Pengertian, Fungsi, dan Cara kerja Hosting Indonesia

Hosting Indonesia – Dalam kebutuhan bisnis, perusahaan umumnya menggunakan paket hosting untuk bisa mengelola website dengan baik. Tujuannya agar mudah dikenali oleh pengguna di internet. Hosting adalah layanan penyimpanan dan sumber daya komputasi kepada individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan situs web dan layanan terkait.

Apa yang Dimaksud Hosting Indonesia?

Hosting Indonesia merupakan tempat untuk menyimpan semua file dan data website agar bisa diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website dapat berupa video, gambar, email, aplikasi, script, dan database.

Tanpa hosting, tentunya Anda tidak bisa membuat website. Itu sebabnya, Anda perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website. Ini seperti membangun rumah. Jika ingin membangun rumah yang besar, luas tanahnya juga harus lebih besar bukan?

Layaknya sebuah website, jika Anda ingin membangunnya dengan kapasitas dan performa yang tinggi, Anda membutuhkan hosting dengan resource yang besar.

Apa Saja Fungsi Hosting?

Hosting mempunyai banyak kegunaan yang bisa Anda manfaatkan. Berikut beberapa fungsi menggunakan hosting.

  1. Penyimpanan data

Fungsi utama hosting yaitu sebagai tempat menyimpan data dari website atau aplikasi secara online yang akan memudahkan para pengguna internet untuk dapat mengakses data tersebut secara online.

Ukuran sebuah hosting, apalagi hosting berbayar akan bervariasi, mulai dari 30 MB, 50 MB, hingga ratusan GB yang bisa disediakan, dan dibayar oleh pemilik website untuk menyimpan banyak data atau file di website tersebut.

Tujuannya ialah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mencari dan menemukan data yang mereka cari pada satu atau beberapa website tertentu yang biasa digunakan sebagai perpustakaan online di internet.

  1. Membuat Halaman Situs Web

Hosting berfungsi untuk membuat situs dengan banyak informasi dan dokumen yang berkaitan dengan pengguna atau bisnis di dalamnya. Dengan menggunakan paket hosting, halaman website Anda akan ditampilkan di search engine sehingga bisa diakses oleh pengunjung melalui internet.

  1. Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Jika Anda ingin membuat website toko online, maka Anda harus menggunakan hosting agar informasi yang dicantumkan dapat terindeks oleh mesin pencari. Pengembangan website toko online berpotensi mendatangkan konsumen yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas.

  1. Membuat Email Profesional

Hosting berfungsi untuk membuat email profesional dengan domain Anda sendiri. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Di sini, Anda akan terlihat lebih profesional.

  1. Mampu Melindungi Website dengan SSL

Hosting juga melindungi website dari serangan virus, malware, serangan DDOS atau spam. Nah, dengan hosting, Anda bisa memasang SSL (Secure Socket Layer) sehingga situs Anda lebih aman dan optimal.

  1. Tingkatkan SEO situs web

Secara tidak langsung, fungsi hosting bisa meningkatkan SEO website. Jika kualitas hosting bagus, maka website Anda akan lebih cepat, aman, dan stabil. Bukan rahasia lagi jika website yang lambat menjadi alasan utama mengapa pengunjung meninggalkan website tersebut.

Cara Kerja Web Hosting

Web hosting terjadi saat file dengan bentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web. Sumber daya server, mulai dari RAM, ruang hard drive, serta bandwidth akan dialokasikan ke situs web yang memanfaatkannya.

Pembagian resource server berbeda-beda, yaitu berdasarkan jenis paket hosting yang dipilih. Untuk memilih paket hosting yang cocok, Anda harus terlebih dulu membedakan antara paket yang tersedia.

Umumnya penyedia layanan web hosting akan menyediakan paket agar bisa diakses di server dengan melalui solusi. Ini akan memudahkan Anda mengunggah file melalui server. Sehingga ketika Anda sudah mempunyai website domain tinggi, situs tersebut akan diarahkan ke server yang memungkinkan pengguna untuk mengunjunginya melalui browser mereka.