Tahukah Anda, saat ini 80 persen orang menggunakan search engine untuk mencari solusi dari setiap masalah mereka termasuk juga ketika mengambil keputusan membeli suatu produk. Untuk itu penting sekali untuk sebuah website menerapkan SEO, dan mempunyai fundamental SEO yang kuat.

Fundamental SEO

Setelah mempunyai website, tentu keinginan kita selanjutnya adalah mendapatkan banyak trafik kunjungan dari mesin pencari seperti Google. Nah, hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan website yang dioptimasi dengan SEO. Apakah itu sulit? Tentu tidak.

Untuk dapat mengoptimalkan situs Anda dengan SEO, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi fundamental SEO atau dasar-dasar SEO. Menerapkan SEO membuat website Anda mendapatkan trafik di mesin pencari tanpa memerlukan biaya pemasangan iklan, semuanya adalah hasil organik.

Ada beberapa poin yang menjadi fundamental SEO, yaitu:

  • Keyword Research
  • Melakukan Website Audit 
  • Google Algorithm Update
  • Install Google Analytics, Google Search Console, dan Google Tag Manager
  • Search Engine Checklist
  • Backlink Acquisition Strategy

Bagaimana SEO Bekerja

Nah, untuk bisa membuat website Anda ditemukan di mesin pencari, ada beberapa serangkaian aturan yang perlu diikuti, termasuk juga menyesuaikan lagi struktur website Anda, sehingga crawler yang dikenal robot pemindai dari Google dapat mengakses dan mengindeks situs web Anda tanpa masalah. Hal inilah yang secara sederhana dikenal dengan SEO.

Selain menyesuaikan struktur website agar bisa dipindai, website Anda juga harus diberikan konten berupa kata-kata yang memang punya nilai potensial di mesin pencarian. Kenapa perlu tulisan? Crawler dari Google tidak bisa membaca gambar, jadi website tidak optimal jika hanya berisikan gambar saja.  Ini dikenal dengan optimasi SEO On-Page. 

Optimasi SEO On-Page, seperti namanya adalah kegiatan dimana kita mengoptimalkan halaman dalam website kita, dengan menggunakan konten-konten yang ada di dalamnya dengan memanfaatkan keyword potensial dan beberapa langkah lainnya agar dikatakan SEO-Friendly.

Sebelumnya, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan apa saja keyword potensial untuk website Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan tools gratis yang disediakan Google yaitu Google Trend, atau juga beberapa tools berbayar seperti ubersuggest.

Keyword potensial ini bukan hanya membantu mesin crawels menjelajahi website Anda tapi juga mendorong audiens untuk mengunjungi website Anda.

Setelah Anda berhasil menerapkan SEO On-Page, penting juga untuk menerapkan SEO Off-Page yaitu dengan mendapatkan link referensi, atau juga yang dikenal dengan backlink dari situs website lainnya.

Mengapa hal ini dubuthkan dalam fundamental SEO?Hal ini adalah untuk menunjukan bahwa konten dalam website Anda adalah konten terpercaya dan ini juga akan secara positif mempengaruhi peringkat website. alam terminologi SEO ini dikenal sebagai SEO Off-Page.

SEO Friendly Web Design

Hal fundamental SEO lainnya adalah berkaitan dengan web design. Memiliki situs web yang ramah SEO membuat pekerjaan mesin pencari lebih mudah dan ini meningkatkan peluang peringkat website Anda di mesin pencari.

Ketika kita membicarakan desain website, pasti kita membicarakan warna dan tampilannya. Tapi, ada faktor penting lainnya yang membuat website Anda lebih SEO Friendly. Beberapa faktor tersebut adalah:

  • Struktur situs web
  • Struktur menu
  • Fitur aksesibilitas
  • Struktur URL
  • UX dan Navigasi
  • Struktur tautan internal

Website yang mudah digunakan oleh pengunjung tentunya akan mempengaruhi peringkat website Anda. Dan pada saat yang sama ini juga memudahkan mesin crawler  untuk mengakses dan memahami kontennya, sehingga menjadikan website Anda unggul. 

Faktor Kesuksesan SEO

Ada beberapa faktor yang bisa Anda jadikan acuan agar website Anda punya peringkat tinggi di Google, yaitu:

  • Memiliki konten yang memang dicari dan dibutuhkan pengguna
  • Banyak direferensikan situs web lainnya.
  • Cepat, mobile friendly, mudah digunakan 

Jika website Anda sudah menerapkan beberapa poin tersebut maka fundamental SEO Anda bisa dikatakan sudah baik, namun jiak belum dan Anda masih bingung cara menerapkannya, serahkan saja pada jasa SEO Jakarta.