Landing page merupakan hal yang wajib bagi sebuah perusahaan yang mengandalkan pemasaran melalui digital. Karena, perusahaan yang memiliki landing page dalam situsnya akan mengalami leads atau pelanggan potensial.

Jika dilihat dari hal tersebut, maka dengan adanya halaman arahan pada website perusahaan Anda merupakan hal yang menguntungkan. Dengan adanya halaman arahan, tentunya akan membuat bisnis Anda terlihat semakin profesional.

Lalu, apa itu landing page? Kami akan membahas mengenai pengertian halaman arahan, sampai dengan cara membuatnya di artikel berikut ini. Baca sampai selesai untuk mengetahui tentang landing page.

Apa Itu Landing Page?

Halaman arahan atau landing page adalah halaman pada website yang didesain khusus untuk sebuah iklan atau kampanye pemasaran. Halaman inilah yang ditampilkan ketika visitor atau pengunjung mengakses website. Dengan adanya halaman arahan, para audiens tidak hanya membaca website Anda, tapi mereka bisa melakukan tindakan yang lebih dari itu.

Landing page biasanya menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi dari audiens atau pengunjung website. Biasanya, pada halaman arahan pengunjung akan diminta untuk memasukkan data probadinya mulai dari email, jenis kelamin, usia, nomor telepon, dan sebagainya.

Fungsi Landing Page

Landing page memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau target market perusahaan. Pelanggan potensial tentunya harus dijaga oleh perusahaan, karena calon konsumen tersebut nantinya diharapkan akan melakukan pembelian.

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk mempercepat transaksi. Pada halaman ini, tentunya minim distraksi dari menu maupuntombol navigasi lainnya. Jadi, halaman arahan memberikan jalan khusus bagi audiens untuk mengakses produk maupun layanan yang ingin dibeli.

 

Baca Juga: Landing Page SEO Tips Agar Bisa Mendapatkan Peringkat di Google

 

Cara Membuat Landing Page

Sesudah Anda mengetahui pengertian dan fungsinya, Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya membuat landing page. Berikut ini adalah cara untuk membuat halaman arahan. Berikut ini tahapannya:

1. Tentukan Target Audiens

Pada umumnya, halaman arahan ditujukan untun tipe konsumen yang lebih spesifik. Target audiens ini bisa disesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan di halaman arahan tersebut. Jadi, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan siapa target audiens Anda.

Anda harus mengetahui seperti apa orang yang akan menjadi target audiens Anda, karena dengan mengetahuinya Anda bisa menentukan desain, copy, atau pendekatan yang lainnya pada halaman arahan tersebut.

2. Tentukan Tujuan

Sebelum membuatnya, Anda juga harus mengetahui tujuan halaman tersebut dibuat. Biasanya, sebuah halaman arahan memiliki suatu tujuan yang spesifik. Umumnya, hanya terdapat satu tujuan pada halaman arahan.

Misalnya, halaman arahan tersebut memiliki tujuan agar para audiensnya meninggalkan informasi kontak, melakukan download, sampai melakukan registrasi dan yang lainnya.

3. Isi Landing Page

Setelah Anda mengetahui target audiens dan tujuan dari halaman arahan yang akan dibuat. Selanjutnya, Anda bisa mengisi halaman tersebut dengan copy. Untuk membuat copy, tentunya tidak bisa sembarangan.

Anda harus memperhatikan dan membuat keyword yang relevan dengan bisnis Anda, tapi keyword tersebut juga harus memiliki volume yang tinggi atau banyak dicari oleh target audiens Anda. Dengan begitu, halaman arahan yang dibuat akan semakin optimal.

4. Tambahkan Konten Visual

Untuk menarik perhatian audiens, kurang lengkap rasanya jika suatu halaman arahan tidak menyertakan konten visual yang menarik dan mendukung halaman arahan. Konten visual yang sesuai dengan bisnis Anda, tentunya akan mempengaruhi persepsi audiens, sekaligus dapat meningkatkan kenyamanan.

Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda juga bisa gunakan gambar, menambahkan video maupun konten visual yang lainnya.

5. Buat Call to Action

Hal wajib yang ada pada landing page adalah CTA atau call to action. Call to action merupakan kalimat ajakan kepada audiens. Anda juga harus membuat CTA sesuai dengan tujuan dari halaman arahan yang sudah Anda tetapkan sejak awal.

Untuk memudahkan para audiens, biasanya CTA dibuat dalam bentuk tombol. Contohnya, jika tujuan halaman arahan Anda adalah untuk mengajak audiens mendownload, Anda bisa membuat tombol dengan CTA “Download sekarang!”

Itu dia ulasan mengenai apa itu halaman arahan, sampai dengan cara membuatnya. Sekarang Anda sudah bisa membuat halaman arahan untuk bisnis Anda sendiri.

 

jasa pembuatan website murah

Jika Anda ingin memiliki website untuk bisnis Anda. Tenang saja, Anda bisa gunakan jasa pembuatan website di Jakarta yaitu DOTNEXT. Selain itu, Anda juga bisa gunakan jasa lain seperti SEO, pembuatan konten media sosial, dan lainnya.

Konsultasikan bisnis Anda , sekarang juga.