Saat Anda menggunakan Instagram sebagai salah satu media digital marketing bisnis Anda, ada dua metrik penting yaitu reach dan impression. Dua metrik ini bisa menjadi tolak ukur kita ketika meluncurkan ads, dan melihat hasilnya. Tapi masih banyak yang belum bisa membedakan istilah reach dan impression Instagram dan mana yang lebih penting.

Istilah reach dan impression Instagram

Istilah reach dan impression bukanlah sebuah istilah yang baru dalam media sosial, Anda bisa menemukan ini juga di media sosial lainnya seperti Facebook. Tapi, tiap media sosial memiliki pengertian yang berbeda.

Dalam Instagram, reach mengacu pada jumlah akun unik yang telah melihat konten. Jika 100 akun telah melihat konten Anda, maka jumlah reach yang Anda dapatkan adalah 100. Sedangkan untuk impression sendiri mengacu pada berapa kali konten Anda telah tampil di layar pengguna. 

Jadi semisal konten Anda telah tampil di 300 layar pengguna, maka total impression yang konten Anda dapat adalah 300.

Biasanya, jumlah impression akan lebih tinggi daripada reach, hal ini karena 1 user dapat menghasilkan impression lebih dari 1 impression, tergantung dari seberapa banyak user tersebut melihat konten.

Pentingnya mengetahui perbedaan reach dan impression

Mengetahui perbedaan reach dan impression untuk Anda yang menerapkan pemasaran melalui Instagram. Apalagi ketika Anda nantinya melakukan pemasangan iklan, tentu kita harus mengetahui apakah iklan kita berhasil atau tidak. Mengetahui perbedaan reach dan impression juga akan membantu Anda untuk:

1. Brand awareness

Jika angka reach Anda mencapai angka yang signifikan, bisa dikatakan juga bahwa brand awareness dari brand Anda mulai naik. Artinya juga, jangkauan bisnis Anda semakin luas. 

2. Menambah audiens

Di dunia social media marketing, jumlah audiens memainkan peranan penting. Mengetahui perbedaan dari reach dan impression membantu Anda untuk memenangkan hati audiens dan dengan begitu bisa menambah audiens untuk akun Anda.

3. Membangun ikatan

Punya banyak pengikut memang baik, tapi itu belum bisa dikatakan berhasil jika tidak adanya ikatan antara brand dan juga audiens.

Dikatakan berhasil jika brand sudah bisa memberikan pengaruh pada audiens. Membangun hubungan yang kuat dan konsisten dengan audiens akan sangat memengaruhi performa strategi social media marketing Anda.

Reach vs impression

Setelah Anda mengenali, perbedaan dari istilah reach dan impression Instagram, lalu mana yang terbaik untuk dilacak dan dijadikan patokan dalam kegiatan social media marketing?

Reach dan impression mengacu pada dua aktivitas yang berbeda tergantung apa sasaran Anda. 

Jika Anda ingin melacak konten Anda dari waktu ke waktu, atau jika Anda ingin mengetahui berapa banyak tayangan iklan Anda. Impression bisa menjadi alat ukur yang tepat. Anda jadi bisa menilai ada yang salah dengan konten, dari sudut pandang tayangan.

Lalu bagaimana dengan reach?

Untuk reach, dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan materi konten. Jika konten atau iklan yang Anda pasang mendapatkan penambahan followers, atau juga berujung pada konversi, itu berarti Anda harus melakukan perbaikan pada materi konten.

Reach dan impression Instagram sebenarnya bisa difokuskan secara bersamaan untuk memberitahu kita tentang seberapa efektifkah kinerja kampanye social media marketing yang kita lakukan.

Setelah Anda dapat membedakan kedua metrik reach dan impression, Anda dapat mulai membangun social media engagement. Karena secara garis besar, kampanye social media adalah meningkatkan engagement. Jika konten Anda memiliki sedikit atau bahkan tidak ada like, comment, berarti itu ada yang salah dengan konten.

Layanan Dotnext Digital

Jika Anda tertarik untuk dapat membangun engagement yang tinggi untuk akun media sosial Anda, Dotnext Digital mempunyai tim digital marketing profesioanal yang akan membantu Anda dengan ide-ide kreatif.