Categories: Digital Marketing

Jenis-jenis Strategi Digital Marketing

Pekerjaan menyusun strategi digital marketing terdengar mudah, padahal sejatinya untuk menentukan startegi digital marketing apa yang paling sesuai untuk bisnis kita, dibutuhkan riset yang dalam. Untuk itu makanya belakangan ini para perusahaan mengandalan digital marketing agency untuk menjalankan strategi marketing produk atau jasa mereka. Ada beberapa jenis-jenis strategi digital marketing yang biasanya dilakukan agency di Jakarta.

Jenis-jenis strategi digital marketing

Digital marketing agency menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda jika ingin mengadopsi digital marketing. Tim dalam agency akan mengarahkan secara menyeluruh kebutuhan untuk bisnis Anda yang mereka tuangkan dalam jenis-jenis strategi digital marketing.

Ada beberapa jenis-jenis strategi digital marketing yang dilakukan agency  di Jakarta, meliputi:

1. Social Media Marketing

Jenis-jenis strategi digital marketing yang pertama yang akan diterapkan oleh agency di Jakarta adalah social media marketing. Hal ini sendiri karena tidak terlepas pengguna media sosial yang tinggi di Indonesia, bahkan hari ini setiap kegiatan yang kita lakukan tidak terlepas dari mengakses media sosial.

Lewat social media marketing yang diterapkan, bisnis Anda bisa menarik pembeli, membangun kesadaran merek, mengetahui kebiasaan target pelanggan, dan bahkan membangun hubungan dengan pelanggan.

Saat ini, pilihan media sosial sangat banyak, tapi tentu bukan menjadi keharusan bisnis untuk mempunyai semua media sosial tersebut. Agency di Jakarta akan memilihkan media sosial mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda sehingga nantinya kegiatan social media marketing yang dijalankan akan efektif.

Instagram kemungkinan akan menjadi pilihan utama dalam melakukan social media marketing jika bisnis Anda termasuk B2C, tapi jika B2B media sosial yang akan digunakan biasanya adalah LinkedIn.

Adapun beberapa kegiatan yang akan diterapkan dalam social media marketing seperti:

1. Mengadakan giveaway

Strategi social media marketing pertama adalah mengadakan giveaway. Giveaway ini bisa dikatakan cara yang efektif dan cepat untuk menambah pengikut dalam waktu singkat.

2. Membuat konten menarik

Hal ini adalah yang paling fundamental dalam keberlangsungan kegiatan social media marketing. Untuk membangun konten menarik, terlebih dahulu kita harus mengenali siapa target kita, seperti apa karakteristik mereka. Konten juga harus dibangun dengan dua unsur hard selling dan soft selling.

3. Social media ads

Beriklan di media sosial juga salah satu strategi yang sudah umum dilakukan. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal, iklan yang dibuat bisa lebih terarah dan tertarget.

Penggunaan social media marketing juga tidak membutuhkan biaya besar, tapi punya berbagai manfaat, yang nyata.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis strategi kedua yaitu Search engine optimization atau juga SEO. SEO punya peran besar untuk membuat website kita bisa ditemukan ketika seseorang melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Dengan SEO, website yang kita miliki bisa berada di halaman pertama, dan punya kemungkinan untuk dikunjungi yang lebih tinggi.

Seperti yang kita tahu, banyak orang yang malas untuk masuk ke halaman ke 2,3, dan seterusnya, ketika sedang mencari di mesin pencari, daripada membuka halaman selanjutnya, mereka lebih cenderung untuk mengubah kata kunci. Oleh karena itu penggunaan SEO sangat penting untuk kita terapkan dalam website.

Dalam penerapan SEO, membuat konten blog yang berkualitas saja tidak cukup, yang tidak kalah penting adalah konten dibuat berdasarkan kata kunci apa yang sering orang cari. Dari sana lalu kita kembangkan menjadi sebuah artikel yang memuat unsur-unusr SEO.

3. Pay Per Click (PPC)

Berbeda dengan SEO yang organik, Pay per click dilakukan dengan cara beriklan di mesin pencari. Pada dasarnya sama seperti SEO, yaitu agar website kita bisa muncul di halaman awal dari mesin pencari, tapi bedanya Anda perlu membayar.

Untuk besarnya biaya Anda bisa atur sendiri berapa besaran yang ingin Anda keluarkan berdasarkan jumlah kilk. Strategi ini juga sesuai karena dapat menjangkau audiens yang tepat di waktu yang tepat.

