Facebook terus menjawab kebutuhan penggunanya terutama dalam kebutuhan pemasaran. Saat ini, bisa dikatakan Facebook adalah media sosial dengan fitur yang lengkap termasuk fitur untuk beriklan. Semua fitur pengembangan yang dihadirkan Facebook membuatnya menjadi platform beriklan yang nyaman, salah satunya dengan adanya Facebook Pixel.

Mungkin Anda masih asing dengan fitur satu ini, dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu Facebook Pixel dan mengapa fitur satu ini bisa mendukung iklan Anda di Facebook.

Apa itu Facebook Pixel

Facebook pixel adalah kode yang ditanamkan dalam situs Anda untuk mengumpulkan data yang membantu Anda untuk melacak konversi iklan dari iklan Facebook, mengoptimalkan iklan, membangun jaringan audiens yang ditargetkan untuk iklan di masa depan, dan remarketing. Caranya adalah dengan menempatkan dan memicu cookie untuk melacak pengguna saat mereka mengunjungi situs website dan iklan dari Facebook.

 Sebelumnya, ada dua jenis pixel yaitu pixel konversi Facebook (conversion pixel) dan pemirsa kustom pixel (custom audience pixel). 

Baca juga: Mengenal Instagram Ads untuk Pengiklan Bisnis Pemula

Mengapa Kita Butuh Facebook Pixel?

Ada banyak hal yang Anda akan dapatkan dengan menggunakan Facebook Pixel. Terutama untuk Anda yang sering melakukan iklan di Facebook. Dengan menggunakan fitur satu ini, iklan Anda akan lebih tertarget. Tapi apakah hanya itu saja alasan menggunakan fitur ini? Tentu tidak, masih ada hal lainnya. 

1. Membantu melakukan retargeting

Melalui fitur ini Anda bisa mengetahui grafik peristiwa yang terjadi pada website Anda. Seperti orang-orang yang hampir melakukan pembelian namun tidak melakukan check out, mengunjungi halaman tertentu, hingga mereka yang sudah mendaftar di website Anda.

Nah, dengan ini Anda jadi mudah untuk melakukan retargeting kepada mereka yang sudah pernah mengunjungi website Anda.

2. Membuat lookalike audience

Anda juga bisa membuat lookalike dari orang yang sudah pernah melakukan interaksi di website Anda, seperti mereka yang sudah melakukan pembelian, signup, dan lainnya.

Look Like audience ini sangat membantu Anda untuk menemukan audiens yang serupa dengan orang yang Anda inginkan.

Contohnya jika Anda membuat lookalike audience berdasarkan orang yang sudah pernah melakukan pembelian di website, Facebook akan mencarikan orang dengan kriteria behavior dan minat yang sama.

Semakin banyak audiens size yang Anda punya, maka semakin serupa juga audiens baru yang ditemukan oleh Facebook.

3. Mengoptimasi konversi yang spesifik

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengoptimasi konversi yang spesifik yang terjadi pada website Anda. Tanpa fitur ini, konversi yang bisa dioptimasi hanyalah link klik. Sedangkan dengan fitur ini Anda dapat melakukan optimasi yang lebih selaras dan sesuai dengan bisnis Anda. 

4. Meningkatkan value Facebook Ads

Dengan fitur ini  semua iklan Anda akan secara otomatis ditampilkan pada mereka yang punya kemungkinan besar membeli produk, 

Baca juga: Fungsi Search Engine

Cara membuat Facebook Pixel

Untuk menggunakan fitur ini, hal pertama adalah Anda harus mempunyai akun Facebook yang masih aktif untuk mendaftarkan website Anda. Berikut ini langkah-langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan.

  1. Buka halaman Facebook Pixel dan klik “Buka Pengelola Iklan” 
  2. Setelah login dan masuk ke beranda iklan, klik “Iklan Facebook” dan pilih “Pixel”
  3. Jika sudah berada di halaman Facebook Pixel selanjutnya klik “Create Pixel/Buat Pixel”. 
  4. Lalu tentukan nama pixel dan domain yang digunakan untuk Facebook Pixel.
  5.  Pilih “Hubungkan Platform Partner” jika Anda ingin menghubungkannya dengan WordPress. 
  6. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan logo WordPress.
  7. Selanjutnya Anda cukup mengikuti langkah yang dipandu oleh Facebook.

Setelah selesai di halaman Facebook, selanjutnya Anda perlu menambahkannya di WordPress Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka CMS WordPress lalu arahkan kursor ke plugin dan klik Add New.
  2. Klik upload plugin.
  3. Upload yang sudah diunduh tadi, lalu klik “Install Now”.
  4. Setelah proses instal selesai, klik “Active Plugin”
  5. Kembali ke halaman Facebook lalu klik “Uji Peristiwa” dan masukan nama website yang baru saja Anda pasang plugin tadi. 
  6. Jika statusnya sudah aktif, maka Facebook Pixel sudah terpasang di website Anda.

 

Saat ini, Anda juga bisa memanfaatkan jasa iklan facebook ads untuk menjalankan campaign yang anda perlukan. Dotnext Digital Marketing Agency akan membantu Anda merumuskan konten seperti apa yang sesuai dan juga menentukan persona Anda seperti apa di media sosial.