Categories: website development

Harga Pembuatan Website Profesional

Ketika Anda memutuskan untuk membuat website baik itu website company profile atau juga yang mendukung Anda untuk berjualan online, pasti pertama kali yang terbesit dalam benak Anda adalah berapa harga pembuatan website?

Tentu ini menjadi pertanyaan pertama Anda sebelum Anda beranjak pada pertanyaan-pertanyaan lebih mendalam tentang website yang akan Anda buat. Sebagai bagian dari cara pemasaran, tentu harus ada penganggaran dana yang disesuaikan. Nah, berikut ini beberapa estimasi harga pembuatan website.

Harga Pembuatan Website

Pada dasarnya, harga pembuatan website ditentukan dari tingkat kesulitan dan ukurannya. Tapi hari ini, dengan semakin banyaknya penyedia jasa pembuatan website dengan beragam keunggulannya, Anda dapat mendapat gambaran berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk satu buah website. 

Untuk ukuran, ini menyangkut tentang seberapa besar bisnis yang Anda jalankan. Apakah bisnis Anda masih berukuran kecil, menengah, atau juga besar.

1. Bisnis Kecil

Salah satu keistimewaan dari digital marketing adalah pemasaran yang satu ini dapat digunakan oleh segala jenis ukuran bisnis, bahkan juga bekerja sangat baik untuk bisnis kecil yang ingin terus berkembang. Salah satunya dengan membuat website. Website untuk bisnis kecil tentu tidak bisa disamakan dengan bisnis yang sudah besar dan berkembang. Jika bisnis kecil Anda ingin membangun website, website akan cenderung tidak terlalu kompleks sehingga biaya yang Anda butuhkan masih relatif terjangkau, biaya ada di kisaran 2.000.000 hingga 3.000.000.

2. Bisnis Menengah

Bisnis Anda adalah sebuah bisnis yang tengah berkembang, Anda mulai kewalahan untuk mengelola pesanan dari pelanggan. Anda membutuhkan sebuah website untuk membantu Anda menangani semua itu. Website Anda nantinya akan punya banyak halaman, dengan citra desain khusus, dan akan fungsi unik yang disesuaikan dengan bisnis Anda. Maka dengan begitu, biaya pembuatan website berkisar 10.000.000-22.000.000

3. Bisnis Besar

Sebuah bisnis besar yang akan mengadopsi website, akan memiliki ratusan halaman, dengan manajemen konten yang baik, fungsi unik dan fitur khusus yang akan disesuaikan. Ini bisa menjadi sangat rumit, dan akan memakan biaya yang cukup besar yaitu 32.000.000 hingga 52.000.000.

Jenis-Jenis Website

Anda perlu mengetahui jenis website berdasarkan fungsionalnya sehingga Anda punya gambaran yang jelas mengenai estimasi harga. Tiap jenis website punya estimasi pembuatan yang berbeda. 

E-commerce

Website jenis ini semakin banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis produk untuk menjangkau pelanggan mereka. Jenis website ini punya tampilan yang khas untuk menarik konsumen. Biaya pembuatannya juga tidak murah, hal ini karena e-commerce harus dikembangkan dengan responsibilitas yang tinggi agar konsumen merasa nyaman.

Selain itu, website juga harus mampu menjawab kebutuhan konsumen terhadap keluhan dan pertanyaan mengenai produk, baik dengan menghadirkan live chat, atau kolom komentar dan sebagainya.

Company Profile

Saat ini, Anda harus bisa ditemukan secara online. Orang akan mempertanyakan eksistensi bisnis Anda jika mereka tidak dapat menemukan Anda di mesin pencarian. Untuk itu, Anda membutuhkan website company profile. Website company profile akan menyajikan informasi lengkap tentang perusahaan Anda. Biasanya untuk harga, website ini tidak terlalu besar.

Web Service

Website ini biasa digunakan dalam bidang jasa apapun, seperti keuangan, penyimpanan. Estimasi pembuatan website ini juga terbilang besar karena kebutuhannya hampir serupa dengan e-commerce.

Estimasi Biaya Pembuatan Website

Biaya yang dianggarkan akan sepenuhnya digunakan untuk membangun dan mengembangkan website Berikut ini adalah biaya-biaya yang diperlukan untuk website Anda.

