Beginilah Cara Membuat Situs Web Agar Mobile Friendly

Mobile Friendly- Smartphone atau telepon pintar kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat global. Karena ponsel pintar ini sebenarnya bisa mendukung hampir setengah dari pekerjaan manusia.

Jadi anda tak perlu heran apabila berbagai kalangan yang ingin mendapatkan ponsel canggih ini rela mengeluarkan banyak sekali uang. Hal ini juga berlaku bagi para pebisnis yang ingin memanfaatkan momen ini untuk menjalankan bisnisnya.

Banyak pebisnis yang mulai membuat mobile website yang sangat friendly bagi penggunanya. Karena hanya dengan smartphone pengguna dapat mengakses website yang tampilannya sama seperti di perangkat komputer atau laptop.

Apa itu Mobile Friendly?

Mobile friendly website adalah website yang diatur agar dapat dengan mudah dioperasikan pada perangkat mobile yang memiliki perangkat layar kecil. Dan sebenarnya tidak hanya di perangkat seluler tetapi juga di tablet dengan perangkat berukuran sedang.

Istilah ini muncul karena pesatnya perkembangan teknologi pada perangkat mobile, khususnya smartphone yang terintegrasi dengan baik dengan internet. Karena alasan ini, banyak orang lebih suka mengakses situs web melalui perangkat seluler karena menurut mereka lebih nyaman dan mudah.

Karena saat ini jumlah penggunanya sangat banyak bahkan sangat besar dibandingkan dengan PC, Google juga mengembangkan algoritmanya untuk memperhitungkan dampak penggunaan seluler untuk memaksimalkan hasil pencarian.

Konsep mobile friendly  sama seperti konsep responsive yaitu membuat website supaya dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat. Perbedaannya hanya pada khusus dan umum saja.

Situs web responsif sangat umum, yaitu memungkinkan situs web beradaptasi dengan perangkat apa pun, dari PC dengan ukuran layar lebar atau berbeda hingga layar seluler. Sedangkan mobile friendly lebih difokuskan pada perangkat mobile baik itu handphone maupun tab. jasa pembuatan website

Point Penting Mobile Friendly

Dalam implementasinya, sebuah website yang mobile friendly setidaknya harus memenuhi prasyarat, seperti:

  • Mudah diakses dari berbagai kondisi jaringan internet di perangkat mobile/hp.
  • Teks terlihat dan terbaca secara optimal dari perangkat seluler/hp.
  • Elemen tidak ditumpuk satu sama lain, termasuk tombol Ajakan Bertindak, gambar, dan elemen lainnya.
  • Jika ada iklan (iklan) tidak menutup konten sehingga mengurangi pengalaman pengguna.

Cara Membuat Situs Web Anda Agar Mobile Friendly

Jadi, bagaimana Anda membuat situs web Anda Mobile Friendly? Berikut adalah sembilan tips yang akan membantu Anda:

Jangan Membuat Situs Web Mobile Friendly Diskrit

Dulu saat Anda mendesain situs web untuk penggunaan seluler, Anda akan memangkas konten yang cocok untuk penggunaan seluler. Namun, Anda tidak dapat mengontrol konten yang dibutuhkan atau diinginkan pengguna. jasa pembuatan website 

Jangan lupa gunakan Google Page Speed Insights untuk mengetahui elemen apa saja yang membuat loading website menjadi lambat. Dengan demikian, konten website yang Anda sajikan, baik tampilan desktop maupun tampilan perangkat mobile harus sama.

Gunakan Desain Responsif

Desain responsif memungkinkan pengembang web membuat situs web yang akan mudah dilihat dalam berbagai ukuran di berbagai perangkat. Ini akan mengurangi tugas yang harus dilakukan pengembang web saat membuat situs web.

Desain responsif memenuhi kebutuhan akan penggunaan tata letak dan gambar yang fleksibel, serta penempatan item yang efektif. Saat desain responsif digunakan di situs web, halaman situs web dapat mendeteksi ukuran layar, orientasi pengguna, dan mengubah tata letak yang sesuai.

Selalu Sertakan Viewport Meta Tag

Area pandang adalah area virtual yang digunakan oleh mesin rendering browser untuk menentukan bagaimana konten diskalakan dan diukur. Itulah mengapa area pandang adalah bagian penting dari kode saat membangun situs web yang sesuai untuk seluler. Tanpanya, situs web Anda tidak akan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.

Apa yang dikatakan tag meta viewport kepada browser adalah bahwa halaman web terkait harus sesuai dengan ukuran layar. Ada banyak konfigurasi berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol viewport Anda.

Pentingnya Menyesuaikan Ukuran Font dan Tombol

Ukuran font dan tombol pada website Anda sangat penting untuk diperhatikan saat mengimplementasikannya pada perangkat mobile. Untuk ukuran font, minimal bisa menggunakan ukuran 14px.

Meskipun terlihat besar, ini akan membantu pengguna tidak perlu melakukan zoom lagi. Untuk ukuran kecil, minimal 12px, Anda bisa menggunakannya untuk teks di label atau untuk formulir misalnya.

Gunakan Gambar Resolusi Tinggi

Untuk memastikan kenyamanan dan pengalaman pengguna gambar beresolusi tinggi sangat penting bagi situs web Anda,  sama seperti Instagram. Model perangkat iOS terbaru memiliki layar HD (definisi tinggi) dengan resolusi gambar tinggi.

Demikian penjelasan dari saya tentang beginilah Cara Membuat Situs Web Agar Mobile Friendly menurut jasa pembuatan website semoga bermanfaat, terimakasih.