Categories: website development

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita sehari-hari banyak fungsi search engine yang memudahkan kita baik dalam bisnis atau lainnya. Tapi mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui secara dalam fungsi search engine mari simak dalam artikel ini!

Fungsi Search Engine

Di keseharian kita, pasti ada waktu-waktu di mana kita mencari informasi di internet menggunakan search engine seperti Google. Tempat mencari informasi secara online adalah salah satu fungsi search engine yang sudah kita ketahui bersama. Apakah hanya itu saja fungsi dari search engine? Tentu saja tidak, masih ada fungsi lainnya, seperti berikut ini.

Baca juga:  Apa itu Search Engine

1. Memudahkan dalam mencari alamat website

Tahukah Anda, search engine punya kapasitas yang sangat besar dan akan terus disesuaikan dengan pertambahan jumlah pengguna internet yang pada akhirnya search engine dapat memiliki berbagai informasi yang Anda butuhkan. 

Dengan kapasitas yang tidak terbatas tersebut, Anda bisa dengan mudah mencari alamat website.

2. Memiliki bahasa pencarian yang lengkap

Mesin pencari digunakan di seluruh dunia, untuk memenuhi kebutuhan seluruh dunia, mesin pencari punya fungsi untuk bisa menyediakan berbagai macam bahasa. Sehingga ini akan memudahkan orang dari belahan dunia mana pun untuk menggunakan search engine.

3. Efektif untuk browsing

Search engine memberikan kita kemudahan dan keleluasaan untuk mencari yang kita butuhkan dari berbagai sumber website. Hanya dengan mengetik beberapa keyword, mesin pencari akan menampilkan website atau blog yang sesuai untuk kita. Tidak terbayangkan jika fungsi satu ini tidak ada, berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mencari satu informasi. 

4. Sumber finansial

Search engine bisa difungsikan sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Caranya bisa dengan memasang iklan, setiap pengguna yang mencari informasi akan menuliskan kata kunci sesuai dengan yang mereka inginkan. Nah, iklan-iklan yang berkaitan dengan kata yang mereka tuliskan akan muncul sehingga pengunjung akan tertarik untuk melihat iklan tersebut.

5. Media pemasaran

Fungsi search engine kian hari kian berkembang, salah satunya adalah menjadi bagian dari media pemasaran. Saat ini, mempunyai website perusahaan adalah hal yang harus, sebab pembeli saat ini lebih aktif dan cerdas, mereka akan mencari terlebih dahulu produk yang ingin mereka beli di search engine untuk menemukan website.

Baca juga: Cara menguji kecepatan internet

Algoritma Search Engine

Algoritma adalah bahasa matematika yang artinya adalah proses perhitungan. Dalam istilah search engine, algoritma adalah pemrosesan data, perhitungan, dan penalaran otomatis.

Spider mesin pencari akan menggunakan proses algoritma yaitu program komputer untuk menentukan mana situs yang harus ditelusuri. seberapa sering, dan sebanyak apa laman yang diambil dari sebuah situs.

DOTNEXT DIGITAL