Google memberikan layanan kepada kita untuk membantu untuk menjalankan dan mengoptimalkan website yaitu Google Analytics. Fungsi Google Analytics sangat banyak untuk membantu Anda mengoptimalkan website dengan mudah dan terukur. Jika Anda belum menginstal Google Analytics, mungkin dengan mengetahui beberapa fungsi pentingnya untuk website, simak artikel ini!

Apa Itu Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google, software berbasis web ini digunakan untuk menganalisis kinerja website Anda. Fitur-fitur yang bisa digunakan antara lain Goals, yang berguna untuk menandai beberapa hal akan jadi tujuan pada website bisnis Anda. Ada juga fitur Campaign yang mempermudah Anda dalam melacak berbagai hal dengan mudah.

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat mengetahui secara jelas mengenai siapa yang jadi pengunjung website Anda lengkap dengan demografi dan halaman mana saja yang banyak dikunjungi. 

Fungsi Google Analytics

Banyak yang masih berpikir jika mempunyai website saja sudah cukup, padahal jika Anda ingin menggunakan pemasaran digital, prosesnya tidak berhenti pada memiliki website saja. Website tersebut harus dioptimasi agar  bisa mendatangkan pengunjung yang akhirnya mendatangkan leads.

Salah satu langkah untuk mengoptimasi website adalah dengan menggunakan Google Analytics. Ada beberapa fungsi Google Analytics yang sangat berguna untuk optimasi website bisnis Anda. Tidak percaya? Simak di bawah ini!

Mengumpulkan Informasi Pengunjung

Fungsi Google Analytics yang pertama adalah mengumpulkan informasi penting mengenai pengunjung website bisnis Anda. Google Analytics mampu mengenali siapa saja yang membuka website Anda. 

Mengetahui karakteristik pengunjung adalah hal yang penting. Mengingat dengan karakteristik inilah kita bisa mengetahui sejauh mana konten yang kita buat bisa bermanfaat dan memang benar-benar konten yang dibutuhkan oleh audiens. 

Bentuk dari informasi pengunjung ini sangat lengkap, Anda bisa melihat demografi mereka, geografi hingga perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengakses website Anda. 

Fungsi Google Analytics untuk Memantau Konten

Selanjutnya, Google Analytics juga berfungsi untuk memantau konten mana saja yang efektif. Dengan menggunakan Google Analytics Anda bisa memantau konten mana saja yang banyak dikunjungi, konten mana yang kurang diminati, hingga konten mana saja yang banyak mengundang interaksi dari audiens. Informasi ini sangat penting agar Anda bisa mengoptimalkan konten yang ada di halaman website tersebut. 

Konten yang bekerja optimal tentu bisa mendatangkan banyak pengunjung ke website Anda.

Sebagai Analytics Intelligence

Google Analytics juga berfungsi sebagai analytics  intelligence, dengan fitur yang diberikannya Anda bisa memperoleh data-data yang diperlukan. Fiturnya bisa memantau kinerja website secara keseluruhan.

Disamping itu juga, Anda akan sangat terbantu dengan kemampuan pemodelan informasi yang canggih membuat Anda bisa mengerti semua data yang disajikan dengan mudah. Google Analytics juga mampu memberi Anda informasi tentang perubahan tren, data terbaru misalnya soal pengunjung website dan halaman website itu sendiri, serta optimasi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas website sehingga mendatangkan pengunjung lebih banyak.

Fungsi Pelaporan

Anda bisa mengecek pelaporan terkait bagaimana pelanggan atau pengunjung berinteraksi dengan website, dengan menggunakan Google Analytics Anda bisa mengetahui berapa pengunjung website, bagaimana interest mereka, bagaimana Goals yang sudah Anda set, apakah sudah tercapai atau hal apa yang perlu Anda optimalkan dari website untuk mencapai Google yang Anda capai.

Data Collection dan Management

Google Analytics bisa dibilang merupakan salah satu tools wajib bagi Anda sebagai pemilik website. Tools keluaran Google ini mendukung penggunaan Open Measurement (OM) protocol, aplikasi SDK, dan Library JavaScript. Protocol OM sendiri memungkinkan Anda untuk mengimpor data dari berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan internet. Setelahnya, data yang didapat juga bisa dikombinasikan dengan pihak Anda melalui Google Analytics untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Fungsi Google Analytics adalah Menjadi Tolak Ukur Promosi

Bila Anda ingin melakukan promosi dengan iklan digital menggunakan Google Ads atau Facebook dan Instagram Ads. Data yang ada di Google Analytics bisa menjadi tolak ukur Anda untuk melakukan penargetan. 

Tidak hanya itu, Google Analytics juga membantu Anda untuk mengukur apakah iklan yang Anda pasang itu telah berjalan dengan baik.

Mengetahui Perilaku Pengunjung

Setiap pengunjung website Anda mempunyai karaktersitik yang berbesa-beda. Ada yang akan membuka beberapa halaman, ada pula yang langsung melakukan transaksi. Namun ada juga yang langsung pergi setelah mengunjungi satu halaman.

Itulah fungsi Google Analytics yang sangat membantu untuk mengoptimasi website Anda.Ketika Anda sudah memahami betapa pentingnya Google Analytics untuk bisnis Anda. Selanjutnya adalah Anda harus mengembangkan konten dan mengoptimasi website berdasarkan data yang disajikan. Ini jadi hal penting karena walau Anda sudah memiliki website, tidak otomatis website dapat langsung ditemukan di Google. Anda perlu melakukan optimasi sesuai standar Google.

Optimasi website bisa dilakukan dengan cara search engine optimization, jasa SEO DOTNEXT siap membantu Anda. Jasa SEO akan mengoptimalkan setiap halaman Anda dengan kata kunci yang paling banyak dicari oleh target pasar Anda.

Dengan begini Anda bisa mendapatkan peningkatkan pengunjung dan juga berada di halaman pertama Google. Berada di halaman pertama dapat meningkatkan kesempatan Anda 10x lipat untuk mendapatkan pengunjung. Tertarik dengan jasa SEO DOTNEXT? Jangan sungkan hubungi kami di sini. Kami juga akan memberikan jasa audit SEO gratis untuk website Anda.