Internal link adalah – pastinya Anda secara tidak sadar pernah melihat tautan internal. Dalam dunia SEO, internal link merupakan yang tidak bisa terpisahkan. Karena, kehadirannya csangat penting untuk mengoptimasi website Anda agar muncul di halaman teratas mesin pencarian.

Namun, bagi Anda yang baru terjun ke dunia SEO maupun pengelolaan website, pastinya masih bertanya-tanya apakah internal link itu. Jadi, Anda dating ke ulasan yang tepat, karena dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai internal link lebih lanjut.

Mari langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Apa Itu Internal Link?

Sesuai dengan namanya, internal link adalah link atau tautan dari satu halaman ke halaman yang lainnya pada website yang sama. Pasti Anda pernah mengalami ketika sedang membaca artikel lalu terdapat tulisan “Baca Juga” kemudian terdapat judul artikel lain yang bisa Anda klik.

Itu adalah salah satu contoh internal link, yang sering ditemukan. Jadi, tautan internal merupakan bagian penting dari SEO, karena bisa membantu Google untuk melakukan indeks pada website Anda, dan untuk memahami strukturnya secara keseluruhan.

Karena, jika search engine dapat memahami website Anda secara keseluruhan, tentunya lebih memudahkan website untuk mendapatkan ranking teratas di halaman mesin pencarian. Jika search engine bingung dengan website Anda, maka peluang untuk mendapatkan tempat teratas di halaman mesin pencarian tentunya semakin sedikit.

Cara Optimasi Internal Link pada Website

Setelah Anda mengetahui pengertiannya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan optimasi pada tautan internal . Mari langsung saja kita mulai ke pembahasannya:

Buat Konten yang Berhubungan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang saling berhubungan. Tapi, untuk membuat konten yang berhubungan, tentunya Anda akan memerlukan banyak konten. Karena, jika Anda tidak memiliki konten, berarti hanya sedikit atau bahkan tidak ada tautan internal yang dapat dipasang.

Intinya, semakin banyak konten yang Anda miliki maka semakin banyak juga tautan internal yang bisa Anda masukkan.

Gunakan Keyword pada Anchor Text

Anda pasti tidak asing dengan anchor text. Anchor text adalah teks yang berisi link atau tautan yang dapat diklik. Teks ini berbeda dari teks biasa, dan biasanya anchor text memiliki warna biru. Ketika Anda menggunakan anchor teks untuk tautan internal, Anda jangan lupa untuk masukkan keyword mengenai halaman yang dituju.

Anchor text dapat membantu Google dan juga pengunjung website untuk memahami isi dari link tersebut, tanpa harus mengekliknya.

Link ke Halaman Relevan

Gunakanlah tautan internal ketika Anda merasa bahwa terdapat halaman atau konten lainnya yang relevan ke halaman tersebut. Karena, jika tidak ada hubungannya, kemungkinan tautan tersebut di klik oleh pengunjung akan kecil.

Jika klik halam tersebut rendah, pastinya juga engagement semakin rendah. Masalahnya, search engine akan menganggap kalau internal link tersebut tidak sesuai dan akhirnya bisa berdampak buruk pada strategi SEO Anda. Jadi, pasanglah link atau tautan yang sesuai dan bisa mendorong pengunjung untuk mengklik atau membaca halaman tersebut.

Baca Juga: Backlink Adalah: Pengertian, Manfaat dan Lainnya.

 

Gunakan Anchor Text yang Bervariasi

Tidak semua anchor text bisa sesuai dengan kalimat yang ditulis. Jadi, jangan salah memasukkan anchor text yang sama pada setiap konten. Anda harus membuatnya lebih bervariasi supaya terlihat natural.

Gunakan Link Dofollow

Link dofollow merupakan jenis link yang mempersilahkan search engine untuk mengikuti link tersebut. Mungkin langkah ini terlihat jelas, tapi tak jarang orang yang justru memasang nofollow pada internal link sehingga search engine mengabaikan link tersebut. Anda harus pastikan Anda menggunakan link dofollow, pada semua tautan internal agar Google bisa mengikuti link tersebut.

Link ke Page Penting di Website

Ketika Anda memasang internal link, authority pada halaman website tersebut juga akan dibagikan ke halaman yang lainnya. Jadi, semakin tinggi authority yang akan dibagi, semakin baik juga pengaruhnya untuk SEO website Anda. Pleh karena itu, Anda harus mengusahakan Anda memasang link pada halaman yang authority tinggi ke halaman lain yang Anda ingin dapatkan rangking.

Sekian ulasan mengenai internal link semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dalam memahami tautan internal. Jika Anda memiliki website dan tidak ingin pusing memikirkan SEO, Anda bisa gunakan jasa SEO di Jakarta yaitu DOTNEXT. Tidak hanya SEO saja, kami juga melayani jasa yang lainnya yaitu jasa pembuatan website, pembuatan konten media sosial, desain grafis dan lainnya. Konsultasikan bisnis Adnda bersama kami  di sini.