Selain itu analisis yang kita dapat dari PPC juga bisa mempertajam strategi yang perlu dilakukan berikutnya.

4.Content Marketing

Jenis-jenis strategi digital marketing yang satu ini akan berfokus pembuatan dan pendistribusian konten kepada target pelanggan. Pembuatan konten pun akan konsisten, relevan, bernilai, dan tentu saja bisa menjangkau target pasar.

Penerapan content marketing berpengaruh juga terhadap bagaimana kita ingin dilihat oleh pelanggan. Pembentukan citra ini sangat penting agar pelanggan bisa merasa dekat dengan produk, sehingga merasa terwakili.

Selain itu, penggunaan content marketing juga tidak terlepas dari bahwa setiap audiens perlu penanganan yang berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui, dalam dunia marketing terdapat tiga tipe audiens.

1. Cold audience

Tipe audiens yang pertama adalah audiens yang belum mengenal merek kita, tetapi punya permasalahan yang sama dengan produk yang merek kita tawarkan.

2. Warm audience

Kedua adalah audiens yang sudah mengenal merek kita tetapi mereka belum memutuskan untuk melakukan pembelian atau penggunaan produk yang kita tawarkan.

3. Hot audience

Audiens tipe ini sudah dalam memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.

Untuk ketiga tipe audiens ini tentu pengiriman pesan tidak bisa disamakan. Ketiganya membutuhkan strategi yang berbeda-beda.

Untuk tipe cold audiens, content marketing yang akan dikirimkan mungkin akan membahas tentang permasalahan yang mereka hadapi dan solusi yang produk kita tawarkan. Sementara, untuk hot audience konten atau pesan yang bisa diberikan seperti konten perbandingan sesudah dan sebelum menggunakan produk.

Memilih Digital Marketing Agency di Jakarta

Untuk melakukan berbagai jenis-jenis strategi digital tersebut, kehadiran digital marketing agency menjadi penting. Agency ini terdiri dari orang-orang profesional di bidangnya, agency juga akan membuat strategi dan mendorong pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Tapi saat ini kehadiran agency yang sudah menjamur membuat kita harus selektif ketika ingin memilih digital marketing agency Jakarta. Anda perlu memilih digital marketing agency di Jakarta dengan memerhatikan beberapa hal, seperti jasa apa saja yang mereka tawarkan.

Anda juga perlu memilih agency yang bisa menyebarkan konten media sosial dan kampanye digital secara maksimal. Tujuannya tentu agar bisnis Anda dapat berkembang dengan cepat.

Salah satu digital marketing agency di Jakarta yang bisa Anda pilih adalah Dotnext Digital. Dotnext Digital menawarkan jasa digital marketing yang lengkap dan saling terintegrasi satu dengan lainnnya. Dengan orang-orang profesional dan kreatif di belakangnya, semua kegiatan digital marketing Anda akan dikembangkan dengan memunculkan keunikan dan nilai dari produk Anda.

Semua strategi akan dikembangkan dengan mengenali produk Anda secara komperhensif, lalu dilanjutkan dengan mengenali siapa yang menjadi target audiens Anda, dan semua itu akan diramu untuk menentukan jenis-jenis strategi digital marketing apa saja yang dibutuhkan dan perlu dijalankan. Sehingga kegiatan bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan bersama.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Manfaat Konten Marketing

Persaingan bisnis memang tidak bisa dipungkiri lagi begitu ketatnya. beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing…

5 days ago

Manfaat Google Adwords Selain Beriklan

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas secara mendalam mengenai Google Adwords untuk keperluan meningkatkan…

1 week ago

Perbedaan SEO & SEM, Mana yang Perlu Digunakan?

Dunia pemasaran digital berkembang dengan begitu pesat. Apakah bisnis Anda salah satu yang sudah menggunakan…

2 weeks ago

Biaya Google Adwords dan Cara Menentukan Anggaran Beriklan

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali platform-platform digital yang dapat kita manfaatkan untuk…

2 weeks ago

5 Contoh Konten Media Sosial Terbaik Untuk Optimasi Bisnis Anda

Hari ini, bisnis kita seperti ketinggalan zaman bila tidak mempunyai media sosial. Bisa dikatakan media…

2 weeks ago

Apa itu Google Analytics

Kegiatan digital marekting memungkinkan semua kegiatan dapat terukur pencapaiannya. Baik itu penerapan menggunakan website, menggunakan…

3 weeks ago