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Ketika Anda terjun ke dunia digital, pasti  akan mendengar istilah Google Adwords dan Google Adsens.…

3 weeks ago

Manfaat Google Adwords

Belakangan ini, produk dari Google lainnya yang semakin menarik perhatian adalah Google Adwords atau juga…

3 weeks ago