Hari ini, hampir semua brand mempunyai akun media sosial, seperti Instagram. Instagram sendiri punya fitur yang bisa dibilang lengkap untuk kebutuhan kegiatan pemasaran, yaitu dengan tersedianya Instagram insight, yang terdapat berbagai istilah dalam Instagram insight yang memberikan penjelasan tentang perkembangan pos dan akun kita. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

Apa itu Instagram insight

Instagram insgiht adalah salah satu fitur yang tersedia di Instagram. Ini adalah alat analisis asli yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut, serta konten Anda. Informasi ini memudahkan untuk membandingkan konten, mengukur kampanye, dan melihat bagaimana kinerja masing-masing posting.

Fitur ini tersedia untuk akun bisnis, jadi untuk bisa menggunakan fitur satu ini, Anda harus merubah akun Anda dari akun personal menjadi akun bisnis.

Istilah dalam Instagram insight

Dalam Instagram insight, ada beberapa istilah yang berisikan matriks-matriks penting mengenai konten dan akun bisnis Anda. Agar dapat memahami dan menggunakan Instagram insgiht dengan baik.

Instagram insight sendiri, terdiri dari 3 navigasi penting, yaitu:

1. Activity

Ini adalah bagian dalam fitur insight yang menerangkan dari tindakan para pengguna terhadap akun atau hal yang kita unggah. Dalam tab Activity ini, terdapat sub kategori, yaitu:

A. Interaction

Di subbagian ini, Anda dapat melihat jumlah tindakan yang dilakukan pada akun Anda dalam seminggu terakhir, diikuti oleh daftar metrik lainnya.

  • Kunjungan profile: Jumlah pengguna yang telah mengunjungi profil Instagram Anda.
  • Klik Situs Web: Jumlah pengguna yang telah mengklik tautan situs web di bio Anda.
  • Email: Frekuensi pengguna mengetuk Email di profil Anda.
  • Panggilan: Frekuensi pengguna mengetuk Panggilan di profil Anda.

B. Discovery

Subbagian berikutnya menampilkan keseluruhan kinerja dan pengaruh akun Instagram Anda menggunakan dua metrik kunci, yaitu:

  • Reach: Jumlah akun unik yang telah melihat pos Anda.
  • Impressions: Jumlah total kali semua pos Anda dilihat.

Informasi minggu-demi-minggu ini sangat berharga, karena Anda dapat membandingkan jangkauan Anda tergantung pada kampanye atau aktivitas sosial tertentu. Melacak metrik ini penting untuk mengetahui apakah upaya Anda untuk mempromosikan akun Instagram Anda berhasil, dan harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran media sosial Anda kedepannya.

2. Content

Tab content memberi Anda analisis terperinci tentang setiap posting di profil Anda. Di sini Anda dapat melihat perbedaan mengenai tingkat tayangan dan keterlibatan yang dikumpulkan posting Anda hari demi hari. Anda dapat melihat interaksi total dari setiap posting, engagement, rincian penemuan posting Anda. Ini termasuk dari mana semua impressions Anda berasal: baik itu tagar, langsung melalui profil, umpan rumah, atau lainnya.

Insight diurutkan berdasarkan jenis konten, metrik, dan periode waktu. Jika Anda ingin memeriksa kinerja beberapa pos tertentu yang Anda bagikan beberapa waktu lalu, lalu ketuk “Lihat semua” untuk menjelajah lebih lanjut. Cara lain untuk mengakses tab content adalah dengan mengklik “View Insight” yang berada di bagian bawah setiap pos.

A. Instagram Story

Insight content juga melihatkan hasil dari Story, tidak hanya feed saja. Insgiht untuk story sendiri terdiri dari:

  • Impressions: Frekuensi Story Instagram Anda terlihat.
  • Reach: Jumlah akun unik yang melihat pos di Instagram Story Anda.
  • Exited: Frekuensi pengguna menyapu dari cerita tertentu.
  • Replies: Jumlah balasan ke foto atau video tertentu dalam cerita Anda.
  • Viewers: Pengguna spesifik yang telah melihat pos tertentu di cerita Anda.
  • Forward: Jumlah pengguna yang melewatkan posting Story.
  • Backwards: Jumlah pengguna yang kembali dari pos Story.
  • Next Story: Jumlah ketukan ke kisah akun berikutnya.

Menggunakan insight Instagram untuk story dapat menghasilkan kesimpulan pada jenis konten yang paling berhasil. Selanjutnya Anda dapat mengukur minat audiens Anda pada story Anda.

B. Promotion

Anda juga dapat menemukan metrik yang berkaitan dengan promosi apa pun dan iklan berbayar yang telah Anda terbitkan atau telah berjalan di akun Anda. Ini meliputi:

  • Jumlah Kunjungan Profil dari pos promosi Anda.
  • Jumlah Tayangan, Jangkauan, dan Keterlibatan pada pos.
  • Jenis Kelamin, Usia, dan Lokasi pemirsa yang melihat pos.

Dengan insight ini, Anda dapat mengevaluasi kampanye promosi berbayar Anda, dan melihat posting mana yang paling efektif dalam mencapai tujuan bisnis yang Anda tetapkan.

3. Audience

Istilah dalam Instagram insights terakhir adalah audience. Di sinilah Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa pengikut Anda dan di mana mereka tinggal, serta melihat bagaimana jumlah pengikut Anda naik atau turun atau tidak bergerak dari minggu sebelumnya.

Dalam tab ini, nda akan menemukan 4 set informasi utama tentang pengikut Anda:

  • Gender: Pemisahan persentase pengikut Anda, berdasarkan jenis kelamin.
  • Rentang Usia: Usia rata-rata dari pengikut.
  • Top Lokasi: Lokasi pengikut Anda berdasarkan Kota dan Negara.
  • Pengikut: Waktu paling aktif dari pengikut Anda, menurut jam hari dan hari dalam seminggu.

Bagian yang satu ini dapat membantu untuk membangun dan meningkatkan strategi pemasaran Instagram Anda. Anda tidak hanya dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang siapa yang mengikuti Anda, tetapi Anda juga dapat menguraikan waktu di mana pengikut Anda paling aktif, membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan posting Instagram Anda dengan lebih baik untuk menjangkau orang-orang yang paling potensial.

Itulah penjabaran lengkap tentang istilah yang ada di Instagram insight yang sangat berguna untuk Anda terutama pelaku bisnis untuk dapat lebih mengembangkan bisnis melalu media sosial seperti Instagram Bisnis yang juga bisa diintegrasikan dengan Facebook Bisnis.

Instagram mulai mengembangkan sistem periklanan pada 2015 lalu setelah diakusisi oleh Facebook. Setelah dibuka, iklan Instagram dengan cepat berkembang dan dilirik sebagai tujuan untuk iklan. Pengelolaan iklan Instragam dikelola dengan pengelolaan iklan Facebook, dengan begitu sangat memungkinkan untuk membuat iklan di dua platform tersebut. Untuk pilihan jenis iklan, seperti Facebook, Instagram juga menawarkan pilihan beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Saat ini Dotnext Digital menyediakan jasa iklan instagram ads bagi anda secara personal dan pemilik bisnis untuk mempermudah campaign digital marketing.