Upaya marketing saat ini tidak hanya dilakukan kepada cara-cara offline yang sering juga dikatakan teknik pemasaran tradisional. Tetapi hari ini sudah juga bisa dilakukan secara online atau dikenal dengan pemasaran digital. Tidak heran jika semakin banyak orang yang ingin belajar digital marketing. Sayangnya, tidak semua pebisnis tahu bagaimana memulai untuk belajar digital marketing

Apakah diawali dengan membuat website, atau membuat media sosial? Pasti pertanyaan seperti ini pernah terlintas di kepala Anda. Nah, agar Anda tahu harus bagaimana untuk menerapkan digital marketing, yuk baca penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Digital Marketing

Sederhananya, digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital, terutama internet dan perangkat elektronik seperti ponsel, iklan elektronik, dan media digital lain.

Mengapa Perlu Belajar Digital Marketing

Tahukah Anda, saat ini pengguna internet seluruh dunia sudah mencapai 4,8 miliar orang. Internet hari ini juga sudah bukan lagi barang mewah yang hanya dinikmati oleh segelintir orang, internet hari ini adalah bagian dari keseharian orang-orang. Diikuti dengan perkembangan smartphone membuat keseharian kita tidak bisa lepas dari internet.

Baik itu untuk berinteraksi dengan orang terdekat sampai dengan bertransaksi membeli produk. Melihat hal ini, tentu sebagai pelaku bisnis Anda juga perlu merambah dunia digital, yang menjadi tempat dimana target pasar Anda menghabiskan waktu. 

Menerapkan pemasaran digital juga menjadi strategi yang tepat agar bisnis Anda bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang ada. Apalagi strategi digital marketing juga relatif murah jadi semua pelaku bisnis juga bisa menerapkannya.

Melihat hal ini, tentu belajar digital marketing jadi hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengikuti tren pemasaran saat ini. Apa lagi bila kompetitor Anda sudah terlebih dahulu menggunakan pemasaran digital, tentu Anda tidak ingin semakin tertinggal bukan?

Belajar Digital Marketing Pemula

Digital marketing bukanlah ilmu yang sulit dipelajari, semua orang bisa belajar digital marketing. Untuk permulaan Anda harus mengerti apa saja dasar-dasar ilum pemasaran digital Apa sajakah yang termasuk dalam dasar-dasar tersebut?

2. Menentukan Target Market Produk

Hal dasar dari pemasaran digital adalah menentukan siapa target market dari produk kita. Sebagai contoh kami memilih target para pelaku bisnis dan usaha, laki-laki dan perempuan di usia 20-50, dengan produk jasa digital marketing.

Atau contoh lainnya, bila market Anda para pemilik rumah yang memiliki toilet bau, sehingga Anda menyiapkan produk penetral bau toilet yang ampuh. 

Dengan menentukan target market yang tepat, Anda bisa lebih mudah menyusun strategi pemasaran digital yang lebih tepat sasaran. 

2. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar

Setelah Anda tahu siapa yang jadi target pasar Anda, selanjutnya adalah menentukan apakah produk yang Anda tawarkan benar-benar mereka butuhkan. Caranya adalah dengan melakukan riset sederhana dengan melihat tren, mengadakan FGD, atau juga polling.

3. Pilih Media yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Tujuan dari pemilihan media yang sesuai adalah agar pesan yang Anda sampai diterima oleh target market yang tepat. Contohnya, jika target market Anda adalah ada di rentang usia 16-20 tahun, media sosial seperti TikTok atau Instagram sangat cocok. Tapi jika target Anda B2B menggunakan LinkedIn tentu lebih cocok. Jadi tidak semua channel pemasaran digital atau media sosial perlu Anda coba. Untuk pertama-tama cobalah untuk fokus terlebih dahulu.

4. Membangun Sosial Media 

Setelah Anda mengetahui media sosial mana yang pas dengan bisnis dan target market Anda. Sekarang cobalah untuk membangun media sosial tersebut seprofesional mungkin. Cobalah untuk secara rutin mengupload konten dengan copywriter yang menjual. Tidak lupa juga untuk membangun interaksi dengan target audiens Anda.

5. Pahami Insight dan Evaluasi

Salah satu yang menguntungkan dari belajar digital marketing adalah Anda bisa melihat secara jelas data dan kinerja dari kegiatan yang Anda lakukan, mulai dari berapa jumlah jangkauan, interaksi yang terjadi, rentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan data berharga lainnya.

Nah, data inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengevaluasi bagaimana kinerja pemasaran digital yang Anda lakukan, dan strategi apa lagi yang perlu diterapkan.

6. Optimasi Channel Digital Marketing

Channel pemasaran digital  begitu banyak, untuk membantu Anda menjalankan promosi. Agar dapat mendapatkan hasil yang diharapkan caranya adalah Anda harus belajar digital marketing mengoptimasi channel tersebut.

Jika Anda menggunakan website, Anda bisa meng optimasinya dengan search engine optimization. SEO membuat website mendapatkan trafi secara organik lewat penggunaan kata kunci potensial di setiap halaman website Anda.Atau bisa juga menggunakan SEM yaitu Search Engine Marketing. SEM adalah cara untuk mendapatkan traffic website dengan cara berbayar. Kedua cara ini bisa Anda terapkan untuk website Anda.

Lalu untuk media sosial, Anda bisa menjalankan iklan, sekarang semua media sosial telah memungkinkan Anda untuk beriklan dengan biaya yang relatif murah.

Skill yang Dibutuhkan dalam Belajar Digital Marketing

Apakah ada skill tertentu jika ingin belajar digital marketing? Pasti pertanyaan ini juga pernah muncul di benak Anda. Jawabnya tidak, belajar marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, skillnya adalah kemauan yang besar untuk belajar dan rasa penasaran. 

Kenapa dunia pemasaran digital membutuhkan skill rasa penasaran? Karena dunia pemasaran digital adalah dunia yang dinamis dan terus berkembang, rasa penasaran yang tinggi pastinya membuat Anda terus ingin mengulik dunia pemasaran digital yang luas ini.

Selain itu Anda juga harus konsisten terhadap apa yang Anda pelajari. Karena belajar digital marketing bukan ilmu yang bisa dipelajari dalam waktu singkat.