A. Nama Domain

Mengapa Anda membutuhkan domain atau URL, URL ini adalah apa yang akan orang ketik untuk bisa sampai ke situs Anda. Domain juga bisa menjadi pembeda Anda dengan pesaing. Nama domain ini akan disesuaikan agar tidak terlalu rumit dan mudah diingat. 

Harga sebuah domain sangat bervariasi, tergantung dari jenisnya. Domain yang paling umum digunakan adalah TLD (Top Level Domain) seperti .com, .org, .net, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga jenis domain .id, dan .co.id. Untuk domain jenis ini memerlukan persyaratan khusus untuk dapat digunakan. 

Domain memiliki umur tertentu, untuk memiliki domain yang berumur panjang, tentu Anda membutuhkan biaya yang lebih besar.

B. Web Hosting

Setelah Anda mempunyai nama domain, kebutuhan yang tidak kalah penting adalah sebuah web hosting. Sederhananya, jika domain adalah sebuah alamat, tentu perlu sebuah tempat untuk menyimpang barang Anda, nah inilah apa yang disebut dengan web hosting. Web hosting diperlukan untuk menyimpan data yang akan ditampilkan di website Anda mulai dari kode, media,teks, dan lain sebagainya. 

Ada tiga jenis web hosting, VPS, Shared Hosting, dan Cloud Hosting.

1. Shared Hosting

Hosting jenis ini banyak digunakan untuk website baru dengan kebutuhan mendasar dan traffic yang belum terlalu banyak. Hosting jenis ini juga cocok digunakan untuk website jenis company profile dengan konten statis atau juga blog pribadi.

2. VPS Hosting

Jenis hosting yang satu ini akan menyimpang banyak website dalam satu server yang sama namun dengan akun yang berbeda. VPS biasanya hanya mampu menampung 10-20 user dengan pembagian kapasitas memori yang sama. 

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan banyak server yang terhubung satu sama lain, yang kemudian digabungkan dengan satu sistem komputasi awan.

Salah satu keuntungan menggunakan cloud hosting adalah, Anda dapat memonitor penggunaan memori sehingga Anda bisa dengan leluasa menambahkan fitur atau lainnya. Selain itu, website Anda tidak akan mengalami website tidak dapat diakses karena server down. Karena sistem banyak server, jika salah satu server down, server lain akan menggantikannya. 

Hosting jenis ini sangat cocok jika website Anda mempunyai lalu lintas yang ramai, seperti e-commerce, web apps, dan lain sebagainya.

C. Framework dan CMS

Untuk dapat menampilkan isi dari website Anda, dibutuhkan sebuah platform seperti Framework CMS. CMS yang paling umum digunakan dalam membangun website adalah WordPress. WordPress bisa dibilang sangat efektif dalam pengeluaran karena punya banyak plug in yang beragam dan beberapa juga gratis. Fitur lanjutan, dikenakan biaya, biaya akan disesuaikan dengan jenis plug-in.

D. Penyesuaian Desain

Untuk membuat website Anda punya nilai estetik, Anda membutuhkan sebuah web desain profesional. 

Tahap ini dimulai dari memutuskan apakah website Anda perlu didesain ulang atau membuat yang baru. Tentu jika desain sudah ada dan hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian, biaya akan lebih murah dan waktu pengerjaan lebih cepat. Berbeda dengan desain baru, memerlukan biaya yang lebih besar dan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama. 

Jika website Anda nantinya pun dibangun dengan CMS WordPress, untuk mendapatkan tampilan yang lebih mewah atau khas, Anda perlu mengeluarkan biaya khusus.

E. Pengembangan

Selanjutnya adalah bagian pembuatan fitur-fitur untuk mendukungnya secara fungsional dan juga berkaitan dengan penyimpanan basis data. Ini sepenuhnya akan dilakukan oleh web developer yang Anda percayai. 

F. Konten

Tentu tiap halaman di website Anda membutuhkan sebuah konten. Seperti konten tentang latar belakang bisnis, kontak, atau juga artikel yang dapat meningkatkan traffic website Anda.

Biasanya, jika Anda mempercayai website Anda kepada web development, mereka juga akan memberikan solusi konten apa yang sesuai nantinya di website Anda.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 days ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

4 days ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

3 weeks ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

1 month ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

2 months ago

Tips Desain Produk Kreatif

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali yang memengaruhi keberhasilan berbisnis. Salah satunya adalah desain kemasan…

2 months ago